Tips untuk Key-in Rencana Studi

Bagi Anda mahasiswa Arsitektur FTSP UII, khususnya mahasiswa angkatan 2011 yang akan menempuh Key-In pertama, berikut tips dan trik Key-In untuk membantu pengalaman pertama “berebut kelas” melalui dunia maya. Persiapan sebelum Key-In: 1. Anda harus paham mengenai prosedur dasar Key-In yakni Anda dapat melaksanakan Key-In dengan mengakses Unisys melalui www.uii.ac.id kemudian memasukan username dan password Anda. Setelah Anda masuk ke dalam sistem, akan ada menu mengenai Key-In RAS yang berisi abjad-abjad hurus awal yang menunjukan mata kuliah yang tersedia serta menunjukan hari kapan mata kuliah tersebut dijadwalkan.Anda harus paham mengenai prosedur dasar Key-In yakni Anda dapat melaksanakan Key-In dengan mengakses Unisys melalui www.uii.ac.id kemudian memasukan username dan password Anda. Setelah Anda masuk ke dalam sistem, akan ada menu mengenai Key-In RAS yang berisi abjad-abjad hurus awal yang menunjukan mata kuliah yang tersedia serta menunjukan hari kapan mata kuliah tersebut dijadwalkan.

2. Usahakan Anda telah bertanya atau berkonsultasi dengan Dosen Pembimbing Akademik atau kakak angkatan mengenai mata kuliah yang akan Anda ambil dan mengenai Key-In yang akan dilakukan (biasanya kakak angkatan dapat menjadi pilihan pertama karena kemungkinan bisa lebih cepat ditemui di hall atau di perpustakaan).

3. Pastikan Anda sudah memiliki jadwal kuliah yang bisa diakses langsung melalui Unisys, di website Fakultas (http://fcep.uii.ac.id/) atau biasanya tersedia pula di fotokopi perpustakaan FTSP. Untuk akses di fotokopi perpustakaan biasanya jadwal tersedia minimal pada H-1 Key-In dan maksimal Hari H. Tidak perlu khawatir untuk permasalahan ketersediaan jadwal ini karena jika Anda sudah mengetahui mata kuliah yang akan diambil pada semester berikutnya, membuat jadwal Insyaallah akan cepat dan mudah.

4. Saat membuat jadwal usahakan untuk bertanya pada grup teman yang lain mengenai pilihan dosen yang akan diambil, hal ini untuk menghindari kesamaan pilihan dosen yang dapat menjadikan Key-In menurunkan prosentase keberhasilan Key-In. Semakin banyak saingan kemungkinan berhasil semakin kecil. Tips lain yang penting adalah untuk membuat cadangan jadwal, minimal ada dua jadwal untuk menjadi cadangan di saat key-in. Dan tentunya, jangan sampai jadwal yang dibuat waktunya bertabrakan karena tidak akan bisa diterima sistem.

5. Pilihan lokasi Key-In adalah salah satu poin terpenting menjelang Key-In. Usahakan pilihlah lokasi dengan kecepatan internet yang memadai maksimal H-1 Key-In. Khusus bagi yang belum pernah Key-In, bertanya kepada kakak angkatan mengenai lokasi key-In yang memadai adalah persiapan yang tepat karena mereka rata-rata telah mengetahui kondisi lapangan.

6. Trik yang bisa digunakan saat Key-In adalah dengan meminta bantuan teman atau saudara untuk melakukan Key-In di tempat yang berbeda. Persiapan ini akan menjadikan Anda memiliki tingkat keberhasilan yang lebih tinggi dan relatif memunculkan ketenangan saat Key-In.

Saat dan Setelah Key-In:

1. Jangan panik mengenai tantangan Key-In ini karena dengan persiapan matang Insyaallah akan lancar. Sebaliknya, jangan juga meremehkan tantangan ini karena berhasil atau tidaknya Key-In menentukan jadwal satu semester ke depan. Setelah semua persiapan, berdoa sebelum Key-In adalah kunci untuk mendapatkan ketenangan dan kesuksesan dalam Key-In.

2. Sebelum Key-In berlangsung, usahakan Anda telah berada di lokasi Key-In minimal satu jam sebelum jadwal dimulai. Ingat jadwal key-in sudah tercantum dalam lembaran jadwal akademik. Semakin cepat berada di lokasi akan semakin baik karena biasanya 2-3 jam sebelum Key-In sudah banyak teman-teman Anda yang chating via facebook atau jejaring sosial lainnya membahas mengenai persiapan Key-In dan ini akan membantu Anda mengetahui pilihan-pilihan kelas yang akan diambil teman Anda.

3. Anda harus paham bahwa batas waktu Unisys sebelum TIME-OUT adalah 10 menit. Setiap 10 menit sistem ini akan log-out otomatis jika dianggap sudah tidak dipergunakan, maka Anda perlu mengklik sekedarnya untuk menghindarkan ter log-out dan harus log-in kembali. Ingat, log-in saat key-in berlangsung biasanya sulit karena banyaknya pengguna sistem yang mengakses dalam waktu bersamaan. Sebaiknya tidak mengklik tombol terus menerus karena ini akan membebani sistem berlebihan.

4. Jika Anda bingung mengenai waktu Key-In, jam yang ada di pojok kiri layar sistem dapat menjadi patokan waktu Key-In.

5. Menit-menit menjelang waktu key-in ada baiknya Anda membuka tab-tab baru jadwal yang akan anda ambil untuk mempercepat proses key-in. Trik lain adalah dengan mengurutkan prioritas tab sehingga mata kuliah utama seperti Perancangan Arsitektur dapat segera diambil karena mata kuliah utama seperti ini biasanya akan habis sangat cepat.

6. Di menit-menit terakhir ini Anda akan gugup, itu wajar, akan tetapi usahakan tetap tenang. Terus klik setiap tab mata kuliah yang sudah anda buka dan perhatikan tulisan keterangan Key-In, jika belum memasuki waktu Key-In, keterangan yang akan muncul: “Bukan Masa Untuk Key-In RAS” dan jika sudah masuk waktu Key-In, keterangan yang muncul: “Mata Kuliah telah berhasil disimpan”. Dengan mengklik terus menerus tab selain menghindarkan Anda dari TIME-OUT, hal ini juga memungkinkan Anda menjadi orang yang pertama tahu saat key-in berlangsung.

7. Jika Anda belum berhasil mendapatkan mata kuliah di jadwal utama, jangan panik, segera beralih ke jadwal cadangan. Jika masih belum bisa mendapatkan mata kuliah sesuai jadwal yang telah dibuat, minta tolong kepada teman yang telah selesai key-in mengenai pendapat mata kuliah yang memungkinkan diambil Insyaallah akan dapat membantu.

8. Ingat!!! Key-In berlangsung selama 3 hari dan terdapat masa revisi Key-In, oleh karena itu bagi Anda yang belum mendapatkan mata kuliah dapat dimungkinkan untuk memperoleh jadwal dengan adanya tambahan kuota yang biasanya disediakan pihak Akademik. Jurusan dan Akademik akan memantau kebutuhan kuota ini dengan cermat.

9. Jika Anda telah selesai dan sangat yakin dengan jadwal yang telah anda dapatkan, masuklah ke menu dengan pilihan “Cetak RAS”. Klik pada menu tersebut agar Anda dapat mengunci jadwal Anda. Sebaliknya, jika Anda akan mengubah jadwal yang telah anda dapatkan, terdapat pilihan “hapus” pada menu “Sejarah Key-In” sehingga Anda akan dapat mengganti atau menghapus mata kuliah tersebut. 10. Sekali lagi, Anda tidak perlu panik dengan tantangan Key-In asalkan semua prosedur telah Anda persiapkan. Semoga tips ini dapat membantu dan Good Luck!!!

Disusun oleh Titik Efianti untuk Jurusan Arsitektur

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *