Laboratorium Komunikasi dan Bisnis Arsitektur

Laboratorium Komunikasi dan Bisnis Arsitektur (LKBA) adalah salah satu laboratorium di bawah jurusan Arsitektur UII yang memiliki konsentrasi di wilayah komunikasi arsitektur, dan bisnis. Secara akademik, Laboratorium ini mendukung substansi perkuliahan serta aktifitas-aktifitas lainnya yang berkaitan dengan komunikasi verbal, dan visual (grafis) di arsitektur, designpreneur & archipreneur (kewirausahaan bagi arsitek kreatif), Etika, regulasi dan standart-standart serta norma – norma dalam perancangan arsitektur, serta ranah desain dan konstruksi, dan tatakelola operasional suatu bisnis Arsitektur.
LKBA bertugas mengembangkan keterampilan dan kemampuan mahasiswa, serta pengembangan keilmuan para pengajarnya melalui berbagai aktifitas di ranah komunikasi dan bisnis. Komunikasi merupakan salah satu dasar yang penting bagi pengembangan kemampuan seorang calon arsitek, baik untuk mencapai tujuannya secara umum (memberikan informasi, mengubah opini dan cara berpikir seseorang, memberikan pendidikan) maupun secara khusus bagi arsitek (penyampaian ide arsitektur maupun aspek teknis konstruksi arsitektur melalui representasi visual dan grafis, dan strategi untuk menampilkan karya arsitektur dengan menarik agar dapat dinikmati publik, sehingga berdampak pada pengenalan diri dan nilai jual sang arsitek di mata masyarakat). Aspek tersebut tidak lepas dari bisnis di arsitektur itu sendiri, khususnya di ranah tekno ekonomi bangunan, kewirausahaan yang berlandaskan nilai islam (syariah), dan nilai-nilai profesionalisme baik etika maupun kemampuan keteknikan, sebagai individu yang berpraktek, sebagai bagian dari tim alam biro, hingga sebagai pengelola bisnis arsitektur dalam sebuah biro / firma atau konsultan.
LKBA juga memberikan layanan konsultasi desain baik yang bersifat bantuan (pengabdian masyarakat / Community engagement ) maupun yang bersifat profesional (design consultation). Didukung dengan para pengajar yang memiliki pengalaman berpraktek profesional, para mitra kerja, serta mahasiswa yang bertalenta tinggi, baik dari program studi S1 maupun program profesi Arsitek, layanan ini bertujuan untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat (Rahmatan lil aalamiin) dengan beramal ilmiyah, serta memberikan unjuk kerja nyata dari hasil akademik bagi lingkungannya.
Hubungi kami untuk dukungan layanan bantuan arsitektur di Community engagement, dan layanan profesional di design consultation

Scientific Board

  • Ahmad Saifudin Mutaqi Ir., MT., IAI., AA
  • Handoyotomo Ir.,MSA. IAI
  • M. Kholif Lir Widyo Putro, Ar., M.Sc
  • Arif Wismadi Dr. Ir.,M.Sc.
  • Hanif Budiman, M.T
  • M. Kholif Lir Widyo Putro, Ar., M.Sc
  • Barito Adi Buldan RGR. ST. MA., IAI
  • Tony Kunto Wibisono Ir., M.Sc.
  • M. Kholif Lir Widyo Putro, Ar., M.Sc

PENGELOLA

M Kholif Lir Widyo Putro, ST, MSc
Kepala Laboratorium
muhammad.kholif.putro@uii.ac.id

Siti Nur Khodijah, SS
Staf Laboratorium
nurkhodijah@uii.ac.id