Finding Dormitory, Mencari Tempat Kost

Jika anda calon mahasiswa yang sudah menentukan untuk menempuh studi perkuliahan di Universitas Islam Indonesia, langkah selanjutnya yang harus turut direncanakan dengan baik adalah mencari kost / asrama. Kost yang berfungsi sebagai tempat tinggal sementara pengganti rumah utamanya sangat diperlukan umumnya bagi mahasiswa yang berasal dari luar kota Jogja.

 

Tetapi anda tidak perlu khawatir sebab disekitaran kawasan Kampus Universitas Islam Indonesia telah banyak didirikan bangunan berfungsi sebagai kost khususnya untuk mahasiswa dan mahasiswi. Meskipun kuantitas kost kini sangat memadahi namun ada baiknya kita harus cermat dalam menentukkan kost kita nantinya. Tidak bisa dipungkiri bahwasanya produktifitas kita dalam perkuliahan akan cukup bergantung dengan kualitas kenyamanan kost kita.

 

Aspek-aspek yang harus dipertimbangkan dalam menentukan kost diantaranya adalah

 Jarak antara letak kost dengan kampus

 

Jarak harus dipertimbangkan kaitannya dengan keefisienan bagi kita untuk memanfaatkan waktu dan biaya transportasi. Pemanfaatan waktu perkuliahan mungkin akan sangat berbeda dengan masa sekolah. Aktifitas kuliah akan cukup menyita waktu kita ditambah dengan adanya kegiatan lain diluar perkuliahan. Oleh karena itu, ada baiknya bagi kita menentukan letak kost yang dekat dengan kampus yang juga akan cenderung hemat dalam biaya transportasi.

 

2.     Biaya kost

 

Menentukan kost sebaiknya tidak bergantung pada kuantitas biayanya, tetapi fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan. Biaya kost yang terlalu tinggi akan menambah beban biaya yang harus kita keluarkan selain biaya kuliah. Jadi mengapa tidak memilih yang sesuai dengan kebutuhan kita saja bukan?

 

3.     Fasilitas kamar mandi

 

Letak kamar mandi di suatu kost menjadi pertimbangan utama bagi mahasiswa putri. Kamar mandi biasanya difasilitasi pada kost dengan dua tipe. Tipe pertama adalah kamar mandi yang terfasilitasi di dalam kamar kost (privat) sedangkan untuk tipe kedua adalah kamar mandi yang terletak di luar kamar (komunal). Jika anda ingin memilih tipe pertama, korelasinya adalah anda harus sangat menjaga kebersihan kamar mandi anda karena udara kamar mandi akan langsung masuk menuju kamar anda. Untuk tipe yang kedua biasanya harga yang ditawarkan cenderung lebih murah namun anda akan bergantian menggunakan kamar mandi dengan teman kost anda.

 

4.     Fasilitas parkir kendaraan dan garasi

 

Untuk pertimbangan keamanan dalam menyimpan atau meletakkan kendaraan milik kita, kebutuhan fasilitas ini menjadi sangat penting.

 

5.     Fasilitas ruang tamu

 

Fasilitas ini sangat diperlukan meninjau kita sebagai mahasiswa gemar untuk berkumpul santai, diharuskannya kerja kolaboratif dalam mengerjakan tugas kelompok dll. Oleh karena itu jika tersedianya fasilitas ini, akan dimungkinkan terjadi interaksi yang lebih nyaman.

 

6.     Jam malam

 

Jam malam disini perlu diperhatikan utamanya pada kemungkinan bagi kita untuk pulang ke kost di atas standar waktu kost antara jam 9 hingga 10 malam. Kadang sebuah tempat kost memberlakukan peraturan ini dengan ketat. Kuliah di Arsitektur kadang menuntut mahasiswa untuk melakukan kegiatan ekstrakurikuler atau mengerjakan tugas bersama (kelompok) yang dilakukan hingga malam hari maka hal ini perlu dikomunikasikan dengan induk semang/penjaga kost

 

7.    Pemilik atau penjaga kost

 

Penjaga kost atau akrab kita sebut sebagai Bapak/Ibu Kost ini adalah pengganti peran orang tua kita dalam menjaga kita selama dikost. Jika dalam suatu kost terdapat Bapak/Ibu Kost maka dalam berperilaku kita akan jauh lebih nyaman.

 

8.     Teman kost

 

Teman kost disini dimaksudkan bukan teman kost nantinya, namun teman kost yang sebelumnya sudah saling mengenal dan secara bersama-sama mencari kost dengan anda. Biasanya ini akan mempermudah bagi anda untuk beradaptasi nantinya.

 

9.     Sistem keamanan

 

Sistem keamanan akan bervariasi mulai dari pagar hingga satpam. Namun tentunya akan berpengaruh pada biaya yang harus dikeluarkan.

 

Mencari kost bukanlah hal sulit jika kita sudah mempertimbangkan aspek-aspek tersebut secara matang. Sedangkan untuk mendapatkan informasi-informasi tersebut anda bisa memastikan kepada kakak angkatan anda yang telah kost terlebih dahulu. Setelah itu anda bisa memastikannya melalui visual survey. Selamat mencari Kost!

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.