Program Profesi Arsitek (PPAr) / Bachelor of Profesional Architect (B.P.Arch)

Program Profesi Arsitek (PPAr) UII mendidik arsitek professional pada pendidikan tahun ke-lima melalui skema 4+1 tahun sesuai dengan Canberra Accord tentang pendidikan arsitektur lima tahun. Program pendidikan ini mendidik mahasiswa mengerjakan proyek-proyek nyata di bawah bimbingan arsitek profesional tahun ke-lima. Setelah menyelesaikan program ini, mahasiswa mendapat ijazah dengan gelar Arsitek (Ar) yang setara dengan Bachelor of Professional Architect (B.P.Arch). Selain itu, mahasiswa juga akan melalui proses Verifikasi Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) untuk mendapatkan sertifikat Arsitek Muda (Pre-Registered Architect Laison) yang akan dikembangkan menjadi Arsitek Madya (Fully-Registered Architect) setelah melakukan portofolio profesional.

Visi

Terwujudnya Prodi PPAr UII sebagai institusi pendidikan profesi arsitek di Indonesia yang mengembangkan pendidikan profesi berbasis kompetensi arsitek dengan pembelajaran arsitektur, penelitian perancangan advokasi masyarakat dan dakwah lslamiyah guna melahirkan lulusan yang kompeten dan siap mengembangkan diri dalam enterprise pengetahuan arsitektural yang diakui di tingkat ASEAN dan terakreditasi internasional secara maksimal dalam 20 tahun ke depan.

Misi

1. Melaksanakan pendidikan profesi Arsitek untuk menghasilkan lulusan bergelar Arsitek (Ar.) yang kompeten sesuai kompetensi Arsitek, mengembangkan diri dalam praktik profesional dan membangun sikap kewirausahaan serta menumbuhkan kemahiran dalam mengelola kegiatan praktik profesi berbasis teknologi informasi arsitektur secara berkelanjutan.
2. Mencetak pribadi ‘Ulil Albab‘ dengan membangun kesadaran etika berprofesi berlandaskan kode etik profesi Arsitek, mengembangkan kemampuan berpraktik profesi, meningkatkan kemampuan keterampilan riset dan perancangan lingkungan binaan.
3. Mencetak Arsitek yang kompeten yang ditunjukkan dalam kemampuannya untuk mengidentifikasi persoalan dan merumuskan solusinya, konsen terhadap ramah lingkungan, progresif dalam melahirkan gagasan arsitektur yang didukung pengetahuan, riset dan teknologi pendukungnya.
4. Mencetak Arsitek yang berpengetahuan luas, ramah terhadap teknologi berkelanjutan, sensitif akan seni dan budaya masyarakat serta mampu memadukan proses perancangan dengan profesi selingkung yang multidisipliner untuk melahirkan karya arsitektur yang terintegrasi dan berkualitas unggul.

Tujuan

1. Melakukan praktik kerja profesional di bidang arsitektur berlandaskan kode etik profesi arsitek pada perencanaan dan pengelolaan sumber daya untuk menghasilkan karya arsitektur berbudaya.
2. Mengembangkan kemampuan kinerja perancangan profesional yang ditunjukkan dengan ketajaman analisis permasalahan perancangan, keserba-cukupan tinjauan terhadap konteks, trampil dalam olah rancang lingkungan binaan (arsitektur) dan pengetahuan teknologi pendukungnya.
3. Memecahkan permasalahan faktual ilmu pengetahuan,teknologi, dan seni didalam bidang arsitektur melalui pendekatan multidisiplner dan mampu memadukan seluruh proses perancangan dengan profesi selingkung (merujuk pada Architectural Services of ASEAN Architect) untuk menghasilkan rancangan lingkungan binaan (arsitektur) yang terintegrasi dan berkualitas.

Struktur Mata Kuliah

Pendaftaran Mahasiswa Baru

Prosedur penerimaan mahasiswa baru :

1. REGISTRASI

Calon mahasiswa mengumpulkan berkas pendaftaran yang telah di isi dengan melampirkan syarat – syarat dan biaya
pendaftaran dan seleksi sebesar Rp 500.000,- (Lima Ratus Ribu Rupiah) melalui rekening Giro Bank Bukopin dengan
No 1000917041 atas nama Yayasan Badan wakaf UII.

2. TES SELEKSI PSIKOTEST

Calon mahasiswa terlebih dahulu melalui tahap seleksi psikotest dalam hal ini PPAR bekerja sama dengan Pusat
Psikologi Terapan (PPT) Universitas Islam Indonesia.

3. TES SELEKSI WAWANCARA

Calon mahasiswa yamg telah melakukan psikotest kemudian melakukan seleksi wawancara dengan membawa
postofolio.

4. HERREGRISTASI

Mahasiswa yang dinyatakan diterima, wajib melakukan herregistrasi dengan ketentuan sebagai berikut :

1. mengisi NIU (Nomor Induk Utama (NIU).
2. melakukan pembayaran angsuran pertama sesuai dengan nominal yang ditetapkan.
3. menyerahkan bukti pembayaran ke sekretariat PPAr bagian keuangan
4. mengisi pembelian formulir di https://admisi.uii.ac.id/login.php
5. mengisi pakta integritas dan menandatanganinya diatas materai Rp 6.000,-
6. melakukan perekaman dan pengambilan foto untuk kartu mahasiswa. Mahasiswa (laki-laki) mengenakan kemeja
putih lengan panjang dan dasi hitam. Mahasiswi (perempuan) mengenakan kemeja putih lengan panjang dan jilbab
putih pada waktu yang ditentukan.

Insert math as
Block
Inline
Additional settings
Formula color
Text color
#333333
Type math using LaTeX
Preview
\({}\)
Nothing to preview
Insert
x Shield Logo
This Site Is Protected By
The Shield →