Program Studi Profesi Arsitek

Gelar Akademik : Ar. – Arsitek
Durasi Studi : 2 semester (1 Tahun)
Akreditasi Prodi : Korea Architectural Accrediting Board (KAAB)

Ringkasan Program Studi

Program Studi Profesi Arsitek (PPAr), Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan UII dirancang berdasarkan kurikulum pendidikan yang terintegrasi dengan dunia keprofesian dan sejalan dengan sistem pendidikan arsitektur berstandar internasional. Pada prinsipnya kurikulum merupakan kepanjangan dari kurikulum S1 sehingga secara keseluruhan akan berformat 4+1 (S1+Profesi). Kerjasama erat dengan Ikatan Arsitek Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (IAI) No. 39/Dek-10/FTSP/I/2017 dan No. 008/MOU/IAI.DIY/23.01.2017 sehingga pendidikan ini menjadi bagian dari proses mendapatkan legitimasi arsitek professional oleh IAI. Program pendidikan 5 tahun ini merupakan sistem pendidikan arsitektur Jurusan Arsitektur UII setara dengan sistem pendidikan profesi internasional. Program Studi ini telah mendapatkan akreditasi internasional yaitu melalui Korea Architectural Accrediting Board (KAAB)

Pendidikan Profesi Arsitek, Universitas Islam Indonesia mengembangkan pola pembelajaran arsitektur dengan penguatan pada kemampuan pencapaian kompetensi Arsitek yang dirumuskan oleh Union Internationale Architect (UIA) dan IAI sebagai induk organisasi asosiasi profesi arsitek di Indonesia. Pelibatan para Arsitek professional dari IAI membawa kasus-kasus proyek nyata menjadi ajang pembelajaran mahasiswa PPAr dalam persiapan lulusan menyiapkan diri untuk melakukan Uji Kompetensi oleh lembaga yang diakui negara. Dengan demikian lulusan prodi PPAr akan mendapatkan gelar akademik Arsitek (kandidat), menjadi anggota professional IAI dan memperoleh Sertifikat Kompetensi Arsitek. Lulusan siap bekerja sebagai Arsitek dalam kapasistas terbatas dan siap bekerja bersama dengan Arsitek Mentor IAI selama 2 (dua) tahun untuk menyempurnakan kompetensinya sebagai Arsitek Profesional Mandiri.

“ARSITEK MERDEKA” LULUSAN PPAR UII

Dunia pendidikan saat ini sedang mensosialisasikan pendekatan pembelajaran baru, yakni: Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) selaku leading sektor pendidikan nasional yang berperan penting dalam mewujudkan kualitas SDM Indonesia, menindaklanjutinya dengan mengeluarkan berbagai kebijakan penting, diantaranya kebijakan pendidikan “Merdeka Belajar”. Mahasiswa diberikan kemerdekaan untuk menggunakan haknya memilih pembelajaran untuk mewujudkan cita-citanya. Dan “Kebijakan Kampus Merdeka ini merupakan kelanjutan dari konsep Merdeka Belajar.
Arsitek Merdeka adalah keniscayaan ketika profesi Arsitek telah diakui oleh negara melalui Undang-Undang tentang Arsitek diundangkan pada tahun 2017 sebagai peraturan yang melindungi masyarakat dan Arsitek secara ekual. Independensi menjadi cirikhas dalam Praktek Arsitek dalam melayani masyarakat dan kelahirannya dibidani oleh Pendidikan Tinggi Arsitektur dalam Program Studi Pendidikan Profesi Arsitek. Universitas Islam Indonesia bekerjasama dengan Ikatan Arsitek Indonesia menyelenggarakan program Pendidikan Profesi Arsitek sebagai kelanjutan dari pendidikan Sarjana Arsitektur (S1). Pendidikan tinggi arsitektur di Universitas Islam Indonesia dikelola secara terintegrasi di bawah Jurusan Arsitektur yang membawahi tiga prodi, yakni: Sarjana Arsitektur (s1), Pendidikan Profesi Arsitek (PPAr) dan Magister Arsitektur (S2). Pengembangan Kurikulum Arsitektur 5 (lima) tahun memastikan Jurusan Arsitektur mendapat akreditasi internasional dari Korean Architect Accreditation Board (KAAB) secara sempurna (6 tahun).

Peluang Karir

Program Studi Pendidikan Profesi Arsitek UII mendidik lulusan memiliki:
1. keterampilan komunikasi dan pengetahuan arsitektural yang unggul, kritis dan adaptif.
2. Keterampilan perancangan yang komprehensif pada skala bangunan gedung.
3. Pengetahuan sains dan teknologi bangunan berbasis kelestarian lingkungan.
4. Kepekaan terhadap konteks lingkungan dan sosio – kultural dan kaum marginal
5. Keterampilan dan etika profesi yang berbasis nilai – nilai universal dan nilai islami.

VISI

Terwujudnya Prodi PPAr UII sebagai institusi pendidikan profesi arsitek di Indonesia yang mengembangkan pendidikan profesi berbasis kompetensi arsitek dengan pembelajaran arsitektur, penelitian perancangan advokasi masyarakat dan dakwah lslamiyah guna melahirkan lulusan yang kompeten dan siap mengembangkan diri dalam enterprise pengetahuan arsitektural yang diakui di tingkat ASEAN dan terakreditasi internasional secara maksimal dalam 20 tahun ke depan.

MISI

1. Melaksanakan pendidikan profesi Arsitek untuk menghasilkan lulusan bergelar Arsitek (Ar.) yang kompeten sesuai kompetensi Arsitek, mengembangkan diri dalam praktik profesional dan membangun sikap kewirausahaan serta menumbuhkan kemahiran dalam mengelola kegiatan praktik profesi berbasis teknologi informasi arsitektur secara berkelanjutan.
2. Mencetak pribadi ‘Ulil Albab‘ dengan membangun kesadaran etika berprofesi berlandaskan kode etik profesi Arsitek, mengembangkan kemampuan berpraktik profesi, meningkatkan kemampuan keterampilan riset dan perancangan lingkungan binaan.
3. Mencetak Arsitek yang kompeten yang ditunjukkan dalam kemampuannya untuk mengidentifikasi persoalan dan merumuskan solusinya, konsen terhadap ramah lingkungan, progresif dalam melahirkan gagasan arsitektur yang didukung pengetahuan, riset dan teknologi pendukungnya.
4. Mencetak Arsitek yang berpengetahuan luas, ramah terhadap teknologi berkelanjutan, sensitif akan seni dan budaya masyarakat serta mampu memadukan proses perancangan dengan profesi selingkung yang multidisipliner untuk melahirkan karya arsitektur yang terintegrasi dan berkualitas unggul.

TUJUAN

1. Melakukan praktik kerja profesional di bidang arsitektur berlandaskan kode etik profesi arsitek pada perencanaan dan pengelolaan sumber daya untuk menghasilkan karya arsitektur berbudaya.
2. Mengembangkan kemampuan kinerja perancangan profesional yang ditunjukkan dengan ketajaman analisis permasalahan perancangan, keserba-cukupan tinjauan terhadap konteks, trampil dalam olah rancang lingkungan binaan (arsitektur) dan pengetahuan teknologi pendukungnya.
3. Memecahkan permasalahan faktual ilmu pengetahuan,teknologi, dan seni didalam bidang arsitektur melalui pendekatan multidisiplner dan mampu memadukan seluruh proses perancangan dengan profesi selingkung (merujuk pada Architectural Services of ASEAN Architect) untuk menghasilkan rancangan lingkungan binaan (arsitektur) yang terintegrasi dan berkualitas.

Link to: CURRICULUM PPArLink to: PEOPLE PPArLink to: New Students Admission
Insert math as
Block
Inline
Additional settings
Formula color
Text color
#333333
Type math using LaTeX
Preview
\({}\)
Nothing to preview
Insert
x Shield Logo
This Site Is Protected By
The Shield →