Laboratorium Perancangan Arsitektur

Laboratorium perancangan secara langsung mendukung penelaahan teori dan praktik rancangan, baik yang berskala mikro (building design) maupun yang berskala makro (urban design). Laboratorium ini menyelenggarakan praktikum yang mendukung kegiatan perkuliahaan khususnya yang berkaitan dengan perancangan seperti pembuatan model tata ruang dalam dan tata masa. Secara rutin menyelenggarakan pelayanan kepada mahasiswa dan koordinasi penyelenggaraan kuliah umum serta melaksanakan kegiatankegiatan pengkajian masalah perancangan melalui acara seperti seminar, kelompok diskusi serta workshop (misalnya: workshop berkaitan dengan fotografi, teknik presentasi, membuiat maket).

Selain itu laboratorium ini juga menyediakan berbagai fasilitas atau peralatan yang dapat digunakan untuk mendukung layanan di atas, berupa slide film lengkap dengan slide projector, kamera, kamera digital, dan air brush. Pelayanan buku-buku perancangan, grafis, majalah interior serta fotografi arsitektur, contoh gambar kerja, tugas-tugas perkuliahan untuk mahasiswa dan umum. Pada waktu tertentu secara rutin mengadakan pameran kecil, hasil dari tugas-tugas kuliah.

Terletak di lantai 4 Gedung Muh. Natsir (FTSP) bagian sayap barat, Laboratorium Perancangan Arsitektur, Universitas Islam Indonesia, memfasilitasi berbagai kegiatan yang terkait dengan perancangan arsitektur di lingkungan kampus. Laboratorium Perancangan Arsitektur secara langsung mendukung proses penelaahan teori dan praktek rancangan, baik pada skala mikro (desain bangunan) maupun pada skala makro (urban design). Selain itu, kegiatan perkuliahan yang khususnya berkaitan dengan perancangan seperti perancangan model tata ruang interior dan tata masa turut didukung oleh Laboratorium ini. Secara rutin Laboratorium Perancangan Arsitektur menyelenggarakan pelayanan kepada mahasiswa dan juga sebagai koordinator penyelenggaraan kuliah umum, seminar, serta workshop (misalnya : workshop teknik presentasi APREB, Workshop Drafting, dan pembuatan maket).


Beberapa fasilitas penunjang kegiatan-kegiatan tersebut yang disediakan oleh Laboratorium Perancangan diantaranya adalah penyediaan alat survey yang terkait dengan perancangan, komputer dan printing service serta kamera digital.  Sedangkan untuk penyediaan referensi, Laboratorium Perancangan menyediakan berbagai buku-buku perancangan, buku grafis, majalah interior, tabloid, buku fotografi arsitektur dan beberapa contoh gambar kerja. Fasilitas-fasilitas ini sepenuhnya dapat dimanfaatkan bagi dosen, staf dan mahasiswa, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *