Apa itu K2R 1.0?? K2R 1.0 merupakan kompetisi yang bertujuan untuk memahami konsep dan teknik Konstruksi Ramping yang diperkenalkan dalam sebuah simulasi proyek konstruksi. Konsep dan teknik Konstruksi Ramping yang akan diperkenalkan adalah the Last Planner System (LPS), yang meliputi Collaborative Pull Planning, MakeReady, Production Evaluation & Planning, dan Production Management.

Kompetisi yang diselenggarakan oleh Kelompok Keahlian Manajemen dan Rekayasa Konstruksi (KK-MRK) ITB ini dilaksanakan pada tanggal 1 – 2 Oktober 2016 di Gedung CIBE, ITB. Mahasiswa FTSP yang berangkat ke ITB terdiri dari kolaborasi antara mahasiswa Prodi Teknik Sipil, Prodi Arsitektur dan Prodi Magister Teknik Sipil dengan didampingi oleh dosen Pembimbing Rayendra, ST., MT (dosen Teknik Sipil).

Kegiatan simulasi proyek konstruksi dilakukan dengan menggunakan blok-blok permainan LEGO. Terdapat permainan peran (role playing) dalam simulasi yang menggambarkan pihak-pihak yang terlibat dalam proyek konstruksi, yaitu 1 Kontraktor Utama, 6 Sub-kontraktor, 1 Pemasok, dan 1 Pengawas Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

Tim Kompetisi dari FTSP UII

Tim Kompetisi dari FTSP UII

K2R 1.0 di ITB

K2R 1.0 di ITB

 

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *