Workshop Pemagangan II

Sebagai bentuk terakhir dari serangkaian kegiatan Hibah A3, Sabtu 6 Desember 2008 ini Jurusan Arsitektur menyelenggarakan Workshop Pemagangan bagian kedua. Kegiatan ini ditujukan untuk mencari bentuk pemagangan di Jurusan yang dapat diterima oleh penyedia tempat magang di satu sisi dan kebutuhan akademik dan mahasiswa di sisi lain. Hal ini karena mata kuliah permagangan dalam kurikulum berfungsi sangat penting yaitu mendekatkan dunia profesi arsitektur kepada mahasiswa. Namun demikian dalam praktiknya sering sangat sulit terlaksana dengan baik. “Di satu sisi mahasiswa mungkin sangat kesulitan mendapatkan tempat magang.

Di sisi lain, tak jarang ketika sudah mendapat tempat magang kenyataanya bertubrukan dengan jadwal perkuliahan…” demikian papar Revianto B Santosa, Koordinator Hibah A3 dalam sambutan pembukaannya. Lebih jauh, Prihatmaji sebagai wakil dari Jurusan memaparkan lebih detail perkembangan pemagangan di Jurusan yang sudah dimulai sejak berdirinya Jurusan ini di tahun 1987 hingga 1997 dalam bentuk mata kuliah wajib Kerja Praktik (KP) dengan beban 2 sks. Perkembangan berikutnya, karena ketersediaan tempat magang yang sangat menurun ketika krismon, KP diubah menjadi mata kuliah pilihan yang ternyata peminatnya sangat sedikit. Di Kurikulum 2008 yang baru ini pemagangan menjadi salah satu dari dua mata kuliah pilihan wajib dengan bobot 4 sks.

Workshop ini menghadirkan Ir. E. Ary Witjaksono, manager PT. Airmas Asri, sebuah konsultan besar di Jakarta, Rama Adyaksa Pradipta, ST., direktur PT. Citra Kedaton yang bergerak di bidang perumahan, dan Juhri Iwan Agriawan, ST., seorang peneliti di Pusat Studi Transportasi dan Logistik (Pustral) Universitas Gadjah Mada.
Diharapkan dari kegiatan workshop ini Jurusan dapat terbuka wawasan bidang pilihan magang, problematika dari sisi penyedia tempat magang dan kemungkinan-kemungkinan kerjasama di kemudian hari.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *