In-Campus Activities | Aktifitas di Kampus

Kegiatan Perkuliahan di Kelas dan Studio

Penyampaian materi secara tatap muka baik di kelas maupun studio, dengan menggunakan fasilitas seperti LCD Proyektor, OHP, dan Slide Presentation, sehingga dengan kelengkapan peralatan diharapkan proses belajar mengajar dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

Kegiatan Praktikum di Laboratorium

Penyampaian materi kuliah dan atau praktikum di laboratorium dengan menggunakan fasilitas laboratorium berupa alat perlengkapan praktikum dan bahan habis pakai untuk mempraktikkan beberapa materi perkuliahan sehingga mahasiswa lebih memahami materi yang diajarkan.

Kegiatan Pembimbingan Akademik (DPA)

Kegiatan pembimbingan dilakukan baik terjadual maupun tidak untuk memonitor perkembangan studi mahasiswa yang dibimbing DPA yang bersangkutan sehingga terdapat mekanisme kontrol yang jelas akan progress kemajuan studi mahasiswa.

Kegiatan Bimbingan Tugas Akhir

Kegiatan pembimbingan mata kuliah Tugas Akhir dari mulai pembimbingan proposal, seminar proposal, skematik desain, seminar skematik, studio Tugas Akhir, hingga pendadaran. Mata kuliah ini merupakan matakuliah yang akan menguji kemampuan mahasiswa secara komprehensif dalam perancangan arsitektur. Kegiatan bimbingan yang intensif pada Tugas Akhir ini akan memastikan mata kuliah ini berlangsung dengan sebaik-baiknya.

Kegiatan Asistensi Tugas dan Praktikum

Kegiatan asistensi tugas dan praktikum yang dilakukan oleh dosen di luar jadual kuliah untuk meningkatkan kefahaman mahasiswa dan suasana akademik di luar jam kuliah. Asistensi ini dilakukan baik dengan dosen maupun asisten.

Kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL)

Kegiatan ini termasuk ekstrakurikuler dengan melakukan kunjungan ke berbagai obyek arsitektural. Dosen akan bertindak sebagai pembimbing KKL. Kegiatan ini dilakukan di luar jadual kuliah untuk meningkatkan kefahaman mahasiswa dan suasana akademik di luar jam kuliah.

Kegiatan Bimbingan Kuliah Kerja Nyata (KKN)                                                                  

Kegiatan bimbingan mata kuliah KKN yang diampu oleh Dosen Pembimbing Lapangan melalui pelatihan, pengarahan, dan pembimbingan lapangan selama kegiatan di lokasi yang ditentukan. Matakuliah KKN merupakan matakuliah wajib universitas yang akan memastikan mahasiswa dapat mengenali permasalahan riil di lapangan dan menerapkan materi-materi kuliah sesuai dengan kebutuhan di masyarakat.

Kegiatan Tugas Berkelompok dan Kolaboratif

Kegiatan mengerjakan tugas yang diberikan oleh dosen kepada peserta mata kuliah untuk berkolaborasi menyelesaikan suatu masalah/penugasan. Kegiatan ini memungkinkan mahasiswa berdiskusi dan bekerja secara tim baik di dalam maupun di luar kelas. Kegiatan ini meningkatkan suasana akademik yang sangat signifikan di kalangan mahasiswa.

Presentasi Kelompok

Kegiatan yang dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam mengkomunikasikan gagasan secara kolaboratif.

Pameran Karya Mahasiswa

Kegiatan pameran karya mahasiswa untuk mendiseminasikan/publikasi karya mahasiswa kepada civitas akademika lain maupun publik secara umum sehingga suasana akademik akan meningkat melalui kegiatan pameran ini.

Seminar Tugas Akhir

Seminar untuk mendiseminasikan hasil Tugas Akhir mahasiswa yang terbuka untuk umum. Kegiatan ini meningkatkan suasana akademik di kalangan mahasiswa terutama untuk mengkalibrasi hasil Tugas Akhir antar mahasiswa dan dosen pembimbing Tugas Akhir.

Mengikuti Sayembara Desain Arsitektur

Sayembara desain sangat baik diikuti oleh para mahasiswa. Banyak kegiatan sayembara ini yang diselenggarakan baik di tingkat lokal maupun nasional ataupun bahkan internasional. Dengan mengikuti kompetisi ini akan menguji kemampuan mahasiswa/kelompok mahasiswa dalam menyelesaikan persoalan-persoalan desain yang riil di masyarakat

Kuliah Kerja Lapangan (KKL)

Kegiatan ekstra kurikuler yang diselenggarakan oleh Program Studi dan Himpunan Mahasiswa ke berbagai obyek arsitektural.

Organisasi Mahasiswa 

Mekanisme kegiatan ini dilakukan melalui Himpunan Mahasiswa Arsitektur MiMAR. Aktivitasnya dapat berupa praktek kewirausahaan (dengan mendirikan Koperasi Mahasiswa), kegiatan olah raga, fotografi, ekskursi, penerbitan, dan kegiatan ekstra kurikuler yang lain, yangdikelola oleh mahasiswa-mahasiswa sendiri dan didukung oleh bidang kemahasiswaaan baik Fakultas maupun Universitas.

Penelitian Bersama Dosen dan Mahasiswa

Kegiatan penelitian bersama dosen dan mahasiswa, melalui berbagai program baik internal maupun eksternal, misalnya hibah penelitianhibah dari Pemerintah ataupun dari UII sendiri. Kegiatan ini meningkatkan suasana akademik dan meningkatkan kemampuan dosen dan mahasiswa dlam melakukan penelitian secara kolaboratif. Dalam kegiatan ini disarankan sekali adanya keterlibatan mahasiswa dalam penelitian dosen/kelompok dosen. Pelibatan pada kgiatan ini akan meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam melakukan pengumpulan data, analisa hingga membuat laporan penelitian.

Pengabdian Pada Masyarakat. 

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kontribusi langsung civitas akademika kepada masyarakat. Dalam kegiatan ini akan sangat bagus apabila juga melibatkan mahasiswa. Di UII, kegiatan pengabdian pada masyarakat yang dilakukan biasanya dikoordinasikan oleh Fakultas maupun Direktorat Penelitian dan Pengabdian (DPPM) UII. Pada kegiatan ini juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengimplementasikan ilmunya secara riil di masyarakat secara bersama dengan dosen.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *