Yushna Septian Adyarta [13512190] Juara I Lomba Poster Nasional ECSOTIC 2013

ECSOTIC 2013 adalah event tahunan yang diadakan oleh Universitas Brawijaya, Malang sebagai wujud kepedulian mahasiswa terhadap kondisi pangan dan Kedaulatan Pangan di Indonesia maka pada kali ini di ECSOTIC 2013 mengambil tema “Mewujudkan Kedaulatan Pangan Menuju Indonesia Sehat dan Sejahtera”. Melalui tujuan dan misi tersebut diadakanlah event ini dengan berbagai rangkaian acara yaitu: National Poster Competition, National Essay Competition, National Symposium, National Art project pembuatan poster ukuran besar ditempat bagi poster dan National Youth Conference bagi Essay. Untuk National Poster Competition, National Essay Competition dilaksanakan melalui tahap 1 seleksi online dengan mengirim berkas lewat email sesuai dengan kategori lomba masing-masing. Dan tahap kedua adalah peserta yang telah terseleksi 20 besar diundang untuk mengikuti final dengan mempresentasikan poster di Universitas Brawijaya. Peserta pada perlombaan ini adalah mahasiswa/i di seluruh Indonesia dalam kata lain perlombaan secara nasional.

Alhamdulillahirabbil ‘alamin..

Ya mungkin itu adalah kalimat pertama yang saya ucapkan ketika mengetahui  nama saya masuk pada salahsatu di 20 besar National Poster competition yang diadakan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang. Bahagia bercampur syukur menghiasi malam itu ketika nama YUSHNA SEPTIAN ADYARTA dari UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA muncul di laman blog lomba yang saya ikuti. Ya Alhamdulillah mewakili UII saya diundang ke Universitas Brawijaya untuk mengikuti final lomba poster dan rangkaian acara ECSOTIC 2013 yang salah satunya adalah mempresentasikan hasil poster yang saya buat.

Sebuah penghormatan bagi saya Mahasiswa baru tahun 2013 di Universitas Islam Indonesia jurusan Arsitektur bisa mengenakan jas Almamater kebanggaan berwarna biru untuk mewakili Universitas Islam Indonesia dalam perlombaan ke tingkat Nasional. Pengalaman dan momen yang luar biasa bisa bertemu dan menjadi salahsatu dari 20 delegasi National Poster Competition dan 20 delegasi National essay Competition yang terdiri dari perwakilan 24 perguruan Tinggi terbaik di seluruh Indonesia.

            Jum’at-Senin, 4-7 Oktober 2013. Seluruh rangkaian acara ECSOTIC 2013 telah saya ikuti, salahsatunya adalah National Symposium. Sebuah forum nasional yang dihadiri oleh delegasi lomba poster dan essay, mahasiswa, dan masyarakat umum dan disampaikan oleh pemateri tingkat nasional diantaranya adalah dari DPR, Kepala BULOG, Kementrian Pertanian, Guru Besar UNAIR, Guru besar UNBRAW dan di depan. National symposium ini membahas masalah kedaulatan pangan yang terjadi di Indonesia. Melalui symposium ini, diharapkan peran aktif mahasiswa sehingga mahasiswa dapat memberikan rekomendasi/solusi mengenai kebijakan pemerintah dalam pangan.

            Waktu yang di tunggu itupun tiba, di pertengahan acara National symposium itu pembawa acara menyampaikan bahwa pengumuman Lomba Poster akan diumumkan pada saat itu juga. “Dan Untuk pemenang 1st Winner National Poster Competition ECSOTIC 2013 kali ini adalah…. YUSHNA SEPTIAN ADYARTA dari UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA… kepada pemenang dimohon untuk maju kedepan untuk menyampaikan isi poster dan menerima penghargaan.”

Sekali lagi Alhamdulillahirabbil ‘alamin..

“Ya Allah Terimakasih atas segala pemberian dan doa yang telah Engkau kabulkan, semoga kemenangan ini barokah dan membuat saya tetap rendah diri dan terus menjadi pelajaran yang berharga.” 

4 Hari itu sungguh luar biasa bertemu dan saling mengenal seluruh delegasi yang hadir saat itu, sebuah pengalaman yang baru pertamakali saya rasakan. Ya sebuah pengalaman yang mungkin tidak  akan saya lupakan, berdiri untuk mempresentasikan dan menerima penghargaan di depan pemateri Nasional yang luar biasa dan di depan delegasi dari seluruh Universitas terbaik di Indonesia.

Indonesia terlalu kaya untuk menjadi negara miskin..
Indonesia terlalu subur untuk menjadi negara yg gersang.. 
Dan Indonesia terlalu hebat untuk menjadi negara yg pesimis.. 

Ayo maju Mahasiswa Indonesia! Berkarya dan bertindak nyata!

Wujudkan Kedaulatan pangan di Indonesia!

 

 

YUSHNA SEPTIAN ADYARTA

13512190

Jurusan Arsitektur

Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan

Universitas Islam Indonesia

 

 

 

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *