Kurikulum 2013: Kaitan dengan Rencana Strategis (#2)

Jurusan Arsitektur telah mempunyai visi, misi dan tujuan yang jelas dalam dokumen Rencana Strategis dan Pengembangan Jurusan Arsitektur periode 2010-2014. Namun demikian, dalam evaluasi yang menyeluruh ini – karena melibatkan kriteria untuk menuju akreditasi internasional – tampak perlunya redefinisi dari visi, misi dan tujuannya. Oleh karena itu dalam dokumen ini ditampilkan keduanya yaitu teks lama yang menjadi basis Kurikulum 2008 dan teks baru yang menjadi basis Kurikulum 2013.

 

Visi Lama

Mewujudkan Program Studi Arsitektur UII sebagai institusi yang mempunyai cirri dan reputasi tinggi di tingkat nasional dan mendapatkan pengakuan internasional sebelum tahun 2020.

Mewujudkan Program Studi Arsitektur UII sebagai institusi yang memiliki komitmen untuk menciptakan lingkungan binaan yang tanggap terhadap pemberdayaan masyarakat dan pelestarian fungsi lingkungan, melalui kegiatan pendidikan arsitektur yang mempunyai tradisi perancangan yang koheren untuk kepentingan penggunadan lingkungan.

Visi Lama

Program Studi Arsitektur mempunyai visi baru yang sangat kuat dan jelas untuk menghadapi dunia global yang berakar pada kondisi dan tantangan lokal yang berguna dalam positioning yang jelas di antara program studi sejenis dan dunia kerja. Adapun visi Program Studi Arsitektur adalah Visi Jurusan Arsitektur secara terpadu diformulasikan sebagai upaya untuk mencapai kualitas sebagai berikut:

1

Sekolah Arsitektur Universitas Islam Indonesia yang mempunyai reputasi global dan berakar pada keunggulan karakter Indonesia

School of Architecture Universitas Islam Indonesia that posses global reputation yet rooted from Indonesian excellence characteristics

2

Sekolah Arsitektur Universitas Islam Indonesia yang memiliki komitmen menciptakan lingkungan binaan yang tanggap terhadap pemberdayaan masyarakat dan pelestarian lingkungan

School of Architecture Universitas Islam Indonesia that commits in creating built environment that empowering community and maintaining sustainability of environment.

3

Sekolah Arsitektur Universitas Islam Indonesia yang menelurkan arsitek profesional berjiwa wirausaha melalui tradisi pendidikan perancangan dan pengkajian yang koheren

School of Architecture Universitas Islam Indonesia that produces enterpreneural professional architects through coherent design and research architectural education tradition

Ciri dan reputasi merupakan turunan dari visi UII untuk setara dengan universitas berkualitas di dunia maju. Komitmen penciptaan lingkungan binaan merupakan penterjemahan konsep rahmatan lil alamin dan tradisi pendidikan sebagai upaya inovasi untuk meraih keunggulan.

Misi Lama

Menghasilkan sarjana arsitektur yang memiliki komitmen untuk menciptakan lingkungan binaan yang tanggap terhadap kaum dhuafa dan bersifat berkelanjutan.

Menyiapkan sarjana arsitektur yang memiliki keunggulan spesifik melalui proses akademik berbasis budaya studio yang mengintegrasikan nilai ahlak berupa sensitifitas terhadap pengguna dan lingkungannya, keberanian berinovasi dalam segala medan dan mendedikasikan diri untuk mengejar kesempurnaan karya melalui pengembangan proses merancang yang cermat, berbasis kajian yang mendalam dan menyajikannya dengan kualitas yang tinggi.

Menyiapkan sarjana arsitektur yang kreatif, kompeten dalam perancangan dan memiliki keuletan jiwa wira usaha (Creative Design Entrepreneur)

 Misi Baru

Program Studi mempunyai misi baru yang mengarahkan mahasiswa mempunyai karakter diri dan sikap hidup yang kuat, inovatif dalam berkarya dan mempunyai keberpihakan terhadap kaum duafa dan lingkungan dan komitmen life long learning (belajar sepanjang hayat). Misi Jurusan Arsitektur secara terpadu diformulasikan sebagai berikut:

1

Mendidik mahasiswa menjadi sarjana arsitektur dan arsitek profesional yang memiliki komitmen menciptakan lingkungan binaan yang memberdayakan kaum dhuafa dan menjaga kelestarian lingkungan.

Producing bachelor of architecture and professional architect who committed themselves in creating built environment that empowers the marginal community and maintains environmental sustainability

2

Mendidik mahasiswa menjadi sarjana arsitektur dan arsitek profesional unggul melalui proses pembelajaran integratif berbasis budaya studio yang mengemukakan nilai ahlak berupa sensitifitas terhadap pengguna dan lingkungan, keberanian berinovasi dalam segala medan dan mendedikasikan diri untuk mengejar kesempurnaan karya melalui pengembangan proses merancang yang cermat, berbasis kajian yang mendalam dan menyajikannya dengan kualitas yang tinggi.

Producing bachelor of architecture and professional architect by integrated learning based on studio culture that delivers ethical values of sensitivity towards users and environment, encourages innovation in every sites and dedicates to pursue architecture perfection through careful design, in depth studies and high quality of representations.

3

Mendidik mahasiswa menjadi sarjana arsitektur  dan arsitek profesional yang kreatif, kompeten dalam perancangan yang komprehensif dan memiliki keuletan jiwa wira usaha (Creative Design Entrepreneur).

Producing bachelor of architecture and professional architect who are creative, posses competency in comprehensive design and embodies entrepreneurship (Creative Design Entrepreneur).

Dalam dunia yang selalu berubah ini, arsitek dituntut untuk mampu memahami perannya yang juga selalu bergeser dan oleh karenanya Program Studi Arsitektur juga mempersiapkan mahasiswa agar responsif terhadap perubahan global dan perubahan tersebut dan menghasilkan lulusan yang kompeten terutama dalam merespon isu sosial dan lingkungan. Lulusan yang diharapkan mampu menggabungkan kreativitas, ketrampilan desain dan jiwa kewirausahaan, keuletan yang utuh.

Tujuan Pendidikan Lama

  • Mengetahui dasar pengetahuan luas yang mendukung perancangan arsitektur.
  • Terampil merancang berdasarkan pada prinsip perancangan yang berkelanjutan.
  •  Terampil merancang berdasarkan pada prinsip perancangan yang tanggap terhadap kaum dhuafa.
  • Mampu menghasilkan sikap kewirausahaan dan bekerjasama dalam bingkai etika profesi Islami dan menumbuhkan sikap belajar sepanjang hayat. 

Tujuan Pendidikan Baru

Tujuan pendidikan di Jurusan Arsitektur secara terpadu diformulasikan untuk menghasilkan sarjana arsitektur dan profesi arsitek yang mempunyai kualitas sebagai berikut:

A

Memiliki ketrampilan komunikasi dan pengetahuan arsitektural yang unggul, kritis dan adaptif

Exellent, critical and adaptive architectural communication skill and knowledge

B

Memiliki ketrampilan perancangan yang komprehensif pada skala bangunan gedung

Posses comprehensive design skill on building scale

C

Memiliki pengetahuan sain dan teknologi bangunan berbasis kelestarian lingkungan

Posses knowledge on building science and technology based on environmental sustainability

D

Memiliki kepekaan terhadap konteks lingkungan dan sosio-kultural dan kaum marginal

Sensitive to environmental and socio-cultural context and marginal community

E

Memiliki ketrampilan dan etika profesi yang berbasis nilai-nilai universal dan nilai Islami

Strong professional skill and ethics based on universal and Islamic values

 

Sasaran Pendidikan

Mengacu pada Sasaran Mutu Universitas dan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Program Studi Arsitektur mencanangkan Sasaran Mutu yang masih mengacu yang lama sebagai berikut:

  •  Lulusan bekerja atau mampu bekerja mandiri yang sesuai kompetensi dalam enam bulan pertama minimal 90%.
  •  Tepat waktu studi minimal 90%.
  • Nilai Kinerja Dosen dalam aspek pedagogik, sosial dan profesional dosen dengan nilai baik minimal 90%.
  • Capaian kompetensi ke-UII-an yang meliputi keislaman, kebangsaan, kewirausahaan, bahasa Inggris dengan nilai baik minimal 90%.
  • Program Studi Arsitektur mendapat pengakuan atau validasi internasional sebelum tahun 2020.
  •  Jumlah dosen dengan publikasi karya ilmiah internasional minimal 5%.
  •  Jumlah dosen asing minimal 1% atau akti?tas akademik yang melibatkan dosen asing minimal 10% dari mata kuliah yang ditawarkan.
  • Jumlah mahasiswa asing minimal 1% atau akti?tas akademik yang melibatkan mahasiswa asing minimal 10% mata kuliah yang ditawarkan.
  • Capaian indikator kepuasan pelanggan minimal 75%.
  • Karya Akhir yang mencerminkan misi pelestarian lingkungan dan pemberdayaan kaum duafa minimal 80%.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *