Jurusan Arsitektur UII Tanda Tangani Piagam Kerjasama dengan IAI

Pada hari Selasa 2 November 2010 ini telah dilakukan penandatanganan secara resmi Piagam Kerjasama yang dilakukan oleh Jurusan Arsitektur dengan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Daerah Istimewa Yogyakarta. Penandatanganan dilakukan oleh Dekan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Ir. Mochamad Teguh, MSCE. PhD. dimana Jurusan Arsitektur (JARS) bernaung dan Ketua Ikatan Arsitek Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta Ir. Munichy B. Edrees, M.Arch, IAI. Piagam kerjasama ini mejadi payung bagi program yang dinamakan sebagai Architecture Academics-Professionals Joint Programs yang merupakan suatu bentuk kerjasama antara dunia akademik dengan dunia profesi dalam penyelenggaraan pengembangan sumber daya manusia baik di lingkungan akademis maupun profesi, utamanya dalam bidang arsitektur. Kerjasama in bertujuan untuk dapat saling memanfaatkan kemampuan, sumberdaya dan kewenangan kedua belah pihak untuk mengembangkan profesionalitas yang ditujukan baik kepada para calon anggota, anggota IAI maupun mahasiswa arsitektur serta saling menyediakan kerangka, fasilitas dan mekanisme teknis dalam penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan yang ditujukan baik kepada para calon anggota, anggota IAI maupun mahasiswa maupun pihak lain yang terkait dengan arsitektur secara umum.

Beberapa aktifitas yang akan segera dilakukan sebagai bentuk implementasi, tutur Ketua Jurusan Arsitektur Dr. Ing. Ilya F. Maharika, IAI diantaranya adalah penyelenggaraan kegiatan seminar, konferensi, kuliah umum bersama di mana JARS akan bertindak sebagai penyelenggara dan IAI memberi penghargaan berupa nilai kredit yang diperlukan bagi para profesional. Kegiatan yang sudah dalam proses inisiasi adalah penyelenggaraan kegiatan Penataran Kode Etik Profesi Arsitek, Program Pendidikan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) dan atau Pelatihan Keprofesian ber-Strata yang diselenggarakan oleh IAI namun diintegrasikan ke dalam mata kuliah Praktik Profesional yang diselenggarakan Jurusan Arsitektur di tahun akademik 2010/2011 ini.

Dari tempat terpisah, Dekan Ir. Mochamad Teguh, MSCE. PhD. dan Ketua IAI Ir. Munichy B. Edrees, M.Arch, IAI.  keduanya mengharapkan agar kesepakatan ini dapat bermanfaat dan berkesinambungan dalam rangka turut mempertinggi kompetensi sumber daya manusia utamanya para calon arsitek maupun arsitek Indonesia dalam rangka menghadapi serbuan profesional manca negara yang segera kita hadapi.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *