Jurusan Arsitektur Menangkan Tender Lisensi untuk Menjadi ArchiCAD Training Center

Dunia digital yang bekembang cepat ternyata sangat peduli pada perkembangan pendidikan pula. Hal itu ditunjukkan oleh ArchiCAD salah satu market leader dalam dunia computer aided design di bidang profesi arsitektur dengan memberikan grant berupa 50 lisensi penggunaan software ini kepada Laboratoroium Arsitektur Digital, Jurusan Arsitektur Universitas Islam Indonesia secara gratis. Grant ini diperoleh karena Jurusan Arsitektur berhasil lolos dalam tender yang diselenggarakan oleh ArchiCAD Indonesia dengan hadirnya pemberitahuan resmi dari ArchiCAD Indonesia baru-baru ini. Dengan keberhasilan ini Arsitektur UII akan menjadi Authorized ArchiCAD Training Center (batch 2) dan bergabung dengan beberapa universitas lain di Indonesia yang telah terlebih dahulu mendapatkan lisensi ini.

ArchiCAD dari Graphisoft adalah aplikasi berkemampuan profesional di bidang desain dan arsitektur yang memudahkan para calon arsitek dan arsitek mewujudkan ide dan gagasan  dengan sangat produktif. Di dalam piranti lunak ini terdapat pula plug-in EcoDesigner yang berperan serta dalam mewujudkan GREEN DESIGN pada karya anda sebagai tanggung jawab terhadap Bumi dan Lingkungan. ArchiCAD juga merupakan piranti yang berbasis BIM (Building Information Modelling) dengan kemampuan multiprosesor 64 bit. Bahkan baru-baru ini Graphisoft kembali mendapatkan penghargaan terbaik sebagai “The World Number One Building Energy Information Modeling Tool”. 

Lebih jauh, tutur Ketua Jurusan Dr. Ing. Ilya F. Maharika, IAI didampingi Kepala Laboratorium Digital Ir. Muhammad Iftirono, MLA dan Ariadi SUsanto, ST. MT. yang akan berlaku sebagai trainer, Jurusan Arsitektur akan mengirimkan 2 orang untuk dilatih di Jakarta. Setelah proses implementasi software selesai, maka Jurusan akan melakukan pelatihan kepada seluruh dosen agar dapat terupdate dengan software baru ini. Setelah proses pelatihanstaf ini selesai maka Training Center ini akan dibuka untuk mahasiswa. Pada prosesnya, ArchiCAD akan diintegrasikan sebagai salah satu ketrampilan wajib (hardskill) utamanya untuk mata kuliah studio Perancangan Arsitektur tertentu. Training tingkat dasar ini tentu saja akan merupakan fasilitas kepada mahasiswa karena terintegrasi sebagai praktikum. Apabila mahasiswa lulus maka mereka berhak mendapatkan sertifikat dari Graphisoft. Khusus karena sertifikat ini sifatnya opsional, mereka akan dikenakan biaya yang sangat murah oleh ArchCAD Indonesia.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *