Dua Mahasiswi Arsitektur Wakili FTSP Dalam Seleksi Mawapres 2012 di Tingkat Universtas

Seleksi Mawapres (Mahasiswa Berprestasi) dilakukan secara bertahap, mulai dari seleksi di tingkat jurusan, fakultas, kopertis hingga Nasional. Peserta adalah mahasiswa aktif yang berasal dari berbagai di Universitas di Indonesia. Mereka yang berhasil lolos seleksi dari seleksi di tingkat fakultas akan mewakilkan fakultas di seleksi tingkat universitas. Sedangkan untuk Universitas Islam Indonesia, Seleksi Mawapres  tingkat Universitas dilaksanakan pada hari Sabtu, 14 April 2012 bertempat di Ruang Audio Visual. Acara dimulai pukul 09.00 WIB, dengan materi yang akan dinilai adalah Presentasi Karya Tulis dan wawancara Bahasa Asing / Bahasa Inggris.
Dan dari Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, terpilih dua kandidat, yaitu Sheila Nurfajrina dan Fadila Septiandiani yang keduanya adalah mahasiswi arsitektur angkatan 2010. Sebelumnya, para peserta diwajibkan untuk membuat dan mempersiapkan karya tulis ilmiah dengan tema “Mahasiswa Indonesia Cerdas dan Berkarakter”. Seleksi Mawapres terdiri dari dua tahap yaitu Seleksi tahap awal (desk evaluation) berdasarkan kelengkapan administrasi/persyaratan, karya tulis ilmiah,  daftar kegiatan ko dan ekstrakurikuler,  ringkasan karya tulis ilmiah berbahasa Inggris/Asing. Tahap selanjutnya adalah Seleksi  tahap  akhir  yang terdiri dari Hasil penilaian makalah dan presentasi karya tulis ilmiah,  Wawancara dan klarifikasi kegiatan ko dan ekstrakurikuler, dan Presentasi dan diskusi dalam bahasa Inggris/Asing. Aspek Penilaiannya berupa IP Kumulatif, Karya tulis ilmiah, Kegiatan ko dan ekstrakurikuler, Bahasa Inggris/Asing  dan Kepribadian.
Menurut Sheila Nurfajrina, “ini pertama kalinya saya mengikuti kegiatan semacam ini, dan sungguh dapat dijadikan pengalaman yang berharga”.  “Di sana, saya bertemu orang-orang hebat tidak hanya peserta yang mewakili fakultas, tetapi juga Dewan Juri yang sangat berkompeten di bidangnya”, tambah Sheila di sela-sela tes wawancara bahasa Inggris.
Berdasarkan informasi yang didapatkan dari Panduan Mawapres 2012, tujuan dari pelaksanaan  pemilihan  Mahasiswa  Berprestasi  merupakan  salah  satu  upaya pengembangan prestasi mahasiswa untuk menumbuh-kembangkan kegiatan akademik sebagai  bagian  dari  upaya  menegakkan  budaya  akademik  di  lingkungan  kampus.
Selamat untuk Sheila dan Fadila, semoga bisa menjadi inspirasi bagi mahasiswa lain untuk terus berkarya !

Ditulis oleh Fadila Septiandiani  I 10512074

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply