ARSITEKTUR RAIH AKREDITASI INTERNASIONAL LEVEL TERTINGGI


Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan arsitektur setara dengan negara-negara maju, Jurusan Arsitektur Universitas Islam Indonesia sekali lagi membuktikan pencapaian yang membanggakan. Setelah mendapatkan Akreditasi Internasional KAAB selama tiga tahun dari 2017-2020, Arsitektur UII melalui skema program pendidikan 4+1 tahun kali ini mendapatkan status akreditasi penuh enam tahun untuk periode 2020-2026 melalui Korea Architectural Accrediting Board (KAAB) di bawah Canberra Accord. Sebuah pencapaian level akreditasi internasional tertinggi!

Untuk diketahui, Canberra Accord adalah deklarasi kesetaraan global pada pendidikan professional arsitektur (substantial equivalency of professional degrees in architecture) yang diratifikasi oleh Amerika (NAAB), Australia (RAIA), Kanada (CACB-CCCA), Tiongkok (NBAA), Korea (KAAB), Meksico (COMAEA), dan Commonwealth Association atau Persemakmuran Inggris Raya (CAA). Canberra Accord ini juga diakui oleh Perserikatan Arsitek Dunia (UIA) dan UNESCO di bawah Charter for Architectural Education. Dengan demikian, institusi yang mendapatkan akreditasi oleh salah satu lembaga di atas secara otomatis akan diakui secara global.

Untuk dapat memenuhi kesetaraan ini, maka pendidikan arsitektur lima tahun dengan pemenuhan kualitas tinggi dan penyediaan fasilitas bermutu adalah syarat utama. Jurusan Arsitektur UII telah memenuhi persyaratan itu dengan membuka skema pendidikan 4+1 dengan pelaksanaan Program Profesi Arsitek (PPAr) di tahun kelima sejak 2014. Program tersebut sebagai pelengkap dari program Sarjana Arsitektur sejak 1987 yang telah berkali mendapatkan akreditasi tertinggi A dari DIKTI sejak 2003. Beberapa fasilitas berstandar global Antara lain Studio 24 jam, Perpustakaan 7 hari dalam seminggu dengan lebih dari 7.500 koleksi arsitektural cetak dan ribuan on-line berlangganan, studio di konsultan arsitek professional, International Program, international exchange, dan sebagainya. Dengan skema ini, mahasiswa UII dijamin untuk menjadi arsitek professional dengan kualitas internasional.

Arsitektur UII kini juga tengah bersiap untuk selalu meningkatkan kualitas dengan menyiapkan kurikulum terbaru sesuai era disrupsi 4.0. Proses pembelajaran terkini dengan memanfaatkan teknologi IT sesuai dengan karakter generasi milleneal juga tengah disiapkan. Pembelajaran yang efektif namun menyenangkan adalah tujuan utama dari pembelajaran di Arsitektur UII. Dengan demikian, generasi arsitek yang handal untuk era masa depan dapat disipakan dengan masuk di Arsitektur UII! /NCI