Arsitek Sebagai Pelestari Bumi

Penyelenggaraan Kulaih Perdana oleh Prodi Profesi Arsitek (PPAR) Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) Universitas Islam Indonesia (UII) yang dilaksanakan pada Senin, 4 Oktober 2021 secara virtual menghadirkan sosok Ir. Bambang Eryudhawan, IAI yang kini menjabat sebagai ketua Dewan Arsitek Indonesia (DAI). Bambang adalah arsitek lulusan ITB pada tahun 1988 dengan minat pada bidang urban design, pelestarian cagar budaya dan juga sejarah. Kiprah beliau tidak diragukan lagi, pernah menjabat sebagai Ketua IAI Jakarta untuk 2 periode, Wakil Ketua II IAI Nasional, Sekretaris Majelis Kehormatan IAI Nasional dan masih banyak lagi.

Materi kuliah perdana yang dibawakan cukup dalam dengan tema pelestarian bumi, beliau mengungkapkan yang kabarnya perusak bumi adalah arsitek. “Salah tarik garis di gambar, konsekuensi di lapangan kita nggak tahu” jadi arsitek perlu paham benar tarikan garis kita bukan berdampak hanya pada kertas tapi di lapangan, tanah, bumi. Kalau kita ngawur itu merusak, tetapi kalau kita benar itu akan menambah kebahagiaan penghuni dan juga bumi kita, karena tanggung jawab sebagai arsitek itu besar.

Peran besar menyelamatkan bumi yang diemban arsitek menurut Bambang, menuntut seorang arsitek harus banyak literasi karena tantangan ke depan masyarakat yang kita hadapi hari ini kedepan adalah orang-orang yang harusnya literasi juga tinggi.