“A” untuk Akreditasi BAN PT Jurusan Arsitektur!

Alhamdulillah, Jurusan Arsitektur kembali menorehkan keberhasilan dengan mampu mempertahankan Akreditasi BAN PT di level tertinggi yaitu “A”. Jumat 3 Januari 2014 lalu Surat Keputusan BAN PT No. 237/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/XI/2013 tertanggal 22 November 2013 telah diterima oleh Dekan FTSP dan diteruskan kepada Jurusan Arsitektur. Dalam SK tertera bahwa nilai untuk Jurusan Arsitektur adalah 379 yang merupakan nilai yang tertinggi. Rangking “A” dengan nilai dari BAN PT tersebut menunjukkan bahwa kinerja institusi Jurusan Arsitektur secara komprehensif sangat baik. Secara umum akreditasi program studi menilai 7 standar sebagai berikut:

  1. Standar Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran, serta Strategi Pencapaian
  2. Standar Tata Pamong, Kepemimpinan,  Sistem Pengelolaan dan Penjaminan Mutu 
  3. Standar Mahasiswa dan Lulusan
  4. Standar Sumberdaya Manusia
  5. Standar Kurikulum, Pembelajaran, dan Suasana Akademik 
  6. Standar Pembiayaan, Sarana, dan Prasarana 
  7. Standar Penelitian, Pelayanan/Pengabdian Kepada Masyarakat, dan Kerjasama 

Pencapaian tersebut harus disyukuri dan sekaligus menjadi tantangan kepada semua pihak, sivitas akademik Jurusan Arsitektur untuk berprestasi lebih baik lagi, berinovasi, dan melakukan continuous evaluation, agar menjadi institusi yang mampu memberi landasan ketaqwaan, ilmu dan ketrampilan kepada para lulusannya. Tak dilupakan pula bahwa pencapaian tersebut adalah buah dari kerja keras semua pihak, bukan hanya jajaran pengurus Jurusan namun juga semua Dosen dan Tenaga Kependidikan, para mahasiswa, alumni, serta strategic partners yang telah membantu dan mendukung baik selama proses akreditasi maupun dalam proses belajar mengajar selama ini. Komitmen dari Fakultas dan Universitas juga patut mendapatkan penghargaan tinggi. 

Akhirnya, sivitas akademik Jurusan Arsitektur juga perlu bebenah diri untuk menuju Korea Architectural Accrediting Board “Substantial Equivalency” yang merupakan sebuah proses akreditasi di level yang lebih tinggi yaitu level internasional dimana hasil akreditasi nasional ini dapat menjadi batu loncatan yang sangat kokoh.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *