Comprehensive Structure

Jurusan Arsitektur mengembangkan kompetensi yang unik bagi para mahasiswa dan lulusannya. Secara komprehensif, para mahasiswa akan dikembangkan tahap demi tahap untuk menjadi seorang arsitek profesional.

Sebagai gambaran, mahasiswa di tahun pertama diharapkan telah menguasai dasar-dasar teori dan teknik merancang (fundamental design studios).

Pada tahun kedua, mahasiswa akan banyak mempelajari konteks (tapak natural dan tapak di kota) dan bagaimana arsitektur merespon pada konteks tersebut.

Pada tahun ketiga, mahasiswa akan mempelajari bagaimana arsitektur diproduksi. Pengenalan pada proses produksi arsitektur ini akan dimulai dari cara membangun arsitektur yang berbasis tradisi kemudian akan dikenalkan pula cara membangun yang modern dan berbasis industri konstruksi yang saat ini berkembang pesat.

Di tahun ke empat, mahasiswa akan diminta untuk mengembangkan diri secara mandiri untuk membangun kompetensi yang unik dan unggul. Bagi mahasiswa yang hanya mengikuti program Strata 1 (S1) maka di tahun keempat ini akan lulus dengan gelar Sarjana Teknik (ST.).

Bagi mahasiswa yang ingin meneruskan untuk menjadi Arsitek Profesional, dapat menempuh Pendidikan Profesi Arsitek (PPAr) di tahun kelima. Pada tahun terakhir ini para mahasiswa akan mengalami studio profesional yang akan mengembangkan kemampuan manajerial serta hubungannya dengan klien.  

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *