Seminar Karya & Pameran Arsitektur Indonesia (SAKAPARI) 2019 Series 4

Salah satu acara rutin dari Jurusan Arsitektur Universitas Islam Indonesia yaitu Seminar Karya & Pameran Arsitektur Indonesia (SAKAPARI) diadakan setiap akhir semester telah diselenggarakan Sabtu (27/7/19) kemarin bertempat di Auditorium FTSP UII. Seminar ini telah mencapai series keempatnya yang sebelumnya telah dilaksanakan juga Sakapari 2019 series 3 pada akhir semester ganjil yang lalu.

Pada seminar kali ini yang menjadi narasumber utama yaitu Prof. Dr. Yulianto Sumalyo (Univeristas Pancasila Jakarta) dan juga Dr. Yulianto P. Prihatmaji., IPM.,IAI (Universitas Islam Indonesia). Tema yang dibahas oleh kedua narasumber yaitu mengenai “Arsitektur Islam di Indonesia” sesuai dengan tema Sakapari series 4.

Selain tema besar, terdapat pula 5 sub tema yang ditawarkan kepada peserta yaitu sejarah dan teori, pemukiman dan urbanisme, sains dan teknologi bangunan, arsitektur digital dan lingkungan cerdas, serta advokasi dan profesi.

Seminar ini dihadiri oleh peserta yang telah terpilih makalahnya dan akan di presentasikan pada sesi paralel. Peserta berasal dari internal yang diikuti oleh mahasiswa Arsitektur UII. Dan juga peserta eksternal.

Setelah pemberian materi dari para narasumber, kemudian akan diadakan sesi paralel. Sesi paralel diisi dengan presentasi dari seluruh peserta yang telah terpilih makalahnya. Untuk sesi ini terdapat 10 ruangan yang sudah ditentukan temanya. Peserta menempati ruangan yang telah disesuaikan makalah dengan tema oleh panitia. Tiap ruang terdapat moderator yang mengarahkan peserta pada saat presentasi.

Sebelum penutupan acara Sakapari 2019 series 3, Aisyah Zakiah,M.Arch menyampaikan closing remarks dari keseluruhan acara kali ini. Lalu, dilanjutkan dengan pemberian penghargaan pada peserta. Para peserta yang telah presentasi pada sesi paralel, akan mendapatkan penghargaan sesuai dengan penilaian dari para moderator di setiap ruang. Adapun beberapa kategori yang dipilih yaitu best paper, best presenter, dan best KTI(Karya Tulis Ilmiah). Para pemenang diumumkan langsung oleh Ketua Panitia Sakapari 2019 series 4 yaitu Yulia Pratiwi,ST.,M.Eng., IAP.

Berikut nama-nama pemenang dari Sakapari 2019 Series 4:
1. Best Paper : Hafsah Intifadhoh Rabbaniyah (Universitas Muhammadiyah Surakarta).
2. Best Presenter : Avinsa Haykal, Abraham Adikuncoro, Elang Priambodo, Rafif Fachriza.
3. Best Karya Tulis Ilmiah : Insan Mutaqin.