Public Lecture Integrated Design Studio :Rural-Urban Context in Architecture


Integrated Design Studio pada Kamis 4 Maret 2021, kelas Integrated Design Studio (Jurusan Arsitektur, UII) menghadirkan kembali Online Public Lecture dengan tema Rural-Urban Context in Architecture. Public Lecture yang berdurasi satu jam ini menghadirkan Assoc. Prof. Fajriyanto. Ir., MT sebagai pembicara.

”Konteks merupakan suatu setting atau karakter dari suatu area dimana proyek itu akan di tempatkan. Ini menyangkut sumber daya alam, sejarah manusia, bentuk dari pemukiman, bangunan dan ruang.” Fajriyanto menjelaskan pengertian dasar konteks dalam arsitektur. Menurut Fajriyanto, konteks juga mencangkup manusia yang hidup disekitar site atau area. Seorang arsitek harus paham bagaimana posisi pembangunan dan bagaimana seharusnya arsitek meletakan rancangan bangunannya. Karena konteks memang krusial.

Dalam kesempatan kali ini, Assist. Prof. Hanif Budiman, MT selaku host pada public lecture tersebut menegaskan, “Rural dan Urban di dalam kurikulum ini bukan pilihan yang bebas. Benar-benar di daerah Rural, daerah yang sangat alami, atau di daerah Urban, di tengah kota. Jadi terminologi di desa-kota sekarang berkembang.”ungkap Hanif Budiman.

Fokus kita pada penerjemahan konteks yang menyatukan natural, culture dan esthetic sesuai dengan frame IDS, yang sesuai ToR tema-tema sharing space menjadi pokok permasalahan yang diselesaikan. “Jadi kita tidak akan mendesain rumah yang hanya ditempati orang yang tidak peduli dengan lingkungannya, sebagian ruang kita harus share untuk mengantisipasi kehidupan baru di masa depan.” pungkas Hanif Budiman.