Jurusan Adakan Training e-Publishing, Collaboration and Blogging

Publikasi di dunia maya saat ini sudah bukan sekedar trend, tetapi sebuah kebutuhan. Karya-karya hebat tak akan dapat dilihat oleh kalangan publik yang luas jika hanya terkubur di laboratorium atau studio. Oleh karena itu, Jurusan Arsitektur melalui Hibah A3 bekerja sama dengan Badan Sistem Informasi mengadakan training bagi para dosennya sebagai usaha untuk pengembangan kolaborasi dijital dan e-publishing. Training yang dilaksanakan diberi judul ”e-Publishing, Collaboration and Blogging” yang ditujukan untuk mendukung pengembangan kapasitas staff  dalam melakukan publikasi via jalur maya ini.  Training ini berisi 6 modul training yaitu (1) Modul Digitalisasi Publikasi (2) Modul Teknik Membangun Website/Blog (3) Modul Blog Revamp (pengayaan blog) dengan themes dan plugin, (4) Modul Teknik Membangun Niche, (5) Modul SEO (Search Engine Optimization) dan (6) Modul Marketing Blog bagi Pengembangan e-Learning. Pendidikan tak bergelar ini akan dilaksanakan mulai Kamis, 20 November 2008 bertempat di Badan Sistem Informasi Universitas Islam Indonesia dan akan berakhir seminggu sesudahnya dengan mengadakan evaluasi dan penghargaan kepada 10 blogger terbaik. Tutor adalah Ir. Andry Setiawan, MSc. dari Informatika beserta tim asistennya dari Badan Sistem Informasi.

Blog baru

Dengan demikian hadir beberapa blog baru seperti dari para dosen, diantaranya adalah Revianto B Santosa , Hastuti Saptorini , Handoyotomo , Supriyanta , Tony Kunto , Putu Ayu Agustiananda , Prihatmaji, A Syaifuddin Mutaqi dan Etik Mufida serta Ilya Maharika yang telah membangun blognya jauh sebelum training.
Kehadiran blogger baru di Jurusan ini diharapkan dapat memompa semangat untuk melakukan publikasi karena blog bukan alat untuk “bergaya” akan tetapi sebenarnya merupakan media aktualisasi ilmu kita ke publik yang lebih luas. Internet adalah jendela dan pintu untuk masuk ke dunia internasional, dunia global, yang perlu ditangani dengan serius dan komitmen yang tinggi. Harapan penyelenggara adalah kemanfaatan yang lebih luas dari media ini, sehingga ilmu yang dimiliki para dosen ini dapat merembes dan termanfaatkan serta mencerdaskan masyarakat luas. Barangkali inilah salah satu implementasi konkrit dari Universitas sebagai rahmatan lil alamin.

Dari sisi Badan Sistem Informasi, badan ini berharap kegiatan ini dapat memacu program studi lain untuk berbuat serupa agar program “blogisasi” staff – dan sebentar lagi juga merambah ke mahasiswa – dapat memacu semangat publikasi.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *