Arsitektur Kembali Peroleh Hibah PHK-PS 2013

Alhamdulillah. Pemenang hibah Program Hibah Kompetisi-Program Studi 2013 atau yang lebih dikenal sebagai PHK-PS telah ditetapkan pada hari Rabu, 5 Desember 2012 bertempat di Ruang Sidang VIP Lt.3 Gedung GBPH Prabuningrat UII mulai pukul 09.00 WIB yang dipimpin oleh Rektor Prof. Dr. Edy Suandi Hamid, M.Ec. Dalam kesempatan itu Badan Pengembangan Akademik (BPA) telah memutuskan masing-masing 4 (empat) calon grantee rangking tertinggi pada setiap tipe hibah yaitu Unggulan Prodi (UP) dan Pengembangan Prodi (PP). Dari pengumuman yang tertampang di website BPA (bpa.uii.ac.id) tampak bahwa FTSP mendominasi perolehan hibah Unggulan Prodi yaitu berturut-turut Arsitektur, Teknik Sipil dan Teknik Lingkungan yang ketiganya dari FTSP dan ditambah Prodi Hukum Islam. Sementara untuk pemenang hibah tipe Pengembangan Prodi diperoleh Ilmu Kimia, Teknik Elektro, Teknik Mesin dan Psikologi.

Tema yang diusung proposal Arsitektur di tahun 2013 ini adalah “Pemenuhan Syarat dan Prosedur “KAAB Substantial Equivalency Application” sebagai Tahapan Kunci menuju Realisasi di Tahun 2015″. Proposal ini diusulkan sebagai proses untuk mendapatkan “Substantial Equivalency” dari Korea Architectural Accrediting Board (KAAB). Substantial Equivalency adalah  bentuk pengakuan persamaan status secara internasional yang telah menjadi sistem internasional yang setara dengan akreditasi. Badan akreditasi ini dipilih karena faktor kedekatan baik secara geografis maupun kultural dan telah diakui sebagai badan akreditasi yang secara substansial ekuivalen “disamakan” secara internasional dalam kaukus The Canberra Accord dan juga telah menerima sertifikasi dari UNESCO-UIA-Validation Council for Architectural Education, badan tertinggi dunia di lingkup arsitektur.

Di Jurusan Arsitektur UII, PHKPS 2011 telah menghasilkan beberapa kebijakan inti berupa Kurikulum Arsitektur Profesional 4+1 tahun yang menjadi prasyarat standar internasional serta pengembangan Studio Culture serta kebijakan input & output yang juga berorientasi internasional. Sebagai kelanjutan program, PHKPS 2012 telah berhasil menjalankan pendidikan tahun kelima tersebut melalui Program Pendidikan Profesi Arsitek (PPAr-UII) dan juga evaluasi menyeluruh terhadap kinerja Jurusan oleh Prof. Dr. Jaepil Choi (Ketua Komisi Akreditasi KAAB). Kesimpulan yang diperoleh dari evaluasi tersebut adalah bahwa Jurusan Arsitektur dinilai “tampak siap untuk proses Substantial Equivalency namun dengan banyak perbaikan dan persiapan terutama pada penyiapan Architectural Program Report (APR) dan infrastruktur.” Dalam evaluasi tersebut Prof. Choi menyarankan tata kala yaitu tahun 2013 untuk persiapan total untuk menuju proses SE di tahun 2014. Dengan pemenuhan dan proses SE ini diharapkan pada awal tahun 2015, SE telah dapat diperoleh. Judul proposal ini mereflekikan seluruh proses akhir menuju pencapaian di atas.

Untuk itu, proposal PHKPS 2013 ini difokuskan pada persiapan yang oleh hasil evaluasi KAAB direkomendasikan dan menjadi prasyarat sesuai dengan Standard & Procedure SE. Dalam hibah ini, Jurusan Arsitektur tetap konsisten mengusulkan 3 strategi utama yang berkesinambungan sejak PHKPS 2011, 2012 hingga usulan PHKPS 2013 ini yaitu: (A) Adaptasi Struktur dan Sistem Pendidikan, (B) Pengembangan Kapasitas Proses Bejalar Mengajar berbasis Studio Culture dan (C) Perkuatan Kebijakan Input & Output Berorientasi Internasional.

Program A akan dititikberatkan pada Pemenuhan Syarat dan Prosedur Substantial Equivalency KAAB yang secara rinci untuk mendukung program ini meliputi aktifitas: (A.1) Pemenuhan Syarat dan Prosedur SE dan Penyusunan Architectural Program Report (APR), (A.2) Observasi Visitasi KAAB Institusi di Koreas (sebagai prasyarat SE).

Progam  B adalah Perkuatan Sarana dan Prasarana Studio Culture dan Implementasi Berbasis Standard dan Prosedur KAAB. Detil kegiatannya adalah (B.1) Pengembangan dan Implementasi SIM Tata Kelola dan Dokumentasi Perkuliahan dan Karya Mahasiswa dan (B.2) Perkuatan Sarana dan Prasarana Studio Culture dan Implementasi Berbasis Standard dan Prosedur KAAB.

Program C adalah Percepatan Pencapaian Student Performance Criteria Berkelanjutan didukung dengan kegiatan (C.1) Instrumentalisasi SPC dalam Seluruh Mata Kuliah Kurikulum 2013 (S1 + PPAr) dan (C.2) Pengembangan Model Evaluasi Berkelanjutan untuk Membangun Kultur Pendidikan Arsitektur Berstandar Internasional. Kegiatan ini akan menjamin bahwa proses sejak 2011 ini akan berkelanjutan karena terintegrasi menjadi sistem dan kultur pendidikan arsitektur di Jurusan Arsitektur UII.

Bagi civitas Arsitektur, tibalah saatnya bekerja keras untuk menyongsong proses “SE” di tahun 2015! 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *