Empat Dosen Arsitektur Memperoleh Hibah Penelitian Multi Tahun 2013

Alhamdulillah, empat orang Dosen Jurusan Arsitektur memperoleh Hibah Penelitian dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk pendanaan tahun 2013 ini. Mereka adalah sebagai berikut:

  • Dr. Ir. Sugini, MT. IAI yang mengusulkan penelitian dengan judul “Model Indeks Kenyamanan Terman Termo Adaptif Psikologis PMVtap dengan Pendekatan SEM untuk Penetapan Standar Termal Ruang Ber-AC Hemat Energi”. Judul ini didanai dengan skema Penelitian Fundamental.
  • Ir. Fajriyanto, MTP. yang mengusulkan penelitian dengan judul “Model Penataan Kawasan Bantaran Sungai Terintegrasi untuk Pelestarian Lingkungan dan Ruang Terbuka Hijau Kota Yogyakarta”. Penelitian ini didanai dengan skela Penelitian Hibah Bersaing.
  • Ir. Hastuti Saptorini, MA. yang mengusulkan penelitian dengan judul “Model Pembangunan Perumahan yang Menciptakan Pendapatan dan Mendukung Kemampuan Bayar Rumah Tinggal bagi Masyarakat Sekitar, Studi Kasus Yogyakarta”. Penelitian ini juga didanai dengan skela Penelitian Hibah Bersaing.
  • Noor Cholis Idham, PhD. yang mengusulkan penelitian dengan judul “Penataan Hunian Kali Code yang Meminimalkan Resiko Bahaya Banjir”. Penelitian ini juga didanai dengan skela Penelitian Hibah Bersaing.

Berdasarkan pengumuman dari Kopertis Wilayah 5 berdasarkan Surat dari Direktur Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan no tanggal 0019/E5.2/PL/2012 tanggal 3 Januari 2013, UII mendapatkan hibah untuk 25 orang dosennya. Jumlah tersebut merupakan capaian tertinggi yang diperoleh untuk universitas swasta se Kopertis Wilayah 5 (Daerah Istimewa Yogyakarta). Dari angka tersebut 4 orang dari Arsitektur (16%) yang menunjukkan prestasi para dosennya cukup dominan.

Penelitian di atas tentu sangat bermanfaat pula bagi para mahasiswa yang akan menempuh Tugas Akhir atau mengambil mata kuliah Karya Tulis Ilmiah. Mereka diharapkan dapat terlibat aktif dalam penelitian-penelitian tersebut sesuai dengan minat dan ketersediaan tempat yang dialokasikan oleh tiap Peneliti.

Selamat kepada para Ibu Sugini, Pak Fajri, Bu Hastuti dan Pak Noor, semoga penelitiannya dapat berjalan lancar, bermanfaat dan menjadi tambahan portofolio bagi Jurusan Arsitektur.

 

  

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *