Kurikulum 2013: Kompetensi Lulusan (#4)
Kompetensi Umum lulusan Jurusan Arsitektur Universitas Islam Indonesia disusun dengan dua level yaitu kompetensi umum dan kompetensi dasar yang merupakan program learning outcome yang rinci.
Kompetensi Lulusan Umum
Utama |
U1 |
Memiliki etika dan menjunjung tinggi norma, tata nilai, moral, agama, dan memiliki tanggungjawab profesional |
Posses ethic, respect norms, values, moral and religiousity and professional responsibility |
Utama |
U2 |
Memiliki ketrampilan perancangan yang komprehensif pada skala bangunan gedung |
Posses comprehensive design skill on building scale |
Utama |
U3 |
Memiliki ketrampilan praktik profesi yang berbasis nilai-nilai universal dan nilai Islami |
Strong professional practice skill based on universal and Islamic values |
Pendukung |
P1 |
Memiliki ketrampilan komunikasi dan pengetahuan arsitektural yang unggul, kritis dan adaptif |
Exellent, critical and adaptive architectural communication skill and knowledge |
Pendukung |
P2 |
Memiliki pengetahuan sain dan teknologi bangunan berbasis kelestarian lingkungan |
Posses knowledge on building science and technology based on environmental sustainability |
Pendukung |
P3 |
Memiliki kepekaan terhadap konteks lingkungan dan sosio-kultural dan kaum marginal |
Sensitive to environmental and socio-cultural context and marginal community |
Khas |
L1 |
Memiliki pengetahuan keislaman yang relevan untuk pengembangan kepribadian dan profesi |
Posses Islamic knowledge relevant for personal and professional development |
Khas |
L2 |
Memiliki kemampuan komunikasi dalam Bahasa Inggris yang cukup untuk mengembangkan diri |
Posses communication skill in English necessary for self development |
Kelompok Kompetensi |
Rumusan Kompetensi |
Jenjang |
|||
S1 |
PPAR |
||||
UTAMA 1 |
Memiliki etika dan menjunjung tinggi norma, tata nilai, moral, agama, dan memiliki tanggungjawab profesional |
Posses ethic, respect norms, values, moral and religiousity as well as professional responsibility |
|
X |
|
|
RK.1 |
Lulusan memiliki etika yang tinggi dan menjunjung tinggi norma, tata nilai, moral, agama, serta memiliki tanggungjawab profesional |
Posses ethic, respect norms, values, moral and religiousity as well as professional responsibility |
|
X |
UTAMA 2 |
Ketrampilan komunikasi dan pengetahuan arsitektural yang unggul, kritis dan adaptif |
Exellent, critical and adaptive architectural communication skill and knowledge |
X |
X |
|
|
RK.2 |
Lulusan yang mempunyai kemampuan komunikasi kreatif dan adaptasi dalam berbagai lingkungan sosial |
Graduates who posses creative communication ability and adaptable in various social environment |
X |
X |
|
RK.3 |
Lulusan yang trampil dalam menggunakan komputasi arsitektural termasuk dalam pemakaian building information modelling (BIM) |
Graduates who posses architectural computational skill including building information modelling (BIM) |
X |
X |
|
RK.4 |
Lulusan yang mempunyai pengetahuan yang luas untuk mendukung proses perancangan untuk menghasilkan lingkungan binaan yang berkualitas tinggi |
Graduates who posses wide range of knowledge necessary for design process to create high quality of built environment |
X |
X |
UTAMA 3 |
Memiliki ketrampilan perancangan yang komprehensif pada skala bangunan gedung |
Posses comprehensive design skill on building scale |
X |
X |
|
|
RK.5 |
Lulusan yang mempunyai ketrampilan merancang bangunan yang berbasis berpikir kreatif dan berani berinovasi dalam mencari kepeloporan dalam desain |
Graduates who posses building design skill based on creative thinking and innovative solutions to pursue pioneering design solutions |
X |
|
|
RK.6 |
Lulusan yang mempunyai ketrampilan dalam kaji / desain (design research) yang integratif dan menyajikan dalam argumentasi desain yang berbasis kemampuan berpikir grafis dua dan tiga-dimensi yang komprehensif |
Graduates who posses integrated design and research skill and able to augmenting in comprehensive argumentation through graphic thinking based on two and three dimensional representations. |
X |
X |
|
RK.7 |
Lulusan yang mempunyai ketrampilan tinggi dalam merekonsiliasi berbagai faktor yang terkait dengan tapak dan konteks dan mengintegrasikan berbagai pengetahuan dalam rangka penciptaan suatu solusi desain yang kontekstual. |
Graduates who posses reconsiliative skill of various factors related to the site and context and integrate various knowledge necessary for contextual design solutions |
X |
X |
|
RK.8 |
Lulusan yang memahami proses desain baik yang bersifat logis – sistematis maupun dialogis – holistik dan mampu mengembangkan argumentasi kritis untuk proses desainnya sendiri. |
Graduates who undestand variety of design processes both logical-systematic and holistic-dialogical and able to augment them in critical argumentative for his or her design |
X |
X |
P 1 |
Memiliki pengetahuan sain dan teknologi bangunan berbasis kelestarian lingkungan |
Posses knowledge on building science and technology based on environmental sustainability |
X |
X |
|
|
RK.9 |
Lulusan yang mempunyai pengetahuan teknis struktur bangunan, bahan bangunan, sistem konstruksi serta fisika bangunan untuk menghasilkan bangunan yang berkualitas dan kontekstual dengan tapak dan iklim tropis. |
Graduates who posses knowledge on building structure, building material, construction system and building physics necessary to produce high quality of building that contextual to the site and tropical climate |
X |
X |
|
RK.10 |
Lulusan yang sadar terhadap peraturan bangunan, pedoman teknis dan standar untuk perencanaan gedung dan lingkungan binaan. |
Graduates who aware to building regulation, technical codes and standards of building and built environment planning |
X |
X |
|
RK.11 |
Lulusan yang sadar terhadap keselamatan pengguna, dan kelestarian lingkungan binaan. |
Graduates who aware towards safety of the users and sustainability of built environment |
X |
X |
|
RK.12 |
Lulusan yang memahami proses desain teknis dan integrasi struktur dan infrastruktur menjadi kesatuan fungsional yang efektif. |
Graduates who understand technical process of building design and integration of building structure and infrastructure into effective function |
X |
X |
P 2 |
Memiliki kepekaan terhadap konteks lingkungan dan sosio-kultural dan kaum marginal |
Sensitive to environmental and socio-cultural context and marginal community |
X |
X |
|
|
RK.13 |
Lulusan yang sadar terhadap keragaman budaya, etnis, religiusitas serta persoalan-persoalan marginalitas dalam masyarakat |
Graduates who aware towards cultural, ethnical and religious diversity as well as problems of marginality in the community |
X |
X |
|
RK.14 |
Lulusan yang sadar signifikansi bangunan religius untuk masyarakat dan trampil untuk merancang bangunan untuk fasilitas ibadah dan kegiatan Umat Islam |
Graduates who aware ttowards significance of religious building for community and able to design religious facilities for Islamic community |
X |
X |
P 3 |
Memiliki ketrampilan profesi yang berbasis nilai-nilai universal dan nilai Islami |
Strong professional skill based on universal and Islamic values |
X |
X |
|
|
RK.15 |
Lulusan yang sadar terhadap nilai-nilai etika universal dan etika Islam yang relevan dengan profesi arsitek |
Graduates who aware towards universal ethical values as well as Islamic values related to profession of architect |
X |
X |
|
RK.16 |
Lulusan yang mampu mengembangkan kemampuan kerja di lingkungan perancangan profesional yang ditunjukkan dengan ketajaman analisis permasalahan perancangan, keserbacakupan tinjauan terhadap konteks, trampil trampil dalam olah rancang dan pengetahuan teknologi pendukungnya. |
Graduates who are able to develop themselves in professional design working environment through ability in critical analysis for design problems, ability in comprehensive studies of context, and ability in the skill of managing design process and knowledge |
|
X |
|
RK.17 |
Lulusan yang memahami dokumentasi dalam praktek kerja profesional di bidang arsitektur, manajemen proyek, maupun proses konstruksi |
Graduate who understand professional documentation related to architectural works, project management as well as construction process |
|
X |
|
RK.18 |
Lulusan yang mampu memadukan seluruh proses perancangan dengan profesi selingkung untuk menghasilkan rancangan lingkungan binaan yang berkualitas. |
Graduates who able to integrate whole design process with its supportive professions to produce high quality of design of built environment |
|
X |
L 1 |
Memiliki pengetahuan keislaman yang relevan untuk pengembangan kepribadian dan profesi |
Posses Islamic knowledge relevant for personal and professional development |
X |
X |
|
|
RK.19 |
Lulusan memiliki pengetahuan keislaman yang relevan untuk pengembangan kepribadian dan profesi |
Graduates who posses Islamic knowledge relevant for personal and professional development |
X |
X |
L 2 |
Memiliki kemampuan komunikasi dalam Bahasa Inggris yang cukup untuk mengembangkan diri |
Posses communication skill in English necessary for self development |
X |
X |
|
|
RK.20 |
Lulusan memiliki kemampuan komunikasi dalam Bahasa Inggris yang cukup untuk mengembangkan diri |
Graduates who posses communication skill in English necessary for self development |
X |
X |
Leave a Reply
Want to join the discussion?Feel free to contribute!