KURIKULUM PROGRAM STUDI SARJANA ARSITEKTUR
Kurikulum 2020 Program Studi Sarjana Arsitektur telah menerapkan kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) (4 + 1)
TAHUN PERTAMA
Deskripsi Mata Kuliah |
Mata kuliah Pendidikan Agama Islam dijadwalkan ditempuh oleh mahasiswa pada semester 1 dengan bobot 2 sks dan merupakan mata kuliah wajib dengan tanpa prasyarat. Mata kuliah ini bertujuan untuk mengembangkan mengembangkan menerapkan sikap ketakwaan kepada Tuhan yang Maha Esa dengan menjalankan syariat-Nya dalam kehidupan sehari-hari serta menjunjung akhlak Islami dan etika universal.
Mata kuliah ini disarankan menggunakan metode reflective learning dan contextual learning . Reflective learning adalah proses pembelajaran melalui refleksi, yaitu mahasiswa merefleksikan apa yang telah dipelajarinya dengan pengalaman atau situasi yang pernah/sedang dialami oleh masing-masing mahasiswa. Contextual leaning adalah proses pembelajaran melalui kontekstualisasi apa yang dipelajari dengan persoalan nyata yang terdapat di masyarakat baik secara lokal, nasional, maupun internasional. |
Deskripsi Mata Kuliah |
Studio Desain (SD) 1 merupakan mata kuliah utama Prodi Sarjana Arsitektur UII dalam Kurikulum 2020. Mata kuliah ini berbobot 6 SKS yang bersifat wajib bagi mahasiswa semester pertama dan berbentuk studio. Mata Kuliah ini merupakan prasyarat untuk dapat mengambil mata kuliah SD 2 yang ditawarkan pada semester genap. SD 1 disampaikan melalui 2 sesi pertemuan setiap pekan, yaitu sesi ke-1 berdurasi 2 SKS untuk menyampaikan teori-teori dasar dan sesi ke-2 berdurasi 4 SKS untuk merefleksi teori dan praktik desain.
Mata kuliah ini merupakan pembuka dalam rangkaian mata kuliah yang membekali keilmuan desain dan arsitektur bagi mahasiswa. Secara umum, mata kuliah ini akan memberikan pembelajaran merancang elemen arsitektur berbasis ragam metode yang merujuk elemen alam bagi mahasiswa. Mata kuliah ini menitikberatkan pada desain sebagai ketrampilan dasar (Design as Fundamental Skill) bercorak seni (liberal arts) yang merujuk pada lingkup/frame perkuliahan studio pada tahun pertama dan kedua. Studio Desain 1 memberikan kemampuan kepada mahasiswa untuk dapat membangun gagasan desain yang terinspirasi dari alam (Nature Inspired Design Ideas) yang berfokus pada prinsip merasakan keindahan (Aesthetics Sensing) dan diharapkan dapat menumbuhkan kemampuan sensitivitas (Sensitivity) mahasiswa terhadap lingkungan sekitar. |
Deskripsi Mata Kuliah |
MK ini mengenalkan mahasiswa akan definisi dan konsep dasar arsitektur diantara ilmu science, seni, dan kreativitas. Pembelajaran dalam MK ini adalah berbasis pengalaman mahasiswa dalam berfikir kritis mengenai profesi arsitek dan tanggung jawabnya pada keilmuan dan posisinya sebagai khalifah fil ardh |
Deskripsi Mata Kuliah |
Mata kuliah Struktur dan Bentuk berbobot 2 sks, bersifat wajib bagi mahasiswa semester 2 serta menjadi prasyarat bagi mata kuliah Sistem Struktur Bangunan.
Mata kuliah ini ditujukan untuk memberikan kemampuan kepada mahasiswa tentang sinergi struktur, bentuk dan material serta prinsip-prinsip dan konsep-konsep dasar struktur yang mendasarinya untuk mendorong integrasi desain yang kreativ. Secara umum topik bahasan mencakup dasar statika dan kekuatan material, perilaku struktur dan hubungan antara perilaku struktur dan bentuk. Pembelajaran dilakukan melalui ‘real model’ yang melibatkan kemampuan sensori, diawali dengan mempelajari tentang struktur yang ada di alam dengan pendekatan intuitive dan logika visual, kemudian dilanjutkan dengan pemahaman struktur dalam karya arsitektur dengan pendekatan rasional melalui pengetahuan teoritik untuk mengembangkan kemampuan analitik. Pembelajaran ini dilakukan dengan penekanan pada active learning dalam bentuk kerja individual maupun kelompok dengan jumlah ideal mahasiswa per kelas tidak lebih dari 25 mahasiswa. |
Deskripsi Mata Kuliah |
MATERIAL AND CONSTRUCTION (MC – MATCON) merupakan mata kuliah Prodi Arsitektur Program Sarjana UII dalam Kurikulum 2020. Mata kuliah ini dalam lingkup kluster ilmu Teknolgi dan kinerja bangunan, berbobot 3 sks yang bersifat wajib bagi mahasiswa semester 1 dan berbentuk classical, tutorial dan workshop.
Matakuliah ini menjadi dasar mendalami advanced building material, material and fabrication, material for low carbon footprint, material properties and performance dan integrated material. Strategi pembelajaran yang digunakan adalah pemberian pengetahuan yang menyeluruh dilengkapi rule of thumb dan penggunaan perangkat lunak sederhana dan/atau alat dan bahan simulasi yang adekuat, sehingga mahasiswa dapat langsung menerapkan pengetahuan dalam contoh kasus sederhana secara individu dalam grup 4-5 orang. Pembelajaran dapat dilaksanakan di kelas maupun daring dengan jumlah mahasiswa 30-40. Mata kuliah ini merupakan awal dalam rangkaian mata kuliah yang membekali keilmuan desain arsitektur bagi mahasiswa calon sarjana arsitektur. Secara umum, mata kuliah ini memberikan pembekalan pengetahuan dan pemahaman yang komprehensif terhadap bahan dan konstruksi. Mata kuliah ini menitikberatkan pada kajian bahan dan karakternya sebagai titik awal berpikir konstruksi yang berguna bagi perancangan arsitektur yang mengutamakan keselamatan pengguna, keberlanjutan dan kelestarian alam. Mata kulian ini memberikan kemampuan kepada mahasiswa untuk dapat mengenali, menjelaskan dan menyatakan ragam, karakter dan tingkat penggunaan bahan pada bangunan. Hasil pembelajaran berupa pemahaman pengetahuan ragam, karakter dan tingkat pengguaan bahan yang saling berkelindan dengan konstruksi untk menghasilkan bangunan yang mengutamakan keselamatan penguna, keberlanjutan dan kelestarian alam, melalui pemikiran kritis, kreatif dan estetis berbasis riset (sederhana) desain. |
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah ini mengajarkan mahasiswa supaya mampu memahami beragam penalaran dalam proses desain; “Sejarah” design method & thinking;ragam model pendekatan design method & design thinking; Pemrograman arsitektural. Pengenalan tentang Pattern recognition/ Identification (natural pattern, urban fabric pattern), Problem Statement, Data culture, Syntax dilakukan sebagai upaya untuk mengakomodasi proses berpikir mahasiswa sebagai bekal merancang.
Dilakukan pula pengenalan beragam aplikasi, software dan hardware (mulai dari data sensing, data logger, data processing, data visualization, data analysis. |
Deskripsi Mata Kuliah |
Mata kuliah Learning & Career Leadership dalam Kurikulum Sarjana Arsitektur diberikan kepada mahasiswa semester 1 dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib / wajib terbatas/pilihan yang ditempuh . Mata Kuliah ini bertujuan untuk mendukung Capaian Pembelajaran Lulusan berupa kemampuan untuk menunjukkan sikap ketakwaan kepada Tuhan yang Maha Esa dengan menjalankan syariatnya dalam kehidupan sehari-hari, profesional dan menjunjung etika profesi dan etika Islam universal. |
Deskripsi Mata Kuliah |
Mata kuliah Islam Ulil Albab dijadwalkan ditempuh oleh mahasiswa pada semester 2 dengan bobot 3 sks dan merupakan mata kuliah wajib dengan tanpa prasyarat. Mata kuliah ini bertujuan untuk mengembangkan mengembangkan kemampuan mahasiswa untuk dapat memahami dan merefleksikan konsep insan ulil albab, serta mengambil pelajaran dari pemikiran para cendekiawan muslim, ketauladanan para tokoh pendiri UII, serta dari perkembangan peradaban Islam.
Mata kuliah ini disarankan menggunakan metode reflective learning dan contextual learning . Reflective learning adalah proses pembelajaran melalui refleksi, yaitu mahasiswa merefleksikan apa yang telah dipelajarinya dengan pengalaman atau situasi yang pernah/sedang dialami oleh masing-masing mahasiswa. Contextual leaning adalah proses pembelajaran melalui kontekstualisasi apa yang dipelajari dengan persoalan nyata yang terdapat di masyarakat baik secara lokal, nasional, maupun internasional. |
Deskripsi Mata Kuliah |
Dalam mata kuliah ini mahasiswa mempelajari desain dalam keragaman bahan dan teknik konstruksinya dalam rangka membangun kemampuan merangkai konstruksi yang kreatif berdasarkan inspirasi dan empati dari dan terhadap alam dan tradisi/budaya. Di studio mahasiswa akan melakukan proses reverse engineering terhadap dunia bendawi baik yang diproduksi alam maupun tradisi untuk kemudian ditiru dan dikembangkan dalam proses desain (ideate). Mahasiswa akan belajar beragam cara dan taktik desain yang berasal dari rujukan-rujukan alami dan budaya/tradisi dan berinovasi dalam beragam konteks yang berbeda. |
Deskripsi Mata Kuliah |
Mata kuliah wajib di semester 2 ini memberikan landasan pengetahuan tentang arsitektur sebagai komposisi arsitektonis yang mempertimbangkan karakteristik material, logika struktur dan prinsip pembebanan, teknik membuat dan moda produksi yang terkait, serta konsekuensinya pada estetika bentuk, ruang dan kinerjanya.
Komposisi arsitektonis ini dipahami dalam konteks sosio-kultural tertentu, baik di Indonesia maupun dalam konteks global yang memiliki nilai-nilai tradisi dan filosofi. Bahasan meliputi tektonika dan kekriyaan pada masyarakat pra-modern-tradisional, modern-industrial hingga kontemporer-digital. Pembelajaran juga meliputi implementasi dari hasil kajian ke dalam rancangan komponen bangunan yang inovatif dengan mempertimbangkan aspek-aspek tersebut di atas. |
Deskripsi Mata Kuliah |
Tujuan mata kuliah Thermal Environmental Control (TEC) adalah pembelajaran kepada mahasiswa sehingga:
a. Mahasiswa dapat memahami konsep dan prinsip kendali lingkungan termal yang berkaitan dengan Thermal human sensing dan relasinya dengan human sensing baik aspek health-comfort dan prinsip dasar heat transfer serta prinsip pengendalian lingkungan dikaitkan dengan desain bangunan b. Mahasiswa dapat melakukan analisis dan sintesis untuk mengevaluasi dan mengusulkan arahan prinsip rekayasa komponen bangunan dan site untuk mencapai kenyamanan termal pada konteks iklim untuk level prinsip perancangan dasar c. Mahasiswa memahami prinsip pengendalian lingkungan termal secara passive dan active terkhusus untuk lingkungan warm humid climate serta berkelanjutan Pembelajaran dilakukan dengan dominasi pada active learning dengan pendalaman melalui penyelesaian kasus. Konsekuensinya kelas ideal akan terjadi bila jumlah mahasiswa tidak lebih dari 25 sehingga dapat membentuk kerja grup. Pembelajaran juga dilengkapi dengan alat-alat yang relevan untuk membantu mahasiswa “membacat” stimulus thermal termasuk dukungan secara paralel skill aplikasi software geometri matahari dan angin pada mata kuliah BIM |
Deskripsi Mata Kuliah |
Mata kuliah ini diberikan pada semester 2 dengan bobot 2 SKS. Mata kuliah ini bertujuan memberikan memberikan dasar pemahaman kepada mahasiswa tentang apa dan sejauh mana peran cahaya dalam membentuk ruang dan pengalaman dalam arsitektur. Mata kuliah ini memberikan pengenalan pada mahasiswa mengenai bagaimana cahaya berkontribusi pada pembentukan pengalaman ruang beserta pengetahuan bagaimana cara mendapatkan, merekayasa dan mengendalikan cahaya untuk mencapai pengalaman ruang, kenyamanan, dan unjuk kinerja visual dalam ruang arsitektur. Secara umum kompetensi mata kuliah ini akan menjadi modal yang akan mendukung seluruh mata kuliah Studio Perancangan dan mata kuliah terkait infrastruktur dan kinerja bangunan. Topik utama mata kuliah ini terdiri dari prinsip-prinsip fisika cahaya, hubungan antara cahaya dan arsitektur, kinerja visual dan kenyamanan visual, kesehatan manusia, keterkaitan cahaya dan budaya, warna cahaya, teknologi pencahayaan, teknik pencahayaan dan desain pencahayaan alami dan buatan. Model pembelajaran melibatkan experiential learning untuk mempertajam sensitivitas pada cahaya dan reflective learning berbasis teori dan pengalaman empirik. |
Deskripsi Mata Kuliah
BIM untuk Desain Arsitektur (BIM for Architecture Design – BAD)
Merupakan perkuliahan yang mengkombinasikan metode pembelajaran berbasiskan teori dan Hands-On practice (Experiental learning) dan bersifat wajib.
Mata kuliah ini merupakan sarana untuk membangun pondasi awal proses desain berbasiskan pengolahan data (data processing) menjadi sebuah informasi yang terintegrasi dalam model digital 3D, sehingga bisa divisualisasikan sekaligus disimulasikan sesuai kebutuhan.
Mata kuliah ini berbobot 4 SKS, berdurasi 3,5 jam untuk tiap minggu pertemuannya, dengan total 14 minggu pertemuan efektif (total 49 jam pelajaran, 14 kali sesi pertemuan di Lab. Komputasi Digital, ditambah 2 sesi untuk UTS dan UAS).
Fokus perkuliahan diarahkan pada proses pemodelan digital bangunan sederhana yang dimulai dari pengumpulan, pengorganisasian, analisa, pertukaran (interoperabilitas), hingga distribusi data basic (konteks, bangunan, material, fungsi dan Aktivitas) dengan kriteria antara LOMD 2 dan LOMD 3, dan berada pada level kematangan kolaborasi pertama (low collaboration).
Dengan goal mahasiswa mampu melakukan pemodelan digital untuk mendukung proses desain bangunan sederhana sekaligus memiliki pemahaman terkait ragam bahan bangunan serta construction component assembling.
Note:
Level of BIM Collaboration Maturity v. JArsUII Architecture Information System
TAHUN KEDUA
Deskripsi Mata Kuliah |
Mata kuliah Sejarah Arsitektur dengan bobot 2 SKS ini merupakan mata kuliah wajib di Prodi Sarjana Arsitektur yang ditawarkan di Semester 3. Mata kuliah ini dirancang untuk menjadikan mahasiswa memahami Historiografi Arsitektur Global dengan fokus pada Arsitektur Modern di Eropa dan Amerika dengan latar interaksi global. Mata kuliah ini juga dirancang untuk menjadikan mahasiswa mampu melakukan pembelajaran aktif, menelaah dan menganalisis sejarah perkembangan arsitektur modern secara kritis untuk menjadi input bagi rancangan di mata kuliah studio.
Metode pembelajaran adalah active learning dan reflective learning. Active learning menuntut kemandirian mahasiwa dalam belajar serta untuk terlibat secara aktif atau mengalami sendiri proses pembelajaran, yang melibatkan membaca, menulis, berdiskusi, dan menyelesaikan masalah yang melibatkan analisis, sintesis, dan evaluasi sebagai ‘high-order thinking skills’. Reflective learning menuntut mahasiswa untuk dapat merefleksikan pengetahuan yang diperolehnya untuk menjadi input bagi rancangan di mata kuliah studio. |
Deskripsi Mata Kuliah |
Mata kuliah Bahasa Inggris untuk Arsitek dalam Kurikulum Sarjana Arsitektur diberikan kepada mahasiswa semester 3 dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib / wajib terbatas/pilihan yang ditempuh . Mata Kuliah ini bertujuan untuk mendukung Capaian Pembelajaran Lulusan berupa kemampuan untuk menunjukkan pandangan hidup inklusif, dapat bergaul di masyarakat global dengan tetap mempertahankan identitas keislaman dan keindonesiaan dan independensi profesi Mampu menunjukkan pandangan hidup inklusif, dapat bergaul di masyarakat global dengan tetap mempertahankan identitas keislaman dan keindonesiaan dan independensi profesi. |
Deskripsi Mata Kuliah |
Design Studio (DS) 3 adalah Mata Kuliah Wajib di Program Sarjana Arsitektur dengan Bobot 6 SKS, yang diberikan di Semester 3.
DS 3 adalah mata kuliah berbasis studio, dengan pendekatan independent-directed study, dimana dosen berperan sebagai “coach” dalam proses pembelajaran. Melalui studio ini mahasiswa diharapkan mampu mengekplorasi Gagasan Desain untuk menciptakan ruang dan bentuk (Form n Space) pada suatu tapak berbasis Science and Computational dan mampu berargumentasi secara rasional dan integrative. Science yang menjadi dasar menciptakan gagasan bentuk dan ruang adalah perilaku manusia (human behavior), analisis tapak, struktur dan infrastruktur dan control terhadap lingkungan. Mahasiswa mampu mengekpresikan gagasan desain dengan metode komputasi dalam bentuk 2 D maupun 3 D dengan menerapkan prinsip kerja BIM. Mahasiswa juga diharapkan mampu berargumentasi secara rasional dan integrative. |
Deskripsi Mata Kuliah |
Mata kuliah ini mempelajari teori perilaku manusia yang diperkuat melalui pengalaman penghayatan fenomena perilaku manusia berbasis kajian ruang/bangunan/kawasan yang dilakukan secara partisipatory, reflektif, dan observatif. Metode delivery dilakukan dengan cara kuliah, diskusi kelas, dan penugasan individual. |
Deskripsi Mata Kuliah |
Mata Kuliah Infrastruktur Bangunan merupakan mata kuliah dasar yang bersifat wajib pada Prodi Sarjana Arsitektur UII yang ditempuh pada semester 3 dengan memiliki bobot 2 SKS.
Mata kuliah ini akan memberikan pengetahuan menyeluruh mengenai Prinsip-prinsip dasar untuk Sistem Infrastruktur dan Utilitas pada bangunan sederhana hingga yang lebih komplek serta Sistem Keamanan dan Keselamatan Bangunan dan disertai dengan contoh penerapan pada desain. Diharapkan setelah lulus dari mata kuliah ini mahasiswa memahami prinsip dasar , dan nantinya mampu mengembangkan pengetahuan lebih lanjut serta mampu menerapkannya pada mata kuliah Integrasi dan Merancang. Aktivitas pada Mata Kuliah ini terdiri dari 2 macam aktivitas, yaitu Kuliah di kelas dengan pendekatan Student Center Learning berupa Ceramah singkat, Diskusi, Kuis dan Presentasi oleh Mahasiswa, yang bisa diselenggarakan secara daring ataupun luring. Diharapkan dalam satu kelas diikuti oleh 25-30 mahasiswa. Evaluasi berdasarkan CMPK melalu berbagai macam tugas yang sesuai dengan topik, yaitu berupa tugas mandiri ,tugas terstruktur ,kuis , UTS dan UAS. |
Deskripsi Mata Kuliah |
Sistem Struktur dan Bangunan adalah mata kuliah lingkup ilmu teknologi dan kinerja bangunan yang diajarkan di semester III dengan bobot 2 SKS. Mata kuliah ini ditujukan untuk memberikan pemahaman konsep- konsep dasar struktur bangunan gedung yang mempengaruhi pengembangan bentuk dan ruang arsitektural. Mata kuliah ini memberikan pengetahuan menyeluruh tentang sistem struktur bangunan bertingkat rendah hingga tinggi, latar belakang prinsip struktur, serta pemilihan sistem struktur untuk diaplikasikan dalam desain di berbagai kondisi. Pemahaman struktur utama meliputi pemahaman elemen struktur, sistem struktur utama, grid, pola, material, penentuan ukuran elemen struktur, serta pemahaman perilaku sistem struktur menggunakan logika grafis sederhana maupun perangkat lunak. Untuk mengikuti matakuliah ini, mahasiswa perlu memiliki pengetahuan tentang struktur dan bentuk. Matakuliah ini menjadi dasar untuk mendalami teknologi bangunan terpadu. Strategi pembelajaran yang digunakan adalah pemberian pengetahuan yang menyeluruh dilengkapi rule of thumb dan penggunaan perangkat lunak sederhana, sehingga mahasiswa dapat langsung menerapkan pengetahuan dalam contoh kasus sederhana secara individu. Pembelajaran dapat dilaksanakan di kelas maupun daring dengan jumlah mahasiswa 30-40. |
Deskripsi Mata Kuliah |
Mata kuliah ini memperkenalkan akustik yang berhubungan dengan prinsip desain arsitektur. Kuliah dimulai dengan memperkenalkan teori dasar bunyi, menunjukkan bagaimana bunyi bekerja di lingkungan binaan dari berbagai perspektif sumber bunyi, perambatan bunyi, penerima bunyi dan bagaimana hubungannya dengan aspek arsitektural. Setelah itu, mahasiswa diajak untuk mengeksplorasi cara merekayasa kualitas akustik lingkungan arsitektur secara pasif dan secara aktif. Kemudian diakhiri dengan pemahaman mengenai pembangunan berkelanjutan dari aspek akustik terkait dengan kenyamanan akustik, pengembangan material akustik, dan kontrol cerdas akustik. |
Deskripsi Mata Kuliah |
Mata kuliah Islam Rahmatan lil Alamin dengan bobot 2 SKS ini merupakan mata kuliah wajib di Prodi Sarjana Arsitektur yang ditawarkan di Semester 4. Mata kuliah ini dirancang untuk menjadikan mahasiswa memahami sistem nilai dalam arsitektur Islam dalam kaitannya dengan arsitektur, dapat menggunakan pengetahuan tentang peran arsitektur untuk mendukung masyarakat Muslim dalam menghadapi tantangan saat ini (ekonomi, sosial, kultural, environmental) untuk menjadi input bagi rancangan di mata kuliah studio, serta memiliki integritas (kejujuran, moral, etika) dalam menerapkan nilai-nilai arsitektur Islam, khususnya dalam konteks masyarakat Indonesia
Metode pembelajaran adalah active learning dan reflective learning. Active learning menuntut kemandirian mahasiwa dalam belajar serta untuk terlibat secara aktif atau mengalami sendiri proses pembelajaran, yang melibatkan analisis, sintesis, dan evaluasi. Reflective learning menuntut mahasiswa untuk dapat merefleksikan pengetahuan yang diperolehnya untuk menjadi input bagi rancangan di mata kuliah studio. |
Deskripsi Mata Kuliah |
Mata kuliah Design Studio 4 dalam Kurikulum Sarjana Arsitektur diberikan kepada mahasiswa semester 4 dengan bobot 6 sks. Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib / wajib terbatas/pilihan yang ditempuh . Mata Kuliah ini bertujuan untuk mendukung Capaian Pembelajaran Lulusan berupa kemampuan untuk menerjemahkan semangat inovasi desain arsitektur untuk memecahkan masalah melalui pemikiran kritis, kreatif dan estetis berbasis riset desain yang komprehensi desain
Mampu menyajikan hasil desain profesional yang tuntas ditunjukkan dengan ketajaman analisis permasalahan desain, keserbacakupan tinjauan konteks, gagasan konsep fundamental yang kokoh, dan rekayasa teknologi bangunan yang handal dan penyajian yang kompreh Mampu menerapkan karakter kepemimpinan dan keteladanan di masyarakat, membuat keputusan di lingkungan kerjanya serta berinovasi untuk mengembangkan kepeloporan desain arsitektural |
Deskripsi Mata Kuliah |
SYLLABUS CONCEPT
LANDSKAP DAN HUMANOSFER adalah mata kuliah yang memasukkan aspek sosio humanis ke dalam lingkup rekayasa tapak maupun rancang kota. Penyampaian materi dengan metode studio, baik di dalam gedung maupun di luar gedung, menyebabkan dosen/instruktur dan staf harus melakukan implementasi pedagogis yang bersifat simulasi serta pembelajaran berbasis riset dan desain untuk membawa inovasi ke dalam budaya studio desain lanskap dan perkotaan. Metode pembelajaran berbudaya studio ini akan menuntut peningkatan kompetensi, sumberdaya dan informasi yang mencukupi serta perrlengkapan digitial yang memadahi. Studio ini akan mendalami dan menguatkan pembelajaran melalui on off campus, termasuk community engagement untuk penguatan kewirausahaan dan kampus merdeka. |
Deskripsi Mata Kuliah |
Mata kuliah ini berfokus pada pemahaman tentang perkembangan bangunan sebagai produk dari proses sosial, yang dibagi menjadi sejumlah kajian, yakni:
1. Relasi dan proses sosial yang melandasi pembentukan bangunan dari masa ke masa. 2. Pembuatan bangunan, pemanfaatan bangunan dan pemaknaan bangunan berbasis hubungan sosial. 3. Moda produksi bangunan dan konsekuensinya bagi wujud bangunan. 4. Teori, metoda dan teknik merancang dengan melibatkan masyarakat |
Deskripsi Mata Kuliah |
Integrated Building Technology adalah mata kuliah teori tentang aplikasi berbagai sistem bangunan gedung dari sistem sederhana hingga maju secara terpadu. Sistem bangunan difokuskan pada aplikasi keterpaduan sistem struktur, konstruksi, mekanikal, dan elektrikal. Tujuan dari MK ini adalah mendidik mahasiswa untuk memahami bagaimana keterpaduan sistem-sistem tersebut berjalan dalam sebuah gedung yang berkaitan dengan kajian pada efektifitas desain arsitektur, kelestarian lingkungan, dan penerapan teknologi terkini. |
Deskripsi Mata Kuliah |
Mata kuliah Wirausaha Syariah dalam Kurikulum Sarjana Arsitektur diberikan kepada mahasiswa semester 4 dengan bobot 4 sks. Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib / wajib terbatas/pilihan yang ditempuh . Mata Kuliah ini bertujuan untuk mendukung Capaian Pembelajaran Lulusan berupa kemampuan untuk menunjukkan sikap ketakwaan kepada Tuhan yang Maha Esa dengan menjalankan syariatnya dalam kehidupan sehari-hari, profesional dan menjunjung etika profesi dan etika Islam universal. Mampu menunjukkan sikap ketakwaan kepada Tuhan yang Maha Esa dengan menjalankan syariatnya dalam kehidupan sehari-hari, profesional dan menjunjung etika profesi dan etika Islam universal, serta mampu menunjukkan pandangan hidup inklusif, dapat bergaul di masyarakat global dengan tetap mempertahankan identitas keislaman dan keindonesiaan dan independensi profesi. |
TAHUN KETIGA
Deskripsi Mata Kuliah |
Mata kuliah Pancasila dijadwalkan ditempuh oleh mahasiswa pada semester 5 dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib dengan tanpa prasyarat. Mata kuliah ini bertujuan untuk mengembangkan pemahaman, penghayatan, dan penerapan nilai-nilai Pancasila dalam berbagai aspek kehidupan bagi mahasiswa sebagai calon cendekiawan Islam.
Mata kuliah ini disarankan menggunakan metode reflective learning dan contextual learning . Reflective learning adalah proses pembelajaran melalui refleksi, yaitu mahasiswa merefleksikan apa yang telah dipelajarinya dengan pengalaman atau situasi yang pernah/sedang dialami oleh masing-masing mahasiswa. Contextual leaning adalah proses pembelajaran melalui kontekstualisasi apa yang dipelajari dengan persoalan nyata yang terdapat di masyarakat baik secara lokal, nasional, maupun internasional. |
Deskripsi Mata Kuliah |
Design Thinking adalah mata kuliah wajib yang diberikan di semster 5 dengan tujuan mengembangkan kemampuan untuk mengkonsolidasikan pengalaman pembelajaran pada Design Studio 1-4, serta mengembangkan kerangka pemikiran yang melandasi berbagai eksplorasi pada Architectural Design Studio berikutnya.
Mata kuliah ini memperkenalkan ranah metoda desain (Sutanto, 2020), yakni: Seni, Sains, Behavior dan Lingkungan Mata kuliah ini juga memperkenalkan landasan nilai (value-base) yang digunakan untuk menjaring isu-isu dalam perancangan. Kerangka ini berlandakan pada klasifikasi yang disusun Peter Plowright yang meliputi: a) Pattern-based Method, b) Froce-based Method dan c) Concept-based Method, yang diperkaya dengan Digital Thinking dalam Pemikiran Desain. |
Deskripsi Mata Kuliah |
SDA 1 adalah mata kuliah wajib yang harus ditempuh mahasiswa pada semester 5. Persyaratan bisa mengambil mata kuliah SDA 1, mahasiswa harus menyelesaikan portfolio yang merupakan hasil kinerja sebelumnya sampai semester 4. Mata kuliah ini bertujuan untuk memberi bekal kemampuan merancang arsitektur berbasis klien. Pendekatan desain yang diasah adalah kemampuan naratif baik dalam menerjemahkan keinginan dan pandangan klien maupun dalam menerapkannya menjadi strategi desain, serta menerapkan prinsip-prinsip perancangan arsitektur pada bentuk dan ruang yang kreatif. Bekal pengetahuan yang diajarkan adalah perilaku meruang manusia, prinsip arsitektur berkelanjutan, prinsip co-design baik untuk skala mikro maupun mezo. Keterampilan yang dikembangkan adalah komunikasi dengan klien (memahami keinginan klien). Kompleksitas bangunan arsitektur yang dipakai sebagai kasus adalah bangunan dengan tipologi sederhana namun kreatif, menerapkan prinsip desain universal dan diakses oleh semua pengguna.
Pengalaman pembelajaran yang dikembangkan adalah Architectural Design Charrette” yaitu mahasiswa diajak untuk mendesain bersama dengan klien secara intensif untuk menginterogasi narasi mereka. Penggunaan media campuran sangat ditekankan dalam rangka membaca maupun menerjemahkan narasi tersebut ke dalam rancangan arsitektural. |
Deskripsi Mata Kuliah |
Breadth atau dipadankan dengan Adicita (pengayaan, pendalaman) adalah kegiatan belajar mahasiswa secara mandiri (independent study) untuk memperkaya dan mengembangkan fokus berbasis minat mahasiswa (student centred).
Mata kuliah ini bersifat wajib. Mahasiswa dapat mengembangkan pengetahuan dan keterampilan melalui belajar dari program studi sendiri, dari prodi lain di dalam perguruan tinggi sendiri ataupun di perguruan tinggi lain, atau program, atau aktivitas pembelajaran lain. Bentuk pembelajaran dapat berupa kelas yang didesain khusus untuk memperkaya dan mendalami sesuai topik, kelas daring, seminar, konferensi, diskusi, atau aktivitas lain sepanjang telah memenuhi ketentuan yang ditetapkan program studi. |
Deskripsi Mata Kuliah |
Portofolio Sustainable Building Technology (Portofolio Teknologi Bangunan Berkelanjutan) adalah mata kuliah lingkup ilmu teknologi dan kinerja bangunan yang diajarkan di semester V dengan bobot 4 SKS.
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah mengenai keberlanjutan rancangan arsitektur yang menyangkut nilai nilai ekologis, sosial, dan teknis. Mata Kuliah ini mendukung kompetensi lulusan yaitu pengetahuan sains dan teknologi bangunan berbasis kelestarian lingkungan. Tujuan mata kuliah ini adalah memberikan pemahaman bahwa selama proses merancang, pertimbangan teknologi, nilai lingkungan, penerimaan secara sosial dengan kelayakan ekonomis/ teknis dapat saling mengisi untuk mendukung berbagai unsur dalam suatu ruang ekosistem. Portofolio menuntut mahasiswa belajar secara mandiri (independent study) untuk memperdalam fokus minat mahasiswa (student centred) berbasis kegiatan perancangan berbasis kasus (case-based design). Mata kuliah ini bersifat wajib. Kasus dapat berupa kasus nyata (lokasi nyata, klien nyata, atau problem desain yang dirumuskan dalam sayembara). Mahasiswa dapat memperdalam topik perancangan yang diminati melalui kegiatan perancangan, penelitian desain, lokakarya desain, dan beragam kegiatan lapangan yang melibatkan proses perancangan. Kegiatan dapat dirancang oleh program studi sendiri, dari prodi lain di dalam perguruan tinggi sendiri ataupun di perguruaninggi lain, atau program, atau aktivitas perancangan lain. Bentuk kegiatan dapat berupa studio yang didesain khusus untuk mendalami sesuai topik, studio daring, dan aktivitas proyek perancangan sepanjang telah memenuhi ketentuan yang ditetapkan program studi. Durasi studi dihitung ekivalensi sesuai kredit yang disyaratkan. Proyek dapat terdiri dari satu proyek desain komprehensif atau beberapa proyek desain amunapat dirunut kesesuaian dengan topik. Pada proses pengambilan mata kuliah dilakukan pembimbingan oleh dosen pengampu topik, kolokium antar peserta, dan presentasi. Produk akhir perkuliahan ini adalah berupa laporan perancangan yang menunjukkan komprehensifitas solusi topik yang pelajari. Asesmen dilakukan melalui asesmen formatif selama proses pembimbingan dan sumatif melalui presentasi portofolio perancangan sesuai dengan capaian pembelajaran matauliah dan student performance criteria yang disyaratkan. Untuk mengikuti mata kuliah ini mahasiswa perlu memiliki pengetahuan tentang Integrated Building Technologi, Landscape and Urbanism. Matakuliah ini menunjang mata kuliah ADS 2,3 dan 4. Strategi pembelajaran yang digunakan bersifat semi studio yaitu berupa teori dan menyelesaikan tugas studi kasus terkait materi kuliah. Pembelajaran dapat dilaksanakan di kelas maupun daring dengan jumlah mahasiswa 10-15 mahasiswa per kelas. Mata Kuliah ini relevan dengan SPC KAAB nomor 6 (SUSTAINABLE ARCH. & URBANISM), 14 (SUSTAINABLE ARCH. & URBANISM), 18 (ENVIRONMENT CONTROL SYSTEMS), dan 21 (BUILDING MATERIALS AND METHODS) |
Deskripsi Mata Kuliah |
Mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan dijadwalkan ditempuh oleh mahasiswa pada semester 6 dengan bobot 2 sks dan merupakan mata kuliah wajib dengan tanpa prasyarat. Mata kuliah ini bertujuan untuk mengembangkan mengembangkan kemampuan mahasiswa sebagai warga negara dalam hal civic knowledge, civic skills, dan civic dispotitions. . Civic knowledge berkaitan dengan isi atau apa yang seharusnya diketahui oleh warga negara. Civic skills merupakan ketrampilan apa yang seharusnya dimiliki oleh warga negara yang mencakup ketrampilan intelektual dan ketrampilan partisipasi, sedangkan civic dispotitions berkaitan dengan karakter privat dan public dari warga negara yang perlu dipelihara dan ditingkatkan.
Mata kuliah ini disarankan menggunakan metode reflective learning dan contextual learning. Reflective learning adalah proses pembelajaran melalui refleksi, yaitu mahasiswa merefleksikan apa yang telah dipelajarinya dengan pengalaman atau situasi yang pernah/sedang dialami oleh masing-masing mahasiswa. Contextual leaning adalah proses pembelajaran melalui kontekstualisasi apa yang dipelajari dengan persoalan nyata yang terdapat di masyarakat baik secara lokal, nasional, maupun internasional. |
Deskripsi Mata Kuliah |
Studio Desain Arsitektur (SDA) 2 adalah Mata Kuliah Wajib di Program Sarjana Arsitektur dengan Bobot 6 SKS, yang diberikan di Semester 6. SDA 2 adalah mata kuliah berbasis studio, dengan pendekatan independent-directed study, dimana dosen berperan sebagai “coach” dalam proses pembelajaran.
Melalui mata kuliah studio ini mahasiswa diharapkan dapat memahami dan mampu menerapkan cara berpikir komputasional dalam proses perancangan bangunan dan lingkungan binaan. Mahasiswa juga diharapkan mampu melakukan analisis komputasional (computational analisys) melalui desain parametrik dengan menerapkan prinsip kerja BIM (Building Information Modelling), dan menerapkan hasil analisisnya pada perancangan. Serlain itu mahasiswa juga diharapkan mampu mewujudkan gagasan (ideation) penciptaan bentuk-bentuk arsitektural melalui proses pemrograman parametrik (parametric programming), yang diwujudkan dalam model-model 3 dimensi yang siap dikembangkan. Pengayaan proses experiential learning dilakukan menggunakan metode Architectural Hackathon, yakni melakukan proses perancangan arsitektur dengan metode design sprint; dimana mahasiswa secara kolaboratif maupun individual melakukan kompetisi memecahkan persoalan desain dalam waktu yang sangat terbatas. Tujuan penerapan metode ini adalah untuk melatih mahasiswa agar dapat berpikir cepat dalam menghadapi persoalan desain arsitektur, sehingga diperoleh hasil rancangan yang efektif dan efisien. Dalam mata kuliah SDA 2 ini mahasiswa diarahkan untuk belajar Fabrikasi Desain (Design Fabrication) dengan prinsip kerja Desain Parametrik (Parametric Design) dan integrasinya dengan pengetahuan kerekayasaan lain agar dapat dipertanggungjawabkan aspek konstruktabilitasnya. Kompleksitas bangunan yang dijadikan sasaran proyek penugasan adalah bangunan atau kawasan dengan rupa kompleks sebagai respons terhadap kompleksitas persoalan. |
Deskripsi Mata Kuliah |
Portofolio Lingkungan Binaan Inovatif adalah mata kuliah wajib dalam lingkup pemodelan arsitektur dan perkotaan yang diajarkan di semester 6 dengan bobot 4 SKS.
Mata kuliah ini bertujuan untuk menambah pemahaman dan pengalaman mahasiswa dalam proses perancangan dengan memanfaatkan teknologi digital untuk mengatasi berbagai masalah lingkungan binaan, perkotaan, kawasan, dsb. Mata kuliah ini akan mendukung capaian pembelajaran lulusan dalam melakukan inovasi desain arsitektur untuk memecahkan masalah melalui pemikiran kritis dan kreatif berbasis riset desain yang komprehensif. Portofolio menuntut mahasiswa untuk belajar secara mandiri berbasis kasus nyata yang ditemukan di lapangan. Dalam melakukan kegiatan mandiri ini mahasiswa dapat melakukan kegiatan perancangan, penelitian desain, lokakarya desain maupun beragam kegiatan lapangan lain yang melibatkan proses prancangan sepanjang telah memenuhi ketentuan yang ditetapkan program studi. Pada pelaksanaannya, mahasiswa dapat mengembangkan pengetahuan dan keterampilan melalui belajar dari program studi sendiri, dari prodi lain di dalam perguruan tinggi sendiri ataupun di perguruan tinggi lain, atau program, atau aktivitas pembelajaran lain. Durasi pembelajaran dihitung ekuivalensinya sesuai dengan kredit yang disyaratkan. Pada proses pengambilan mata kuliah dilakukan pembimbingan oleh dosen pengampu, modul-modul pembelajaran yang bersifat penyegaran untuk topik terkait site planning dan urban desain, workshop-workshop terkait prinsip dan implementasi teknologi digital dalam perancangan lingkungan binaan serta presentasi hasil/ kolokium antar peserta. Produk akhir perkuliahan yaitu berupa laporan perancangan yang dapat menunjukkan penyelesain topik secara komprehensif. Asesmen dilakukan melalui asesmen formatif selama proses pembimbingan dan sumatif melalui presentasi sesuai dengan capaian pembelajaran mata kuliah dan student performance criteria yang disyaratkan. Mahasiswa diharapkan terlah memiliki pengetahuan tentang Lansekap dan Humanosfer sebelum mengikuti mata kuliah ini. |
Deskripsi Mata Kuliah |
Mata kuliah Adicita Evaluasi Kinerja Bangunan dan Simulasi dalam kurikulum 2020 diberikan kepada mahasiswa semester 6 dengan bobot 4 kredit. Mata kuliah ini merupakan mata kuliah breadth yang termasuk program kampus merdeka, yang ditempuh dengan prasyarat lulus Studio Desain 3. Sebagai program kampus merdeka, mata kuliah ini dapat diekivalensi dengan aktivitas mahasiswa diluar kampus sepanjang dapat dibuktikan mampu mencapai capaian pembelajaran yang dituju dengan memenuhi persyaratan kelengkapan dokumen sesuai mata kuliah, durasi sesuai sks dan lulus asesmen. Asesmen kelulusan mata kuliah dilakukan sesuai SPC. Sebagai mata kuliah Adicita, maka mata kuliah ini dijalankan dengan metode pembelajaran utama lokakarya terkait beberapa bahan kajian Building Performance Evaluation and Simulation, dilanjutkan dengan tahapan pendalaman bahan kajian. Tahap pendalaman dilaksanakan dengan melalui kajian kasus yang dipilih mahasiswa menyesuaikan dengan minat masing-masing mahasiswa dengan dibimbing oleh dosen pada bidangnya.
Mata kuliah Adicita Evaluasi Kinerja Bangunan dan Simulasi ( Breadth – Building Performance Evaluation and Simulation) ini bertujuan untuk membekali mahasiswa mampu melakukan evaluasi keberlanjutan dan asesmen risiko bangunan serta mampu mensimulasikan kinerja bangunan baik pada tahap perancangan desain bangunan maupun tahap operasional bangunan. Mampu mengevaluasi/ mensimulasikan keandalan fungsi bangunan, keandalan lingkungan bangunan, keandalan ekonomi bangunan. Mampu melakukan Building performance simulation (BPS)/ Mampu mensimulasikan kinerja bangunan, Post Occupancy Evaluation (POE), dan Green Building Concept. |
Deskripsi Mata Kuliah |
Mata kuliah ini akan memberikan pengetahuan terkait penelitian bidang arsitektur, bagaimana bersikap kritis terhadap isu-isu arsitektural dan non arsitektural dan memformulasikannya kepada pertanyaan-pertanyaan kritis untuk ditindaklanjuti ke dalam penelitian arsitektur. Selain itu pengetahuan terkait metode penelitian juga akan disampaikan melalui materi yang terkait teori-teori metode penelitian kualitatif dan kuantitatif, prosedur dan teknik pelaksanaannya, serta strategi analisis data yang dapat dilakukan. Dalam pelaksanaannya mahasiswa akan diajak melihat semesta penelitian arsitektur, kemudian mencoba menetapkan permasalahan-permasalahan bidang arsitektur terkini untuk membuat prediksi atas solusi masalah tersebut yang disusun melalui sebuah rencana penelitian yang berkesesuaian. |
TAHUN KEEMPAT
Deskripsi Mata Kuliah |
Architectural Design Studio 3 diselenggarakan pada semester 7 dan ditujukan untuk mendukung pembelajaran kepada mahasiswa agar mampu mendesain bangunan dengan fungsi, struktur dan infrastruktur yang kompleks. Perancangan didekati secara khusus dengan pendekatan performance based design dan berfakus pada aplikasi teknologi maju dengan melibatkan proses pengujian dan evaluasi kinerja bangunan pada aspek kesehatan, kenyamanan dan keselamatan serta kinerja keberlanjutan.
Pembelajaran dilakukan dengan experiential learning berupa Design Technology Expose yang menuntut intensitas ekspose desain secara mendalam dan menunjukkan pula kemampuan evaluasi simulatif menuntut ketuntasan pada kompetensi kinerja bangunan dan skill menggunakan software yang bersesuaian. Dengan studio ini mahasiswa mendapat kemampuan sebagai berikut: 1. Menyusun rancangan proses desain dengan pendekatan performance based design untuk kasus bangunan yang harus desain. 2. Merumuskan permasalahan desain berdasarkan isu konteks lingkungan makro, meso dan keberlanjutan dan merumuskannya ke dalam variabel, parameter dan indikator kinerja bangunan yang ditargetkan dengan obyek bangunan dengan fungsi, struktur dan infrastruktur yang kompleks dan sekaligus merancang cara mengujinya. 3. Mengembangkan alternatif baru rancangan bangunan dalam sitenya sebagai manifestasi penyelesaian masalah kinerja bangunan yang akan di capai dan membuktikannya keberhasilan bangunannya. |
Deskripsi Mata Kuliah |
Mata kuliah ini diselenggarakan di semester 7. Breadth atau dipadankan dengan Adicita (pengayaan, pendalaman) adalah kegiatan belajar mahasiswa secara mandiri (independent study) untuk memperkaya dan mengembangkan fokus berbasis minat mahasiswa (student centred). Mata kuliah ini bersifat wajib.
Pengetahuan yang dikembangkan adalah kemampuan memahami persoalan permukiman dan perkotaan secara luas, perencanaan yang terkait dengan skala mezo tersebut, dan mengembangkan pengetahuan pemodelan berbasis komputasi dan visualisasi data menjadi informasi yang berharga bagi perancangan. Kemampuan pendekatan sistem informasi yaitu mengumpulkan, mengelola dan mendistribusikan data menjadi keterampilan yang dieksplorasi dalam pembelajaran. Mahasiswa juga dikenalkan pada perangkat analisis spasial, Precint Information Modelling untuk menghasilkan luaran informasi yang dapat dimanfaatkan dan dikembangkan pada kawasan permukiman dan perkotaan termasuk di dalamnya adalah pemahaman peraturan bangunan dan kawasan. Pada pelaksanaannya, mahasiswa dapat mengembangkan pengetahuan dan keterampilan melalui belajar dari program studi sendiri, dari prodi lain di dalam perguruan tinggi sendiri ataupun di perguruan tinggi lain, atau program, atau aktivitas pembelajaran lain. Bentuk pembelajaran dapat berupa kelas yang didesain khusus untuk memperkaya dan mendalami sesuai topik, kelas daring, seminar, konferensi, diskusi, atau aktivitas lain sepanjang telah memenuhi ketentuan yang ditetapkan program studi. Durasi studi dihitung ekivalensi sesuai kredit yang disyaratkan. Pada proses pengambilan mata kuliah dilakukan pembimbingan oleh dosen pengampu topik, kolokium antar peserta, dan diskusi refleksi. Produk akhir perkuliahan ini adalah berupa makalah ringkas yang menunjukkan keluasan dan kedalaman topik yang dipelajari, disertai studi kasus yang diangkat oleh mahasiswa, dan sertifikat kegiatan yang telah diikuti. Asesmen dilakukan melalui asesmen formatif selama proses pembimbingan dan sumatif melalui presentasi makalah sesuai dengan capaian pembelajaran mata kuliah dan student performance criteria yang disyaratkan. |
Deskripsi Mata Kuliah |
Mata kuliah PORTFOLIO (on Archi-preneurship) dalam Kurikulum Sarjana Arsitektur diberikan kepada mahasiswa semester 7 dengan bobot 4 sks. Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib / wajib terbatas/pilihan yang ditempuh . Mata Kuliah ini bertujuan untuk mendukung Capaian Pembelajaran Lulusan berupa kemampuan untuk menerapkan karakter kepemimpinan dan keteladanan di masyarakat, membuat keputusan di lingkungan kerjanya serta berinovasi untuk mengembangkan kepeloporan desain arsitektural, serta mampu mempertanggungjawabkan gagasan desain secara kritis dan argumentatif sebagai upaya menciptakan nilai tambah berbasis analisis keberlanjutan dan asesmen risiko. Selain itu juga mampu menguasai prinsip dasar pengintegrasian nilai keislaman pada ranah desain dan arsitektur, menjabarkan dalam konsep yang kuat, menerjemahkan dengan penguasaan sistem teknologi arsitektural yang luas, pemikiran integratif dengan isu dan konteks, dan orientasi desain yang solutif. |
Deskripsi Mata Kuliah |
Final Architecture Design Studio (FADS) yang dalam Bahasa Indonesia adalah Studio Akhir Desain Arsitektur (SADA) dirancang sebagai bagian dari sistem pembelajaran dan sekaligus evaluasi komprehensif kompetensi Sarjana di Kurikulum 2020. SADA bertujuan meningkatkan kompetensi merancang berbasis riset sesuai dengan keunggulan/ excellency yang akan dipilih. Artinya, mahasiswa diharapkan mempunyai keterampilan yang tinggi di ranah perancangan dengan melakukan riset atau kajian yang kuat untuk mematangkan rancangannya, sehingga menghasilkan rancangan yang komprehensif sesuai excellency.
Pada proses pembelajaran mahasiswa akan mengerjakan di studio secara terjadwal dan mandiri dalam kelompok pembimbingan. Dalam 1 kelompok pembimbingan akan terdiri dari 1 dosen sebagai lead supervisor yang disesuaikan dengan pilihan keunggulan mahasiswa dan 2 dosen sebagai co-supervisor dengan bidang keahlian yang berbeda, sehingga diharapkan menghasilkan rancangan yang komprehensif. Mahasiswa SADA memakai format produk akhir yang lazim dalam sebuah perancangan yaitu sebuah “narasi perancangan” – design report – namun bukan seperti format laporan penelitian. SADA juga merupakan proses asesmen akhir yang berbasis perancangan yaitu sebuah pameran dan bukan hanya berhenti pada “pendadaran”. Pendadaran SADA adalah bersifat internal dan merupakan verifikasi dan pembekalan agar pameran dapat optimal ketika dinilai oleh pihak eksternal. SADA juga menerapkan evaluasi dua siklus yaitu evaluasi internal dan evaluasi eksternal oleh juri yang juga mempengaruhi penilaian. SADA adalah asesmen komprehensif maka terdapat evaluasi komprehensif yang sangat menentukan dan membagi 2 tahapan besar proses SADA yaitu “conceptual design stage” atau tahapan pengembangan desain skematik dan “design development stage” atau tahapan pengembangan desain. |
Deskripsi Mata Kuliah |
Mata kuliah Bahasa Indonesia & Architectural Criticism dalam Kurikulum Sarjana Arsitektur diberikan kepada mahasiswa semester 8 dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib / wajib terbatas/pilihan yang ditempuh. Mata Kuliah ini bertujuan untuk mendukung Capaian Pembelajaran Lulusan berupa kemampuan untuk menunjukkan sikap ketakwaan kepada Tuhan yang Maha Esa dengan menjalankan syariatnya dalam kehidupan sehari-hari, profesional dan menjunjung etika profesi dan etika Islam universal, serta mampu menunjukkan pandangan hidup inklusif, dapat bergaul di masyarakat global dengan tetap mempertahankan identitas keislaman dan keindonesiaan dan independensi profesi. |