Kurikulum Program Studi Profesi Arsitek
Kurikulum 2020 Program Studi Profesi Arsitek telah menerapkan kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) (4 + 1)
Semester 9
Deskripsi Mata Kuliah |
Studio Profesional (SP) 01 merupakan mata kuliah utama Prodi Profesi Arsitek UII dalam Kurikulum 2020. Mata kuliah ini berbobot 8 sks yang bersifat wajib bagi mahasiswa semester sepuluh dan berbentuk studio. SP 01 disampaikan melalui block system delivery, yaitu 5 (hari) X 6 (jam) X 12 (minggu) = 360 jam (satu paket blok).
Mata kuliah ini merupakan rangkaian mata kuliah yang membekali keilmuan praktek desain arsitektur bagi mahasiswa calon Arsitek. Secara umum, mata kuliah ini memberikan pembelajaran praktek merancang bangunan pada kasus nyata dengan kualifikasi bangunan beresiko sedang dan kompleksitas fungsi sedang. Mata kuliah ini menitik beratkan pada desain sebagai ketrampilan dasar kepemimpinan praktek profesi arsitek (Design for Architect Profession),secara khusus pada aspek partisipasi dalam desain (participatory design). Mata kuliah ini memberikan kemampuan kepada mahasiswa dalam merancang bersama pihak lain (klien/komunitas/masyarakat/stakeholder) dan menekankan tentang bagaimana peran arsitek di masyarakat dalam mengelola komunikasi dan koloborasi yang efektif dalam merancang,guna mewadahi kepentingan pemilik dan pengguna, dalam wujud rancangan yang memiliki relasi terhadap faktor non arsitektur (sosial/ekonomi/kultural/politik). |
Deskripsi Mata Kuliah |
BIM untuk Praktik Profesi Arsitek (BIM for Professional Architects Practice – BPAP)
Merupakan perkuliahan yang mengkombinasikan metode pembelajaran berbasiskan teori dan Hands-On practice (Experiental learning) dan bersifat wajib. Mata kuliah ini merupakan level lanjutan dari mata kuliah BIM untuk Desain Arsitektur pada semester 2, kemudian dilanjutkan proses integrasinya kedalam mata kuliah studio perancangan dan mata kuliah spesifik lain di semester 3 sampai 8. Sehingga implementasi BIM sebagai suatu metode berbasiskan pengelolaan data menjadi informasi dalam model digital adaptif menjadi kultur yang melekat pada setiap proses perancangan. Mata kuliah ini berbobot 3 SKS, menggunakan sistem blok, berdurasi 6 jam untuk per sesi (hari) , di delivery selama 4 minggu (tiap minggu 5 sesi, tiap minggu 29, 75 jam pelajaran, total 119 jam pelajaran, 14 sesi di studio BIM, ditambah 2 sesi untuk UTS dan UAS) Fokus perkuliahan diarahkan pada proses implementasi BIM sebagai metode untuk menunjang praktek profesional Arsitek, mulai dari persiapan administrasi, infrastruktur, penataan workflow (alur kerja), tim kerja, roles (aturan dan diskripsi pekerjaan), standar dan protokol, validasi data model, hingga manajemen dokumen dalam berbagai fase perancangan. Dengan goal mahasiswa mampu mengimplementasikan BIM pada proses perancangannya di level Full Coordination (BIM Collaboration level 3rd JArsUIIAIS) Note: Level of BIM Collaboration v. JArsUII Architecture Information System |
Deskripsi Mata Kuliah |
Mata kuliah Etika Profesi Arsitek dalam Kurikulum Pendidikan Profesi Arsitek diberikan kepada mahasiswa semester 9 dengan bobot 3 sks. Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib yang ditempuh. Mata Kuliah ini bertujuan untuk mendukung Capaian Pembelajaran Lulusan berupa
pemahaman mengenai etika profesi arsitek,dan hak serta kewajiban seorang arsitek, khususnya dari pedoman asosiasi arsitek indonesia atau IAI, dan untuk memberikan pemahaman mengenai peraturan bangunan serta standar praktek arsitek. |
Deskripsi Mata Kuliah |
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai berbagai bentuk manajemen bisnis arsitektur dan karakter kepemimpinan dan keteladanan dalam mengelola manajemen bisnis arsitektur yang bermartabat.
Pembelajaran dilakukan dengan dominasi active learning melalui penugasan grup kecil untuk mengelaborasi topik yang dibicarakan dengan kasus nyata yang diberikan oleh para pelaku bisnis arsitektur. Pada topik tertentu, penugasan besar dilakukan secara target bertahap dan mahasiswa melalukan belanja pengetahuan melalui presentasi hasil pekerjaan tugas grup lain. |
Mata Kuliah Pilihan
Deskripsi Mata Kuliah |
Breadth atau dipadankan dengan Adicita (pengayaan, pendalaman) adalah kegiatan belajar mahasiswa secara mandiri (independent study) untuk memperkaya dan mengembangkan fokus berbasis minat mahasiswa (student centred).
Mata kuliah ini bersifat pilihan. Mahasiswa dapat mengembangkan pengetahuan dan keterampilan melalui belajar dari program studi sendiri, dari prodi lain di dalam perguruan tinggi sendiri ataupun di perguruan tinggi lain, atau program, atau aktivitas pembelajaran lain. Bentuk pembelajaran dapat berupa kelas yang didesain khusus untuk memperkaya dan mendalami sesuai topik, kelas daring, seminar, konferensi, diskusi, atau aktivitas lain sepanjang telah memenuhi ketentuan yang ditetapkan program studi. Mahasiswa dapat merumuskan permasalahan berdasarkan kasus perancangan arsitektur, menuangkannya dalam sebuah penelitian dan analisis. |
Deskripsi Mata Kuliah |
Mata kuliah pilihan Konservasi Arsitektur ini bertujuan untuk memberikan:
a) pemahaman secara luas tentang berbagai aspek dan disiplin yang terlibat dalam Pelestarian Cagar Budaya khususnya yang berupa Bangunan Cagar Budaya, serta b) pemahaman secara khusus tentang Pelestarain Cagar Budaya melalui Adaptasi Bangunan yang didukung dengan Perancangan Arsitektur. Untuk dapat melakukan Adaptasi Bangunan sebagai intervensi terhadap Bangunan Cagar Budaya dalam upaya Pelestariannya, Mata Kuliah ini mengembangkan pemahaman siklus pelestarian Cagar Budaya yang terdiri atas: (Letellier, 2007) Dalam siklus ini Perancangan Adaptasi Bangunan adalah bagian dari tahap 4 Project Development. |
Deskripsi Mata Kuliah |
Mata kuliah ini memberikan wawasan dan pengetahuan pada mahasiswa mengenai beragam teknologi terkini pada bangunan dan metode pengintegrasiannya. Selain itu mahasiswa diberikan pemahaman mengenai konteks-konteks yang menentukan keefektifan penerapan sebuah teknologi terkini seperti budaya dan tradisi, ekonomi, lokasi dan lingkungan. Dalam mata kuliah ini mahasiswa diberi kebebasan dalam menentukan sistem dan teknologi bangunan maju yang akan didalami serta media pembelajaran yang akan diambil. |
Deskripsi Mata Kuliah |
Tujuan mata kuliah Advance Green Building (AGB) adalah memberikan pembelajaran kepada mahasiswa sehingga:
a. Mahasiswa dapat memperkaya pengetahuannya tentang konsep dan prinsip Green Building dan teknologi pintar sebagai cara pencapaiannya b. Mahasiswa dapat memperkaya pengetahuannya tentang model-model rating untuk evaluasi green building dan mengenal aplikasi model rating pada kasus bangunan pintar yang relevan Pembelajaran dilakukan dengan dominasi pada active learning dengan pendalaman melalui analisis kasus. Konsekuensinya kelas ideal akan terjadi bila jumlah mahasiswa tidak lebih dari 15 sehingga dapat membentuk kerja grup. Field study menjadi bagian yang diharapkan dapat dilakukan untuk menangkap praktik di lapangan |
Deskripsi Mata Kuliah |
Rancang Kota Lanjut bersifat studio in and off campus yang memberikan oportunitas kepada mahasiswa bersama dosen untuk melakukan penyusunan model rancang kota/desa seluas 5 s/d 60 hektar berdasarkan kesiapan data, informasi, dan masyarakat untuk penguatan program kampus merdeka dan menjadi bagian dari kontribusi program studi kepada kepentingan masyarakat dalam konteks pengembangan tata ruang melalui kegiatan pengabdian maupun laboratorium lapangan. Mahasiswa bersama dosen perlu melakukan review kebijakan daerah/lokal, teori, dan preseden tata ruang terkait (sebelum dan ketika) melakukan proses kajian dan penyusunan model masterplan, rancang kota atau desa. Metoda diskusi di dalam dan di luar kampus menjadi andalan dari kegiatan studio ini. Focus Group Discussion (FGD) menjadi metoda pokok untuk melakukan eksplorasi data dan informasi dari dan di masyarakat kawasan studi. Sedangkan musyawarah mufakat (serta pameran) menjadi bagian penting bagi mahasiswa (bersama dosen) untuk melakukan proses rancang kota/desa/kawasan yang terukur (glass box) melalui tahapan laporan pendahuluan, laporan antara dan laporan akhir. |
Deskripsi Mata Kuliah |
Secara umum, mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai dasar-dasar bisnis properti dan manajemen fasilitas, sebagai bagian dari pengembangan wawasan seorang arsitek profesional untuk mengenali peluang bisnis di bidang arsitektur, keteknikan dan konstruksi (AEC business).
Secara lebih khusus, mahasiswa diharapkan dapat memahami kontribusi arsitek bagi masyarakat dalam dunia properti, dan memahami berbagai aspek dalam bisnis properti untuk mencapai desain & bisnis berkelanjutan. Mahasiswa juga diharapkan memahami prinsip kepemimpinan dalam konteks tatakelola sebuah fasilitas, dan memahami prinsip berkolabrasi dalam pengelolaan suatu fasilitas dengan berbagai disiplin terkait. Pembelajaran dilakukan dengan dominasi active learning melalui penugasan grup kecil untuk mengelaborasi topik yang dibicarakan dengan kasus nyata Model pembelajaran berupa blended/campuran, dan Penilaian dilakukan melalui evaluasi laporan-laporan kegiatan sesuai topik bahasan perkuliahan. |
Semester 10
Deskripsi Mata Kuliah |
Studio Profesional (SP) 02 merupakan mata kuliah utama Prodi Profesi Arsitek UII dalam Kurikulum 2020. Mata kuliah ini berbobot 8 sks yang bersifat wajib bagi mahasiswa semester sepuluh dan berbentuk studio. SP 02 disampaikan melalui block system delivery, yaitu 5 (hari) X 6 (jam) X 12 (minggu) = 360 jam (satu paket blok).
Mata kuliah ini merupakan rangkaian mata kuliah yang membekali keilmuan praktek desain arsitektur bagi mahasiswa calon Arsitek. Secara umum, mata kuliah ini memberikan pembelajaran praktek merancang bangunan pada kasus nyata dengan kualifikasi bangunan beresiko sedang dan kompleksitas fungsi sedang. Mata kuliah ini menitik beratkan pada desain sebagai ketrampilan dasar kepemimpinan praktek profesi arsitek (Design for Architect Profession) yang melibatkan multidisiplin dalam tim perencana (Design Leadership in Multidisciplinary Team). Mata kuliah ini memberikan kemampuan kepada mahasiswa untuk dapat membangun gagasan dan merancang bangunan bersama disiplin ilmu enjinering lainnya sehingga menghasilkan desain dengan sistem bangunan yang terintegrasi dengan baik. Hasil rancangan mempertimbangkan Building Code and Building Regulation, kendala site faktual dan biaya yang terbatas dalam norma kewajaran. |
Deskripsi Mata Kuliah |
Mata kuliah Ulil Albab Architect akan ditempuh oleh mahasiswa prodi profesi arsitek pada akhir masa pembelajaran dengan bobot 2 sks dan merupakan mata kuliah wajib dengan tanpa prasyarat. Mata kuliah ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa untuk dapat memahami dan merefleksikan konsep insan ulil albab dan artikulasinya dalam kehidupan beragama, berbangsa dan bernegara secara lebih mendalam, serta mengambil pelajaran dari pemikiran para cendekiawan muslim, keteladanan para tokoh pendiri UII, serta pembangunan pemikiran dan peradaban Islam masa kini dan masa depan.
Metode pembelajaran mata kuliah ini harus menggunakan metode reflective learning dan contextual learning. Reflective learning adalah proses pembelajaran melalui refleksi, yaitu mahasiswa merefleksikan apa yang telah dipelajarinya dengan pengalaman atau situasi yang pernah/sedang dialami oleh masing-masing mahasiswa. Contextual leaning adalah proses pembelajaran melalui kontekstualisasi apa yang dipelajari dengan persoalan nyata yang terdapat di masyarakat baik secara lokal, nasional, maupun internasional. |
Deskripsi Mata Kuliah |
Mata kuliah Design Advocation dalam Kurikulum Pendidikan Profesi Arsitek diberikan kepada mahasiswa semester 10 dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib / wajib terbatas/pilihan yang ditempuh . Mata Kuliah ini bertujuan untuk mendukung Capaian Pembelajaran Lulusan berupa kemampuan untuk menerjemahkan peran kontributif melalui karya arsitektur untuk memajukan masyarakat dalam beradaptasi terhadap perubahan sosial dan isu marginalitas, serta mampu menguasai prinsip kolaborasi antar bidang ilmu dan profesi dalam rangka menghasilkan lingkungan binaan berkuatitas yang mengutamakan keselamatan pengguna, inklusif, berkelanjutan, dan kelestarian alam. |
Deskripsi Mata Kuliah |
Pengelolaan Proyek Terpadu (Integrated Project Delivery – IPD)
Merupakan perkuliahan yang mengkombinasikan metode pembelajaran teori, Hands-On practice dan praktik di lapangan (Experiental learning). Mata kuliah ini bersifat wajib. Mata kuliah ini berbobot 4 SKS, menggunakan sistem blok, berdurasi … jam tiap minggunya. Fokus pembagian pada 2 Minggu pertama untuk teori Project Delivery Methods, 6 minggu berikutnya untuk hand-ons practice BIM for IPD, blended dengan proses observasi dan praktik lapangan di proyek nyata terpilih. Total durasi selama 8 minggu. Fokus perkuliahan diarahkan pada rangkaian integrasi antar stakeholder, sistem struktur dan proses bisnis dalam sebuah platform kerja kolaboratif untuk mengoptimalisasikan hasil proyek, meningkatkan value bagi owner, mengurangi waste, dan memaksimalkan efisiensi sepanjang fase proyek konstruksi yang dimulai dari fase definisi strategis (strategic definition) hingga ke fase serah terima (handover). Dalam IPD, BIM memiliki peran penting sebagai hub dan metode untuk menjamin kualitas data serta proses pertukaran informasi antar stakeholder untuk mencapai tujuan proyek (BIM Collaboration level 4th UIIJARs AIS, Full Integration). Goal dari perkuliahan ini adalah agar mahasiswa memiliki pengetahuan dan pengalaman terkait pengelolaan proyek terpadu, sekaligus membangun sikap kritis (critical thinking) terhadap model project delivery yang sedang diobservasi, dan menuangkannya dalam sebuah naskah akademis. |