Memuji Karya Arsitektur

Architectural Blue Ribbon Award (ABRA) adalah sebuah penghargaan bagi karya-karya mahasiswa arsitektur Universitas Islam Indonesia yang berkonsep otentik, dijabarkan dalam kerja desain yang runtut dan dieksekusi dalam produk desain yang detail. Karya arsitektur yang diapresiasi adalah karya dari semual level pada mata kuliah Studio Perancangan Arsitektur (STUPA) 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7 dan Projek Tugas akhir (PAS) serta Karya Tulis Ilmiah (KTI).
Setiap semester Program Studi Sarjana Arsitektur memberikan penghargaan bagi karya-karya Arsitektur terbaik. Penjaringan kandidat ABRA STUPA dimulai dari karya-karya hebat mahasiswa di masing-masing kelas paralel pada tiap level STUPA. Masing-masing kelas paralel pada tiap level STUPA mengirimkan satu wakil kandidat ABRA yang diilih oleh dosen dan/atau kelas untuk menjalani konstestasi karya arsitektural di levelnya. Waktu penilaian dosen dan/atau kelas untuk ABRA PAS adalah sepanjang masa kuliah dan difinalisasi ketika Ujian akhir Semester (UAS).
Kandidat pemilihan ABRA PAS adalah semua karya mahasiswa Projek Tugas akhir yang berhasil lulus pendadaran dan lolos untuk melakukan pameran PAS. Karya mahasiswa PAS yang dipamekan adalah gambar desain, model terskala, buku perancangan dan poster (APREB-architectural presentation board). Para kandidat ABRA STUPA dan PAS akan menyiapkan presentasi yang mangkus dan sangkil dalam jumlah slide yang terbatas dan harus dipaparkan dalam waktu yang juga ditentukan di hadapan semesta mahasiswa arsitektur UII dan juri eksternal dari kalangan professional.
Pemaparan masing-masing kandidat STUPA dan PAS akan dinilai oleh juri dengan borang penilaian yang meliputi aspek keotentikan, keruntutan proses berpikir desain dan kemampuan eksekusi detail desain yang disempurnakan dalam ketercapaian kriteria kinerja mahasiswa (Student Performance Criteria-SPC) pada masing-masing studio.
Program Studi Sarjana Arsitektur melaksanakan ABRA STUPA dan PAS sejak 2012 dan dilestarikan sampai sekarang sebagai usaha memotivasi mahasiswa, asisten dan dosen arsitektur UII dalam menghasilkan karya terbaik dan suasana pembelajaran yang kondusif, kompetitif dan kolaboratif.
Setiap tahun Program Studi Sarjana Arsitektur memberikan annual theme untuk Studio Perancangan Arsitektur. Tahun ini tema tahunannya adalah Places for Movement. Buku ini memuat karya ABRA STUPA dan PAS tahun ajaran 2018/2019 yang telah melewati proses kurasi oleh tim. Selamat menikmati – menikmati selamat!