Architecture Professional Program

  • PENDAHULUAN

Pendidikan Profesi Arsitek (PPAr) adalah respon terhadap tuntutan global maupun lokal di dunia arsitektur. Di lingkup global, perjanjian yang telah diratifikasi Indonesia seperti AFTA-2000, APEC-2010 dan WTO-2020 telah mensyaratkan peningkatan kompetensi tenaga kerja terdidik yang mampu bersaing secara internasional. Salah satu kriteria dasar yang dipakai oleh International Union of Architects (UIA) bagi seorang arsitek profesional adalah telah menempuh pendidikan 5 tahun. Di tingkat Asean pun telah disepakati adanya kualifikasi Arsitek Asia (“Asean Architect”) yang tertuang dalam “Mutual Recognition Arrangement on Architectural Services” yang mensyaratkan seorang arsitek adalah mereka yang telah menempuh pendidikan formal selama 5 tahun. Di tingkat lokal, Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) telah menetapkan Pendidikan Profesi Arsitektur (1 tahun) sebagai skema pendidikan profesi sebagai kelanjutan dari program Strata 1 (S1) Arsitektur.
Untuk itu, Jurusan Arsitektur Universitas Islam Indonesia merencanakan untuk membuka program pendidikan tersebut. Selebaran ini adalah informasi awal proses pembukaan program sebagai undangan kepada para alumni, sarjana arsitektur dan partner strategis dari dunia konstruksi dapat memanfaatkannya sebagai bagian dari pengembangan karir.
Status Pendidikan
Pendidikan Profesi Arsitektur UII dirancang berdasarkan kurikulum pendidikan yang terintegrasi dengan dunia keprofesian dan sejalan dengan sistem pendidikan arsitektur berstandar internasional. Pada prinsipnya kurikulum merupakan kepanjangan dari kurikulum S1 sehingga secara keseluruhan akan berformat 4+1 (S1 + Profesi). Adapun gelar yang akan diberikan adalah Sarjana Arsitektur (S.Ars) untuk membedakan sarjana S1 yang berdurasi 4 tahun saja yang mendapat gelar Sarjana Teknik (ST). Lebih jauh program ini juga akan dikembangkan menjadi Magister Arsitektur (M.Ars) sehingga para peserta PPAr dapat mempunyai pilihan untuk mengembangkan diri dengan tinggal menambah program pendidikannya hingga level master tanpa mengulangi dari awal. Dalam rencana stratejik Jurusan Arsitektur, pengembangan Magister Arsitektur ini akan dilaksanakan di tahun 2014/2015.
Pada tanggal 11 Mei 2012 telah ditandatangai Nota Kesepakatan Kerjasama antara Ikatan Arsitek Indonesia dan Universitas Islam Indonesia mengenai rencana pembukaan Pendidikan Profesi ini. Dari IAI dihadiri oleh Budi A. Sukada, AA. Grad. Hons. IAI sebagai  Ketua Dewan Care Taker dalam kapasitasnya bertindak mewakili Ketua Umum IAI dan Prof. Dr. Edy Suandi Hamid, Mec, Rektor UII. Dengan demikian pendidikan ini menjadi bagian dari proses mendapatkan Sertifikat Keahlian Arsitek (SKA). Saat ini, PPAr sedang dalam proses perijinan formal dan diharapkan dapat selesai pada pertengahan 2012 sehingga di tahun akademi 2012/2013 telah dapat dibuka secara resmi. Program pendidikan 5 tahun ini akan mewujudkan sistem pendidikan arsitektur Jurusan Arsitektur UII setara dengan sistem pendidikan internasional. Program ini juga diarahkan untuk mendapat Substantial Equivalency (kesetaraan) dari badan akreditasi internasional melalui Korea Architectural Accrediting Board (KAAB) di masa mendatang. Evaluasi awal terhadap proses ini akan dilakukan oleh KAAB terhadap Jurusan Arsitektur UII di bulan Oktober 2012.
Tujuan Pendidikan
Pendidikan Profesi Arsitektur (PPAr), Jurusan Arsitektur Universitas Islam Indonesia, bertujuan menyiapkan calon arsitek profesional yang mampu dan siap (a) melakukan praktek kerja profesional di bidang arsitektur berlandaskan pada kode etik profesi arsitek, (b) mengembangkan kemampuan kinerja perancangan profesional yang ditunjukkan dengan ketajaman analisis permasalahan perancangan, keserbacakupan tinjuan terhadap konteks, trampil dalam olah rancang dan pengetahuan teknologi pendukungnya (c) memadukan seluruh proses perancangan dengan profesi selingkung untuk menghasilkan rancangan lingkungan binaan yang berkualitas.
TUTOR PAKAR DAN PROFESI
Peserta didik PPArs UII akan dibimbing oleh tutor dari dunia profesional dan pakar di bidangnya. Tutor berasal dari Jurusan Arsitektur UII dan IAI Daerah Istimewa Yogyakarta.

  1. Ahmad Saifudin Mutaqi, Ir.  MT. IAI. pakar dan praktisi properti
  2. Arif Budi Sholihah, ST. M.Sc. konservasi bangunan dan perkotaan
  3. Arman Yulianta, Ir. MUP. arsitektur holistik
  4. Barito Adi Buldan RGR, ST. IAI. praktisi
  5. Etik Mufida, Ir. M.Eng. evaluasi bangunan
  6. Handoyotomo, Ir. MSA. praktisi
  7. Hanif Budiman, Ir. MSA. arsitektur lansekap
  8. Hastuti Saptorini, Ir. MA. perumahan
  9. Ilya Fadjar Maharika, Dr.-Ing. IAI. teori arsitektur dan perkotaan
  10. Jarwa Prasetya Sih Handoko, ST. M.Sc. IAI. teknologi bangunan
  11. M. Iftironi, Ir. MLA. lansekap
  12. Munichy Bachron Edrees, Ir. M.Arch. IAI. praktisi, arsitektur Islam
  13. Nensi Golda Yuli, ST. MT. IAI.
  14. Noor Cholis Idham, ST. M.Arch. PhD. teknologi bangunan
  15. Putu Ayu PA, ST. MA. sejarah dan teori arsitektur
  16. Revianto Budi Santoso, Ir. M.Arch. IAI. sejarah dan teori arsitektur
  17. Rini Darmawati, Ir. MT. perilaku dan arsitektur
  18. Sugini, Dr. Ir. MT. IAI. teknologi bangunan
  19. Sumardi, Ir. IAI. praktisi, penatar kode etik IAI
  20. Suparwoko, Ir. MURP. PhD. perencanaan kota dan daerah
  21. Supriyanta, Ir. M.Si. teknologi bangunan
  22. Tony Kunto Wibisono, Ir. praktisi
  23. Wiryono Raharjo, Ir. M.Arch. PhD. urban desain
  24. Wisnu Hendrawan Bayu Aji, ST. MA. praktisi, teknologi bangunan
  25. Rachmad Wondoamiseno, Ir. IAI. praktisi, arsitek senior
  26. Yulianto P Prihatmaji, ST. MT. teknologi material

  • SISTEM PENDIDIKAN

Seperti tercantum dalam kurikulum, pada dasarnya kegiatan pembelajaran di PPArs berlangsung selama 1 tahun dan terbagi dalam 2 semester. Masing-masing semester menempuh mata kuliah Studio Profesional yang menjadi inti pendidikan, mata kuliah teori wajib dan pilihan. Pada Studio Profesional, pembelajaran dilakukan dengan mengerjakan proyek nyata (project/case based learning) dan berkaitan langsung dengan permasalahan teknis perancangan (problem based learning) yang mereplikasi kondisi nyata pelaksanaan proyek perancangan. Pada mata kuliah teori akan diberikan pendalaman dengan dibimbing pakar di bidangnya serta dengan mengintegrasikan materi pendidikan Kode Etik, Strata 1 sampai 6 dari IAI.

  • FASILITAS PENDUKUNG

Selain laboratorium dan fasilitas perkuliahan di Jurusan Arsitektur UII, beberapa fasilitas khusus yang didesain untuk mendukung kegiatan perkuliahan PPArs diantaranya adalah
Studio. Ruang ini dirancang sebagai ruang kerja yang mensimulasikan suasana kerja studio konsultan perencana termasuk dengan melibatkan pihak-pihak terkait seperti klien, pengguna, pemilik proyek ataupun regulator (Pemerintah). Studio dirancang 1 meja untuk 1 peserta didik.
Information Resources Center. Didesain sebagai studio terpadu multi-displin yang melibatkan ahli selingkung (teknik sipil, teknik lingkungan, manajemen konstruksi, properti, kebencanaan) yang dilengkapi dengan dokumen-dokumen referensi yang komprehensif.
PERSYARATAN CALON PESERTA DIDIK
Persyaratan Calon Peserta PPArs diantaranya adalah:
•    Lulusan perguruan tinggi / sarjana minimum S1 (144 sks) di bidang arsitektur / teknik arsitektur dari perguruan tinggi dalam negeri minimal terakreditasi B. Lulusan perguruan luar negeri dimungkinkan dengan ketentuan khusus yang setara.
•    Lulus Ujian Saringan yang terdiri kemampuan merancang (design skill), pengetahuan pendukung (knowledge), Bahasa Inggris dan wawancara.
•    Diprioritaskan yang telah bekerja minimal selama 1 tahun yang dibuktikan dengan menyertakan portofolio selama 1 tahun (kuliah magang dapat diperhitungkan).

  • PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN DAN PENDAFTARAN

Kegiatan pendidikan akan dilaksanakan pada setiap hari Senin s.d. Jumat dari pukul 08.00 sampai dengan 19.00 WIB. Ke depan akan disediakan studio yang dapat diakses selama 24 jam untuk memberikan keleluasaan kepada peserta didik. Pendidikan akan berlangsung di Gedung Moh. Natsir Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan UII.
Proses pendaftaran akan dilaksanakan mulai Juli 2012 dan kegiatan pendidikan akan dimulai September 2012 (tentatif).
Peserta angkatan perdana akan dibatasi kurang lebih 10 peserta dan tersedia beasiswa bagi mereka yang mempunyai prestasi. Untuk informasi dan pre-booking dapat menghubungi sekretariat Pendidikan Profesi Arsitek.

INFORMASI LANJUT
Sekretariat Pendidikan Profesi Arsitek
Gedung Moh. Natsir Kampus Terpadu UII
Jl. Kaliurang Km. 14.5 Sleman Yogyakarta 55584
Telp.     : 0274 898444 ekstensi 3238
Fax.     : 0274-895330
Email     : [email protected]
Web    : www.architecture.uii.ac.id
Contact Person: Sri Rejeki. S.Pd.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *