Seminar Nasional Magister Arsitektur UII bertajuk “Riset untuk Inovasi Praktik Arsitektur” yang dihelat pada hari Kamis, 23 Februari 2017 diikuti oleh banyak peserta dari kalangan akademisi dan praktisi di bidang arsitektur dari berbagai daerah di Indonesia. Acara Seminar dibuka oleh Plt. Rektor Universitas Islam Indonesia, Ilya Fadjar Maharika, dilanjutkan dengan 2 sesi seminar.

Suasana Seminar Nasional Magister Arsitektur UII di auditorium Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Islam Indonesia.

Seminar sesi pertama dimoderatori oleh Suparwoko (Ketua Prodi Magister Arsitektur UII) dengan dua pembicara tamu yaitu Ahmad Djuhara (Ketua Umum IAI Nasional) menyampaikan tentang Kebutuhan Profesi dan Persaingan Arsitek ASEAN dilanjutkan dengan pemaparan dari A. Adib Abadi (Ketua APTARI) tentang Pendidikan Magister Arsitektur: Antara Kurikulum dan Pasar. Sesi pertama diakhiri dengan sesi tanya jawab dan penyerahan kenang-kenangan kepada para pembicara.

Di sesi kedua, seminar dimoderatori oleh Arif Budi Sholihah (Sekretaris Prodi Magister Arsitektur UII) dengan tiga pembicara yang merupakan dosen Magister Arsitektur UII. Ilya Fajar Maharika mengawali pemaparan sesi dua dengan topik ‘Kesenjangan dan Topik dalam Riset Desain Arsitektur’ disambung oleh Sugini yang berbicara tentang Metode Riset Desain Arsitektur’, dan kemudian dilanjutkan oleh Yulianto Purwono Prihatmaji dengan penyampaian tentang Kebutuhan Co-Design dalam Advokasi Arsitektur. Setelah sesi tanya jawab dan penyerahan kenang-kenangan, sesi dua dipungkasi dengan foto bersama.

Kiri ke Kanan: Noor Cholis Idham, PhD. IAI (Ketua Prodi S1 Arsitektur UII); Ir. Suparwoko, MURP. PhD. IAI. (Ketua Prodi Magister Arsitektur UII); Dr.-Ing Wdodo, M.Sc. (Dekan FTSP UII); Ir. Munichy B. Edrees, M.Arch. IAI. AA (Ketua Kehormatan IAI Pusat); Ahmad Djuhara, IAI. (Ketua Umum IAI Pusat); Dr. A. Adib Abadi, M.Sc. (Ketua APTARI); Dr.-Ing Ilya F. Maharika, MA. IAI (Plt. Rektor UII); A. Saifudin Mutaqi, IAI. AA. (Ketua Prodi PPAr UII); Sumadi, IAI. (Anggota IAI)

Peserta Seminar besama para Pembicara Seminar

Seminar ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Ketua Kehormatan IAI pusat, Munichy B. Edrees. Setelah penutupan seminar dan sesi foto bersama, peserta dipandu para asisten dan panitia berkunjung ke pameran karya dosen dan mahasiswa arsitektur UII, bazar buku karya dosen dan mahasiswa arsitektur UII, dan booth pendaftaran mahasiswa baru Magister Arsitektur UII yang menawarkan cash back 2,5 juta rupiah bagi para pendaftar.

Print Friendly, PDF & Email