Dalam rangka merayakan puncak 30 tahun Jurusan Arsitektur UII dan diraihnya Akreditasi Internasional melalui Korea Architectural Accrediting Board (KAAB), pada 9 November 2017 diselenggarakan Konferensi Internasional yang bertajuk “Re-Charting the Knowledge of Architecture”. Acara ini ditujukan untuk menunjukkan bukti sumbangsih kongkrit Jurusan Arsitektur UII terhadap usaha kemajuan dunia pendidikan arsitektur khususnya di Indonesia. Tantangan globalisasi di satu sisi dan ciri khas budaya yang unik di sisi lain telah menempatkan pendidikan arsitektur bersikap harus sesuai dengan kemajuan teknologi dan pengguna serta lingkungan yang khas secara bersamaan. Aspek teknis dan sosial pada pendidikan arsitektur ini telah menjadikan belajar arsitektur juga menjadi sangat unik dan menarik.

Dalam usaha mencari gagasan-gagasan yang menarik tersebut, lima pembicara utama dari lima negara dihadirkan dalam Konferensi ini, yaitu: Prof. Junshuk Lee, AIA, KIA pengajar Myong-Ji Korea, sekaligus praktisi yang juga sebagai member KAAB; Prof. Dr-Ing. Marcus Hackel pengajar Wismar University Jerman; Prof. Johanes Widodo, Ph.D pengajar National University of Singapore; Prof. Yandi A. Yatmo, Ph.D, IAI pengajar Universitas Indonesia; Prof.Dr. Ibrahim Numan pengajar Fatih Sultan Mehmet University Istanbul Turkey; dan Dr-Ing. Ilya F. Maharika, IAI pengajar Universitas Islam Indonesia. Konferensi ini juga mendapat respon positif dari berbagai pihak termasuk para peneliti di bidang arsitektur dari seleuruh penjuru dunia. Setelah melalui proses call for paper yang dilanjutkan dengan proses review, terhitung sebanyak 35 judul paper dinyatakan diterima dan dipresentasikan pada sesi paralel. Konferensi ini juga dihadiri oleh lebih dari 100 observer dari pelbagai kalangan termasuk dosen dan mahasiswa S1, S2 dan S3 dari dalam maupun luar negeri.

Konferensi dibuka oleh Wakil Rektor I Dr-Ing. Ilya Fadjar Maharika, IAI sekaligus pemotongan tumpeng sebagai puncak perayaan 30 tahun Jurusan Arsitektur UII dan juga sebagai tanda syukur atas diraihnya status terakreditasi secara internasional. Gelar karya mahasiswa juga digelar untuk meramaikan acara ini. Noor Cholis Idham Ph.D, IAI selaku Ketua Jurusan Arsitektur UII menyampaikan bahwa Jurusan Arsitektur UII kini sebagai salah satu dari sedikit jurusan arsitektur yang diakui kualitasnya secara internasional untuk pendidikan sarjana dan profesi sekaligus, yang hingga kini masih sangat langka ditemukan di Indonesia. Kualitas pendidikan dan riset akan terus dikembangkan bukan hanya pada standarisasi akreditasi namun juga pada kualitas perkuliahan yang selalu up to date. Berbagai kolaborasi internasional juga telah banyak dilakukan dan akan terus berkembang.

Print Friendly, PDF & Email