Portfolio Week Dan Pemenang Karya Terbaik Tugas Akhir Periode Semester Ganjil 2011/2012

Sejumlah karya Tugas Akhir dipamerkan di dalam Portfolio Week yang berlangsung sejak tanggal 27 Januari 2012 di selasar Perpustakaan FTSP. Karya-karya tersebut adalah karya yang direkomendasikan oleh para dosen pembimbing Tugas Akhir Periode Semester Ganjil 2011/2012. Rekomendasi tersebut tentunya didasarkan atas penilaian dosen pembimbing atas proses dan produk perancangan yang juga meliputi aspek substansi maupun teknis dari karya-karya yang telah diuji di dalam Evaluasi Akhir (Pendadaran) yang diselenggarakan sepekan sebelumnya. Kriteria penting untuk dapat dinominasikan adalah bahwa karya tersebut selalu LULUS di dalam setiap tahapan Tugas Akhir, mulai dari Evaluasi Proposal Final, Evaluasi Antara hingga Evaluasi Akhir. 

Pada hari Jumat, tanggal 27 Januari 2012, telah hadir memenuhi undangan Panitia TA dua orang Juri dari kalangan arsitek profesional, yaituBapak Ir. RA. Wondo Amiseno, IAI dan Bapak Ir. Adishakti, IAI. Kedua juri tersebut memberikan penilaian terhadap nominasi-nominasi yang dipamerkan. Disebut PUNT (Pin Up No Talk) karena di dalam penjurian ini para Juri menilai berdasarkan APREB (Architectural Presentation Board) semata dari setiap karya, tanpa didampingi penjelasan verbal apapun dari si pemilik karya.

Kemudian, setelah penilaian berlangsung selama kurang lebih dua jam, para juri menyampaikan pilihannya masing-masing. Dan berdasarkan hasil penilaian para Juri Portfolio Week tersebut, Jurusan Arsitektur memutuskan Pemenang Karya Terbaik Tugas Akhir Periode Semester Ganjil 2011/2012 adalah:

Pemenang 1.    Wiryadi Sabdatama – Kampung Algae  (Centre for Socius Design, Pembimbing: Dr. Ing. Ilya F. Maharika, IAI)

Pemenang 2.    Helmi Aziz R – Redesign Lempuyangan Station (Centre for Green Urban Studies , Pembimbing: Ir. H. Fajrianto, MT)

Setiap pemenang akan mendapatkan sertifikat Karya Terbaik Tugas Akhir serta masing-masing hadiah uang tunai senilai satu juta rupiah dari Jurusan. Sertifikat dan hadiah tersebut akan disampaikan pada Malam Pelepasan Wisudawan/wati Arsitektur  bulan Maret mendatang.

Informasi lainnya, karya Pemenang 1, yaitu Kampung Algae juga termasuk di dalam salah satu entri di dalam sayembara desain ‘the 2011 International Algae Competition’ yang bisa dilihat di http://www.algaecompetition.com/x1181/ 

Selamat kepada para pemenang. Semoga karya-karya yang dipamerkan di dalam Portfolio Week dapat menjadi inspirasi bagi para calon peserta TA khususnya serta para mahasiswa Arsitektur UII umumnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply