Jurusan Arsitektur berhasil menyelenggarakan pembekalan bagi mahasiswa maupun alumni yang dinyatakan lolos menjadi asisten semester Genap 2017-2018. Pembekalan diikuti oleh kurang lebih 45 asisten baik asisten dosen/ asisten mata kuliah dan asisten studio 24 jam pada hari Jum’at, 23 Februari 2018 jam 13.00-15.00 WIB di Ruang Sidang Eksekutif Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Islam Indonesia.

Pembekalan asisten bertujuan untuk mempersiapkan asisten yang mulai menjalankan tugas pada hari senin, 26 Februari 2018. Pada pembekalan ini, Ketua Program Studi Arsitektur yaitu bp Noor Cholis Idham, ST.,M.Arch., Ph.D, IAI dan Koordinator Laboratorium Arsitektur yaitu Bp. Ir. Muhammad Iftironi, MLA memberikan pengarahan terkait hak dan kewajiban menjadi seorang asisten di Prodi Arsitektur yang sudah terakreditasi Internasional (KAAB). Asisten Dosen berkedudukan sebagai seorang staf akademik yang tidak hanya bertugas membantu membimbing mahasiswa dalam mengerjakan tugas, tetapi juga berperan manjadi “jembatan” antara dosen dan mahasiswa. Asisten memiliki hak untuk dapat menggunakan sarana dan prasarana yang ada di Jurusan Arsitektur FTSP UII.¬†Asisten Dosen baik Asisten Reguler dan Asisten International Class (IC) memiliki peran penting dalam kegiatan akademik sehingga dituntut memiliki kedisplinan, tanggung jawab, dan peduli terhadap mahasiswa.

Sedangkan terkait peran asisten Studio 24 Jam, Asisten Studio 24 Jam memiliki perbedaan tugas dan peran dengan asisten dosen/ asisten mata kuliah karena asisten studio 24 jam memiliki tugas untuk menjaga ketertiban aktivitas di dalam laboratorium dan keamanan fasilitas yang ada di dalam laboratorium baik Lab. Teknologi Bangunan, Lab. Arsitektur Digital dan Lab. Perancangan. Asisten Studio 24 jam juga dituntut untuk bisa merawat peralatan-peralatan lab dan mengoperasikan peralatan-peralatan laboratorium yang ada di Jurusan Arsitektur UII.

Pembekalan asisten ini diharapkan semua asisten baik asisten dosen dan asisten studio 24 dapat menjalankan tugas dan amanah yang sudah diberikan dengan baik. Dengan pembekalan ini juga diharapkan kegiatan belajar mengajar maupun kegiatan pelayanan laboratorium di lingkungan Jurusan Arsitektur FTSP UII dapat berjalan dengan lancar.

Print Friendly, PDF & Email