Sesuai dengan visi prodi Arsitektur UII, mewujudkan Program Studi Arsitektur UII sebagai institusi yang memiliki komitmen untuk menciptakan lingkungan binaan yang tanggap terhadap pemberdayaan masyarakat dan pelestarian fungsi lingkungan, melalui kegiatan pendidikan arsitektur yang mempunyai tradisi perancangan yang koheren untuk kepentingan pengguna dan lingkungan, inovatif, pada hari yang cerah Sabtu – Minggu 4 – 5 Jumadil-Awwal 1437 H / 13 – 14 Februari 2016 Dr. Yulianto P. Prihatmaji, ST., MT. membawa mahasiswa bimbingannya ke desa mitra program pengabdian masyarakat yakni kawasan kebun teh dusun Nglinggo Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo.

Disamping kegiatan ini menjembatani mahasiswa sebagai insane peneliti juga pengabdi masyarakat, bermanfaat juga bisa bertemu dengan pemuda dan tokoh masyarakat setempat mendengarkan aspirasi mereka, dan berusaha memberikan solusi di masyarakat. Disamping juga memperkenalkan mahasiswa secara langsung situasi masyarakat yang sebenarnya sehingga kelak bisa dengan mudah beradaptasi di lingkungan masyarakat secara nyata. Yulianto P. Prihatmaji memberikan satu metoda pembelajaran di lapangan dengan istilah ATM yakni Amati-Tiru-Modifikasi, artinya dalam menghadapi permasalahan tahap awal adalah diamati dengan disiplin ilmu sebagai pe-research, selanjutnya mencari referensi permasalahan yang ada dan solusinya, ditiru metodanya namun harus dimodifikasi sesuai kearifan permasalahan yang ada.

Tidak lupa kegiatan ini dilengkapi dengan menikmati hamparan hijau nan sejuk di kawasan kebun teh dusun Nglinggo Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo dengan dilatarbelakangi bentangan empat  gunung Merapi, Merbabu, Sindoro dan Sumbing plus gunung Andong, di tengah view tersaput kabut tipis siluet stupa, candi Borobudur. Tidaklah lengkap rombongan bersama Tim 4×4 Off-Road menikmati selama 3.5 jam menikmati menembus hutan, menggerus bebatuan dan menikmati hutan pinus di perbatasan Kulonprogo dan Purworejo, menenggak segarnya air terjun dan  diakhiri doa bersama, bagi mahasiswa peserta kuliah lapangan sekiranya semester ini menapaki karir belajar yang gilang gemilang. Kegiatan ini diacungi jempol oleh mahasiswa peserta program antara lain Gustafian Dewantara, Pungky Hernawan, Wazid Kautsar, Yushna Septian A, Lu’luil Ma’nun, Aisha Amrullah, Fernaldi Saputra, Palidya Hartinah, Muhammad Wildan, Avik Rusyda Kepik, Edi Jaka Saputra Pasaribu, Nida Fauziyah W, mereka ini adalah mahasiswa-mahasiswa bimbingan dosen prodi Arsitektur UII Dr. Yulianto P. Prihatmaji, ST., MT.
Harapan terbesar dari Yulianto P. Prihatmaji, seperti misi prodi Arsitektur UII, yakni terwujudnya sarjana arsitektur yang memiliki komitmen untuk menciptakan lingkungan binaan yang tanggap terhadap kaum dhuafa dan bersifat berkelanjutan, sekaligus menyiapkan sarjana arsitektur yang memiliki keunggulan spesifik melalui proses akademik berbasis budaya studio yang mengintegrasikan nilai ahlak berupa sensitifitas terhadap pengguna dan lingkungannya, keberanian berinovasi dalam segala medan dan mendedikasikan diri untuk mengejar kesempurnaan karya melalui pengembangan proses merancang yang cermat, berbasis kajian yang mendalam dan menyajikannya dengan kualitas yang tinggi. Amiin.

 

 

 

 

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *