ArchitectTalk Series#5 : “Regionalism Spirit in Global Era”

Jurusan Arsitektur UII bekerjasama dengan Ikatan Arsitektur Indonesia DIY (IAI DIY) menyelenggarakan ArchitectTalk series yang kelima pada Selasa, 02 Oktober 2018. ArchitectTalk kali menghadirkan Andra Matin, seorang arsitek Indonesia yang sudah mendapatkan banyak penghargaan.

ArchitecTalk series #5 ini dibagi menjadi 2 sesi, dimana sesi pertama dikemas sebagai kuliah umum. Untuk kuliah umum disambut dengan antusias oleh mahasiswa dan praktisi arsitektur Yogyakarta. Kuliah umum ini diselenggarakan di Auditorium Prof. Dr. Abdulkahar Mudzakkir Universitas Islam Indonesia dengan tema “Regionalism Spirit in Global Area”.

Pembangunan bandara Blimbingsari di Banyuwangi menjadi topik perbincangan pada Architectalk series#5. Topik tersebut diangkat karena konsep pembangunannya yang diterapkan modern dan tidak meninggalkan nilai lokal. Beliau mengatakan bahwa bandara Banyuwangi merupakan bandara yang akan dibangun seperti resort, sehingga penggunaan AC dapat diperkecil dan memanfaatkan sirkulasi udara maksimal. Desain atap dikombinasikan dengan rumput dan kayu lilin dapat meningkatkan nilai arstitekturnya.

Ia mengatakan bahwa suasana bandara yang tidak terlalu sibuk akan memberikan suasana yang rileks bagi pengunjung dengan penambahan interior taman dan kolam di dalamnya. Kearifan lokal sangat di utamakan dalam pembangunan bandara ini.

Untuk sesi kedua, dikemas sebagai talkshow dengan tema “Bincang Arsitek”. Talkshow di selenggarakan di Auditorium FTSP Universitas Islam Indonesia. Pada sesi kali ini, dikhususkan untuk anggota Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) dan mahasiswa Program Profesi Arsitek (PPAR).

Video kuliah umum dapat di lihat di youtube Department of Architecture, Universitas Islam Indonesia. Atau ArchiteckTalk Series #5.