“Research is vital to architectural practice” (Peter Raisbeck, Univ. of Melbourne)

“All the practices interviewed considered ‘research’ to be intrinsic part to architectural practice” (RIBA-UK)

Dalam dunia praktek arsitektural kini semakin disadari pentingnya riset dan bahkan para arsitek telah menjadikannya sebagai bagian melekat dalam proses mendesain itu sendiri. Berbagai penelitian baik berkaitan dengan bagaimana sebuah bangunan akan berfungsi dan berkinerja semakin hari semakin dibutuhkan dan dilakukan. Beberapa bidang kajian seperti environmental sustainability, efisiensi energi, analisis preseden karya arsitektur serta kajian tentang material, produk building appliances, serta teknik konstruksi terus dilakukan oleh para arsitek profesional. Beberapa riset sebelum mendesain bahkan juga dilakukan dalam beberapa kajian yang berkait dengan tinjauan teori, perilaku pengguna, kebijakan pemerintah, hingga kajian yang lebih bernilai filosofi.

Seminar ini akan membingkai bagaimana peran riset dapat mewarnai proses mendesain dan tentunya semakin mengakselerasi kualitas desain arsitektural terutama di Indonesia. Peran arsitek yang mampu memiliki kemampuan riset juga semakin banyak dibutuhkan di pasar global. Firma arsitektur ternama semakin banyak yang mempekerjakan atau bekerjasama dengan para lulusan master in architecture atau bahkan Ph.D in architecture untuk berkolaborasi dalam riset desain. Seminar ini juga akan membedah paradigma riset arsitektur, berikut metode dan teknik pelaksanaannya.

Selain itu, seminar ini juga akan membedah pentingnya peran arsitek sebagai mitra komunitas yang dalam konteks Indonesia sangat dibutuhkan. Peran besar kepada komunitas marginal, dhuafa, difabel, dan sebagainya dalam meningkatkan kualitas lingkungan binaan menjadi tantangan besar ke depan. Indonesia dengan keragaman budaya berarsitektur dapat menjadi bagian dari solusi untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat kita ke depan.

Dalam seminar ini, 2 pembicara tamu dan 3 pembicara dosen Magister Arsitektur UII akan memberikan pemaparan tentang beberapa topik berbeda yang berhubungan dengan peran riset dalam inovasi arsitektur dengan rincian sebagai berikut:

Sesi 1

Pembicara Topik
Ir. Ahmad Djuhara, IAI (Ketua Umum IAI Nasional) Kebutuhan Profesi dan Persaingan Arsitek ASEAN
Dr. A Adib Abadi, M.Sc. (Ketua APTARI) Pendidikan Magister Arsitektur: Antara Kurikulum dan Pasar

Sesi 2

Pembicara Topik
Dr-Ing Ir. Ilya Fajar Maharika, MA. IAI Kesenjangan dan Topik dalam Riset Desain Arsitektur
Dr. Ir. Sugini, MT.IAI Metode Riset Desain Arsitektur
Dr. Yulianto Purwono Prihatmaji, ST, MT, IAI Kebutuhan Co-Design dalam Advokasi Arsitektur

 

Seminar Nasional MArs akan diselenggarakan pada hari Kamis tanggal 23 Februari 2017 mulai dari jam 07:30 – 12:00 WIB bertempat di Auditorium lantai 3 Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Gedung M. Natsir, Kampus Terpadu UII, Jl. Kaliurang KM 14.5 Ngaglik, Sleman, Yogyakarta. Seminar ini gratis, terbuka untuk umum dengan fasilitas KUM nilai 4 (untuk anggota IAI DIY), sertifikat, seminar kit, dan makan siang. Sebagai pendamping seminar, pameran karya penelitian dosen juga akan digelar bersamaan dengan stand pendaftaran Magister Arsitektur UII yang melayani booking seat dengan penawaran khusus.

Pendaftaran seminar dibuka s/d 17 Februari 2017.

Link download materi seminar:

https://drive.google.com/open?id=0BwpAnnPlSB_cRmRIQmh4QVNNdE0

Link download pamflet seminar:

https://drive.google.com/file/d/0BwpAnnPlSB_cX1FWQnRBQW9QWUU/view?usp=sharing

Untuk info lebih lanjut tentang MArs kunjungi link berikut:

http://architecture.uii.ac.id/mars/

Print Friendly, PDF & Email