Program Studi  Jurusan Arsitektur menyelenggarakan pembekalan asisten mata kuliah Prinsip Struktur Bangunan (PSB) semester Genap 2017-2018 pada hari Jum’at tanggl 9 Maret 2018 pukul 13.00-15.00 WIB di Laboratorium Teknologi Bangunan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Islam Indonesia. Pembekalan asisten ini dilakukan oleh  koordinator  mata kuliah Prinsip Struktur Bangunan (PSB) Ir.Etik Mufida,M.Eng dan diikuti oleh 8 orang Asisten dosen mata kuliah Prinsip Struktur Bangunan (PSB). Pembekalan Asisten ini diharapkan agar  asisten Mata Kuliah Prinsip Struktur Bangunan (PSB) dapat mengetahui sasaran dan tujuan dari pembelajaran mata kuliah ini sehingga dapat membantu dosen pengampu memberikan arahan kepada mahasiswa mata kuliah Prinsip Struktur Bangunan (PSB).

            Mata Kuliah Prinsip Struktur Bangunan(PSB) ditujukan untuk memberikan pemahaman prinsip prinsip dan konsep dasar struktur yang akan dipergunakan untuk mata kuliah struktur berikutnya.  Mata kuliah Prinsip Struktur Bangunan(PSB) ini mencakup pengetahuan tentang statika dan perilaku elemen elemen struktur dan kekuatan material. Topik bahasan meliputi konsep konsep dasar tentang  gaya dan moment, beban dan efeknya terhadap elemen atau sistem struktur yang berada dalam keseimbangan, perilaku material, dan sifat geometri penampang elemen-elemen struktur. Pemahaman intuitiv terhadap konsep-konsep akan didorong melalui kegiatan demonstrasi di kelas dan laboratorium. Selain itu, pembelajaran juga dilakukan  dengan melatih kemampuan analisis logis mahasiswa yang dikembangkan melalui tugas mingguan dan review di kelas. Sebagai pedoman umum merancang  struktur bagi arsitek  “rul of thumbb” perancangan awal struktur mencakup pemilihan, konfigurasi dan perkiraan dimensi dan geometri diberikan sebagai penutup penutup perkuliahan.

        Prinsip Struktur bangunan memiliki posisi yang strategis dalam kurikulum sebagai dasar pengetahuan sains dan teknologi serta bangunan yang berbasis kelestarian lingkungan untuk mendukung kompetensi lulusan memiliki pengetahuan prinsip  struktur bangunan untuk menghasilkan bangunan yang  berkualitas. Mata kuliah ini mendukung pencapaian Student Performance Criteria KAAB nomer 19 ( Principles of Building of Structural Engineering) dan (Structural System).

Print Friendly, PDF & Email