Faculty of Civil Engineering and Planning (FCEP) established on October 12th, 1964, with single program of Civil Engineering. By 1987, Architecture Department was initially opened and followed by Environmental Engineering Department in 1999. FCEP has currently more than 5,400 alumni spread through to the country and abroad.

 

PERKEMBANGAN

Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) didirikan dengan nama Fakultas Teknik Sipil pada tahun tanggal 12 Oktober 1964, dengan satu program studi yakni Teknik Sipil. Pada tahun 1985 Fakultas ini digabungkan dengan Fakultas Teknologi Industri dan Teknologi Tekstil menjadi Fakultas Teknik. Pada tahun 1987 program studi Arsitektur dibuka diikuti Program Studi Teknik Lingkungan pada tahun 1999. Pada tahun 1993 program studi Teknologi Industri dan Tekstil dikembangkan menjadi Fakultas Teknologi Industri sedangan Fakultas Teknik menjadi Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan. Dengan tiga program studi tersebut saat ini FTSP telah meluluskan lebih dari 5.400 alumni di berbagai penjuru tanah air dan mancanegara.


LANDASAN 

Visi Universitas Islam Indonesia : Terwujudnya Universitas Islam Indonesia sebagai : Rahmatan lil’alamin, memiliki komitmen pada kesempurnaan (keunggulan), risalah Islamiyah di bidang pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat dan dakwah Islamiyah (pasal 7 ayat 1 statuta UII 2005)  

Misi Universitas Islam Indonesia : Menegakkan wahyu Ilahi dan sunnah Nabi sebagai sumber kebenaran abadi yang membawa rahmat bagi alam semesta melalui pengembangan dan penyebaran ilmu, teknologi, budaya dan seni yang berjiwa Islam, dalam rangka membentuk cendekiawan muslim dan pemimpin bangsa yang bertaqwa dan berakhlaq mulia, yang mempunyai keunggulan dalam keilmuan ke-islaman, kepemimpinan, keahlian profesional dan kemandirian, berilmu amaliah dan beramal ilmiah (pasal 7 ayat 2 Statuta UII 2005)

VISI FTSP : Mampu bersaing di arena nasional dan internasional dalam kerangka keislaman, keilmuan dan ke indonesiaan.

MISI FTSP:

1.Memberikan bekal pemahaman, penghayatan dan pengamalan ajaran Islam sehingga menjadi insan yang berakhlaq mulia.

2.Menyelenggarakan proses pendidikan dan pengajaran yang mampu memberikan bekal ilmu pengetahuan dan teknologi secara handal kepada lulusannya.

3.Menghidupkan tradisi pengembangan iptek  serta menyebarluaskan untuk kepentingan/kesejahteraan masyarakat.

4.Memberikan pengetahuan sehingga lulusannya mampu menyesuaikan/mengaplikasikan ilmunya pada perkembangan kehidupan di masyarakat.

TUJUAN FAKULTAS

a.Membangun FTSP yang handal, sehingga menyelenggarakan proses pendidikan dan pengajaran secara baik. b.Membentuk FTSP yang mampu mengembangkan dan mengaplikasikan IPTEK untuk kesejahteraan kehidupan masyarakat

c.Menghasilkan sarjana muslim yang bertaqwa, berakhlak, yang berilmu amaliah dan beramal ilmiah. d.Menghasilkan lulusan yang memahami ilmu dasar dan ilmu dibidangnya, sehingga trampil dalam mengidentifikasi, merumuskan dan menyelesaikan masalah yang ada dalam lingkup keahliannya.

e.Menghasilkan lulusan yang mampu merencanakan, merancang, dan menerapkan/melaksanakan desain/model/karya sesuai bidang keahliannya secara amanah, professional dan mampu memanfaatkan teknologi informasi.

f.Menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan sikap kewirausahaan dan mampu bekerjasama dalam membingkai etika profesi Islami serta menumbuhkan sikap belajar sepanjang hayat.

Please visit the faculty web:

www.fcep.uii.ac.id

 

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *